Cara Mengganti Air Radiator Mobil: 8 Prosedur Dan Ciri

Cara Mengganti Air Radiator Secara Mandiri - Penggantian air radiator dilakukan secara berkala mulai dari 20000 sampai 30000 km. Namun dalam penggantian tidak boleh sembarangan. Lalu bagaimana cara mengganti air radiator mobil secara mandiri?
 
Untuk beberapa orang ganti air radiator mobil sendiri sebagai hal yang menyusahkan. Tapi ada pula yang memandang jika aktivitas ini membahagiakan, terutama untuk mereka yang menyukai mengoprek mobilnya sendiri.

Dalam proses penggantiannya, terdapat beberapa prosedur yang perlu dilakukan agar penggantian dapat maksimal. Untuk lebih jelasnya terkait cara menganti air radiator mobil secara mudah dan dapat dilakukan sendiri akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengganti air radiator

Cara Mengganti Air Radiator

Banyak yang ingin ketahui cara mengganti air radiator mobil sendiri di rumah. Untuk kendaraan yang telah berusia, penggantian air radiator atau water coolant perlu dilaksanakan secara periodik.

Pengurasan water coolant penting untuk menjaga kondisi radiator agar tetap bersih dan tidak mampet, hingga bisa bekerja maksimal dalam sistem pendinginan mesin. Bila hancur mesin kendaraan dapat overheat. Berikut cara mengganti air radiator mobil secara mudah bisa dilaksanakan sendiri yakni:

1. Dapatkan Elemen Radiator

Cara awal untuk mengganti air radiator mobil yaitu mengetahui letak elemen radiator dulu. Cara keluarkan air radiator mobil benar-benar gampang. Angkat kap kendaraan selanjutnya mencari tempat logam yang rata pada bagian depan. Maka akan menemukan lokasi radiator.

Selanjutnya, mencari tutup berwujud lingkaran yang dibikin dari logam dan ke arah ke radiator. Anda harus juga memerhatikan tulisan "pendingin radiator" atau tulisan yang lain serupa di atasnya.

Apabila sudah mendapatinya, lihat lokasi tutupnya karena, nanti Anda akan menambah cairan ke dalamnya.

2. Membuka Tutup Radiator

Cara selanjutnya yang dapat dilaksanakan untuk mengganti air radiator adalah membuka tutup radiatornya. Tutup radiator yang umum dipakai untuk proses pemasukkan air.

Maksudnya supaya melepas penekanan pada air yang berada di dalam radiator. Upayakan mobil telah dipanaskan lebih dulu dan biarkan beberapa saat sampai cukup dingin.

3. Membuka Lubang Sisi Bawah

Cara selanjutnya untuk mengganti air radiator mobil dapat membuka lubang radiator pada bagian bawah. Umumnya lubang ini ditutup oleh baut atau seperti model keran.

Maksud proses ini supaya air dapat keluar dengan prima dan gampang. Untuk mobil yang memiliki cover maka upayakan bebaskan cover plastiknya lebih dulu saat sebelum menyentuh sisi radiator.

Memang sedikit susah untuk mencari bagian baut bawah radiator ini. Bila kebingungan dapat mencari tempatnya dengan kontribusi senter. Umumnya baut ini berada di samping kiri bila berdiri di muka mobil atau juga bisa cari pas di bawah bumper samping kanan.

4. Membuka Selang Radiator

Bila susah mendapati baut maka bisa dengan membuka bagian selang radiatornya. Ya, ada banyak mobil yang selang radiatornya gampang dilepaskan.

Saat selang dilepaskan, air radiator juga dapat lepas dengan prima dan semakin lebih gampang ketika proses pembersihan.

Radiator yang telah lepas dapat dibikin bersih lebih dulu dengan air bersih yang mengalir. Maksudnya supaya kotoran yang ada dapat kembali dibersihkan dengan menggunakan saluran air.

5. Membersihkan Selang

Bila melepas semua bagian radiatornya, karena itu selanjutnya dapat membersihkan selangnya. Membersihkan sisi dalam selang menggunakan sikat untuk merontokkan kotoran. Selang yang bersih punya pengaruh pada keawetan radiator. Maksudnya bisa juga menghindari terjadinya radiator tersumbat.

Sesudah dibikin bersih, pasang lagi radiator dan selang ke arah tempat sebelumnya. Janganlah lupa untuk menutup baut pada bagian bawah bila kalian sempat membuka. Yakinkan semua ikatan seperti klem dan baut dipasang rapat mengikat dengan prima.

6. Mulai Kuras Radiator

Untuk cara mangganti atau menguras air radiator, Anda harus merayap ke sisi bawah kendaraan selanjutnya mencari katup dan selang karet yang berdiameter besar. Nanti selang ini akan tersambung ke radiator.

Persiapkan tempat yang hendak dipakai untuk pembuangan air radiator, selanjutnya alihkan panci ke bawah katup atau klem selang. Selanjutnya, membuka katup dan lembekkan klem.

Diamkan radiator terkuras sepanjang lebih kurang 10 menit sampai cuma sisa tetes cairan pendingin mesin.

7. Membersihkan Radiator dengan Memakai Air

Sesudah pembersihan usai, cara kuras atau mengganti air radiator mobil selanjutnya dengan kencangkan kembali klem yang mengikat selang di tempatnya dan tutup katup pembuangan.

Selanjutnya bebaskan tutup radiator dan tuang air mineral ke radiator sampai penuh. Pasang tutupnya kembali dan hidupkan kendaraan. Diamkan kendaraan bekerja sepanjang lebih kurang 15 menit.

Nanti, aktivitas ini bisa menyalurkan air ke mesin, selanjutnya buang kotoran yang terlepas bersama dengan sisa cairan air radiator kotor.

8. Tambah Pendingin Baru

Cara mengganti air radiator mobil yang terakhir adalah penambahan coolant baru. Bila pembersihan telah usai, Anda bisa menyaksikan manual repair untuk menyaksikan jumlah cairan pendingin yang dibutuhkan radiator. Membuka tutup radiator selanjutnya taruh corong ke aliran masuk dan cairan pendingin.

Check bak selanjutnya tambah cairan pendingin sampai ketinggian capai garis servis. Selanjutnya nyalakan kendaraan sepanjang beberapa saat dan check, apa ada kebocoran.

Ciri-Ciri Air Radiator Harus Diganti

Agar kita tidak telat untuk cara mengganti air radiator mobil, tentu saja kita harus ketahui kapan melakukan kuras air radiator.

Ada banyak ciri ciri air radiator harus selekasnya diganti, misalnya saja seperti telah melalui jarak tempuh. Mobil sudah pasti mempunyai standarisasi jarak tempuh dan wajib melakukan servis secara periodik.

Tentunya Anda akan bertanya, berapa km untuk kuras dan ganti air radiator mobil? Umumnya tiap penggunaan 80.000 km atau tiap enam bulan sekali.

Bila mobil telah melalui jarak menempuh yang direferensikan, pasti air radiator mobil harus selekasnya diganti. Beberapa ciri air radiator harus diganti yang lain adalah air radiator beralih menjadi cokelat, kotor atau kotor.

Overheat dapat menjadi ciri lain. Saat air radiator tidak bagus, mesin dapat alami overheat. Mesin akan alami panas dan pada akhirnya memunculkan asap dari kap mesin.

Diatas adalah ulasan terkait cara menganti air radiator mobil secara mudah dan dapat dilakukan sendiri. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Air Radiator Mobil: 8 Prosedur Dan Ciri"