Fungsi Motor Grader: 5 Peran, Komponen, Dan Cara Kerja

Fungsi Motor Grader - Grader atau road grader atau motor grader adalah salah satunya alat penting yang dipakai pada suatu konstruksi. Apa fungsi motor grader? Apa komponen motor grader? Bagaimana cara kerja motor grader?

Ingat keutamaan motor grader dalam beragam konstruksi karena itu harus dipahami beragam hal. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi motor grader, komponen, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi motor grader

Fungsi Motor Grader

Fungsi motor grader untuk membuat jalan atau grading, meratakan, dan finising atau penuntasan akhir. Karena ada motor grader karena itu tempat kerja akan rata hingga mempermudah pada proses seterusnya.

Motor grader mempunyai tiga as roda yang mana dua as roda ada di belakang dan satu as roda di bagian depan. Cabin dan mesin ada di atas roda belakang. Sementara blade ada di ke-2 as roda. Roda yang dipakai pada motor grader berbentuk karet ban hingga grader bisa lakukan pengerahan dengan optimal.

Motor grader terbagi dalam beberapa komponen. Komponen motor grader terbagi dalam blade, ripper, blade lift silinder, cab, rear wheel, front wheel, head lamp, dan beragam komponen yang lain. Tiap komponen motor grader mempunyai pekerjaan yang perlu hingga fungsi motor grader bisa terwujud dengan optimal.

Dalam pada itu cara kerja motor grader hampir serupa dengan beragam alat berat yang lain. Cara kerja motor grader manfaatkan mekanisme hidrolik sebagai pendorong blade dan ripper. Pada motor grader mempunyai dua blade pada bagian kiri kanan yang memiliki ukuran 3-4 mtr.. Ke-2 blade ini bisa ditata tempatnya hingga memungkinkannya untuk membuat permukaan seperti keinginan. Sebagai contoh wujud punggung kuda pada permukaan jalan.

Kegunaan Motor Grader

Fungsi motor grader sebetulnya bukan hanya membuat jalan, meratakan, dan finising, tetapi masih ada beragam fungsi motor grader dalam beragam tugas. Untuk memperjelas berikut ulasan berkenaan fungsi motor grader.

1. Untuk pemerataan dan pembangunan permukaan tanah (spreading)

Fungsi motor grader yang pertama untuk pemerataan dan pembangunan permukaan tanah atau spreading. Dengan memakai blade yang ada pada bagian kanan dan kiri motor grader, karena itu grader bisa meratakan permukaan tanah dalam jarak capaian yang luas. Disamping itu blade bisa diatur dengan ketinggian tertentu hingga permukaan tanah bisa dibuat sebegitu rupa. Ini mempunyai tujuan supaya air bisa mengucur dari tengah jalan ke bagian tepi.

2. Untuk finising atau tugas akhir dan perawatan jalan

Fungsi motor grader yang ke-2 untuk finising atau tugas akhir dan perawatan jalan. Motor grader umumnya dipakai untuk pemerataan permukaan jalan akhir hingga permukaan jalan sesuai standard yang ada. Ini supaya permukaan yang dibuat lebih lembut dan rapi.

3. Untuk proses pembikinan parit (ditching)

Fungsi motor grader yang ke-3 untuk proses pembikinan parit atau ditching. Pada beberapa tugas pembikinan jalan umumnya memerlukan parit sebagai saluran air. Di saat pembikinan parit karena itu blade samping kiri dan kanan akan ditancapkan kearea parit. Selanjutnya motor grader akan jalan sama arah lajur parit itu untuk tinggalkan sisa atau parit untuk saluran air.

4. Untuk proses mixing atau menambah tanah dan material

Fungsi motor grader yang ke-4 untuk proses mixing atau menambah tanah dan material. dengan memakai ripper dan blade karena itu material dan tanah bisa digabung jadi satu. Pada bagian bawah ada garpu atau bagian yang hendak membuat tanah jadi gembur pada jalan dibajak. Selanjutnya tanah itu diratakan atau digabung dengan material memakai bagian blade.

5. Untuk melebarkan jalan yang sempit

Fungsi motor grader yang ke-5 untuk melebarkan jalan yang sempit. Dengan memakai ke-2 blade yang mempunyai jangkuan luas karena itu motor grader bisa membuat jalan yang sebelumnya sempit jadi lebih luas bergantung ukuran dari blade motor grader.

