Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tongkat Pembebas Disebut Juga Apa: Nama Lain, Fungsi, Dan Cara Kerja

Tongkat Pembebas Disebut Juga Apa, Fungsi, Dan Cara Kerja - Di dalam mekanisme kopling ada beragam bagian satu diantaranya tongkat pembebas. Lalu tongkat pembebas ini sering disebut juga apa? Bagaimana fungsi dan cara kerjanya?

Kopling sering dikenal sebagai clutch. Maka tidak boleh bingung bila ada ketidaksamaan bahasa yang dipakai di Indonesia berkenaan produk otomotif. Termasuk juga pada penyebutan nama pada tongkat pembebas karena ada beberapa macam.

Untuk lebih jelasnya terkait tongkat pembebas pada mekanisme kopling disebut juga apa serta fungsi dan cara kerjanya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

tongkat pembebas disebutkan apa

Tongkat Pembebas Disebut Juga Apa?

Terkadang ada yang bertanya Tongkat Pembebas Disebut juga apa? Tongkat pembebas pada sistem kopling dapat disebut juga yaitu fork kopling, fork clutch atau release fork. Walau jika kita translate, release fork ini maknanya adalah garpu pelepas atau garpu pembebas.

Tongkat pembebas sendiri berada di bagian rumah transmisi. Komponen ini akan menerima penekanan fluida atau minyak dari release kopling. Oleh karena itu, kerjanya bergantung dari tarikan release kopling.

Selain itu tongkat pembebas atau release fork juga bekerja sama dengan bagian release bearing yang terdapat pada rumah transmisi untuk mengatur kinerja dari mekanisme kopling.

Fungsi Tongkat Pembebas

Setelah mengetahui tongkat pembebas sering disebut juga apa maka perlu diketahui pula fungsinya. Fungsi dari tongkat pembebas atau release fork pada mekanisme kopling adalah sebagai pengungkit untuk mengatur kerja dari sistem kopling. Dengan kata lain mekanisme ini akan meneruskan tenaga atau tekanan dari fluida dari release cylinder kopling.

Cara Kerja Tongkat Pembebas

Analogi cara kerja dari tongkat pembebas atau relase fork adalah di mana waktu pedal kopling didesak atau diinjak, karena itu tongkat pembebas akan menggerakkan release bearing dengan pergerakan maju dan mundur untuk tekan cover clutch supaya perputaran dari mesin terputus.

Sebaliknya ketika tidak ada gaya tekan atau tenaga dari relase cylinder maka release fork akan kembali ke posisi semula. Akibatnya release bearing tidak tertekan dan kopling kembali menghubungkan tenaga dari mesin ke poros input transmisi.

Komponen Lain Pada Kopling Mobil

Berikut adalah beberapa komponen lain pada kopling mobil dengan catatan jika tidak semua komponen akan diterangkan di bawah:

1. Clutch Cover

Komponen yang ini disebutkan sebagai matahari kopling dan ada pula yang mengatakan sebagai rumah kopling. Benda yang ini diletakkan di flywheel atau roda edan dengan cara dipasang baut.

Fungsi dari clutch cover adalah sebagai tempat kampas kopling diletakkan. Karena fungsi ini, tidaklah aneh bila komponen ini dikatakan sebagai rumah kopling. Pada matahari kopling ini ada banyak komponen lain seperti plat penekan dan pegas atau per kopling.

2. Kampas Kopling

Kampas kopling adalah komponen yang menguasai bila alami kerusakan, walau sebetulnya banyak komponen kopling yang dapat hancur karena umur gunakan atau karena kekeliruan penggunaan.

Nama lain dari kampas kopling adalah disc clutch maupun clutch plate, Komponen ini akan dipaksakan untuk melepaskan dan terkait dari clutch cover ke arah imput shfat transmisi.

Tentu saja tersambung dan terputusnya kampas kopling ke input shaft ini dilaksanakan saat mesin sedang berputar-putar, maka janganlah bingung bila kampas kopling ini akan aus bila terus dipakai.

3. Release Bearing

Release beraing sendiri umumnya ada pada sistem kopling manual di mobil. Letak dari laher kopling ini umumnya ada antara release fork dan pegas kopling. Fungsi release bearing adalah untuk melanjutkan dorongan dari release fork untuk ke arah bagian diafragma spring yang ada pada clutch cover.

Diatas adalah ulasan terkait tongkat pembebas pada mekanisme kopling disebut juga apa serta fungsi dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Tongkat Pembebas Disebut Juga Apa: Nama Lain, Fungsi, Dan Cara Kerja"