Komponen Motor Grader

Motor grader terbagi dalam beberapa komponen. Tiap komponen motor grader mempunyai fungsi dan pekerjaan yang berbeda. Untuk memperjelasnya berikut sebagai ulasan berkenaan komponen motor grader.

1. Blade Lift Silinder

Blade lift silinder sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk menempatkan blade sesuai keperluan. Sebagai contoh memerlukan status miring, karena itu hidrolik akan menempatkan blade miring.

2. Drawbar Lift Silinder

Drawbar lift silinder sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk menempatkan ketinggian dari blade. Seumpama memerlukan kedalaman yang lebih karena itu arm akan di turunkan supaya blade lebih dalam menancap ke atas.

3. Cab

Cab atau kabin sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk tempat duduk operator, tempat kontrol dan setir dari motor grader. Pada cabin kerap disebutkan ruangan kendalian untuk mengontrol kerja dari motor grader. Tetapi untuk menambahkan kenyamanan umumnya dipertambah mekanisme audio video dan AC untuk menambahkan kenyamanan. Disamping itu umumnya dipertambah suspensi pneumatik pada tempat duduk operator.

4. Rear Wheel

Rear wheel sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi supaya motor grader bisa bermobilisasi secara mudah. Pada motor grader umumnya ada 4 roda untuk bagian belakang. Keempat roda ini disambungka ke mesin lewat mekanisme pemindah tenaga pada motor grader. Maka dari itu saat mesin bekerja dan tuas kontrol dihidupkan karena itu roda akan melanjutkan perputaran dari mesin ke jalan hingga motor grader bisa bergerak secara mudah seperti keinginan operator.

5. Ripper

Ripper sebagai salah satu komponen motor grader yang berperan untuk mengemburkan atau memperhalus permukaan material atau tanah. Ripper ditempatkan pada bagian belakang motor grader. Ripper umumnya dipakai pada permukaan yang keras hingga perlu digemburkan lebih dulu saat sebelum diratakan. Tetapi jika permukaan benar-benar keras karena itu selainnya ripper, motor grader dipertambah scarifer untuk hasilkan tugas yang bagus.

6. Articulate Silinder

Articulate silinder sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk gerakkan arm bagian depan dari motor grader hingga bisa membelok atau turun naik sesuai keadaan permukaan. Maka dari itu motor grader bisa meratakan beragam bagian yang miring, ke samping, atau bahkan juga pada status vertikal.

7. Blade

Blade sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk meratakan atau menambah material atau permukaan yang hendak ditangani oleh motor grader. Tiap grader umumnya diperlengkapi dengan alat (attachment) khusus yakni blade. Blade tentukan kekuatan atau kemampuan tugas yang bisa ditangani oleh motor grader.

Tetapi kecil besarnya blade tidak memengaruhi kekuatan perataan pada permukaan. Blade yang besar cuma akan memengaruhi kecepatan kerja dari motor grader karena capaian kerja yang luas jika blade memiliki ukuran besar. Tetapi kekuatan perataan bergantung dari kekuatan operator dan kecepatan motor grader untuk hasilkan permukaan yang rata.

8. Front Wheel

Front wheel sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk memudahkan pengerahan dari motor grader. Front wheel umumnya terdiri dari 1 as roda atau dua roda yang ada pada arm bagian depan.

9. Head Lamp

Head lamp sebagai salah satu komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk pencahayaan motor grader saat bekerja pada keadaan gelap atau malam hari. Dengan demikian, motor grader bisa mengerakan konstruksi di siang dan malam hari atau pada tempat yang gelap seperti terowong dan lain-lain.

10. Attachment atau Alat Tambahan

Attachment atau alat tambahan sebagai salah satunya komponen motor grader yang mempunyai fungsi untuk menambahkan fungsi kerja dari motor grader. Kita kenali sesungguhnya motor grader bisa dipakai pada beragam tugas konstruksi (grading). Sebagai salah satunya alat yang multi-fungsi karena itu ada banyak peralatan tambahan yang bisa terpasang pada motor grader untuk menambahkan fungsi dari motor grader. Berikut alat tambahan yang bisa terpasang pada motor grader:

  • Front blade yang berperan untuk beragam tugas penaburan atau spreading.
  • Front pull hook yang mempunyai fungsi untuk menarik suatu hal.sebuah hal. Ada dua tipe front pull hook yakni ushape bracket welded, dan weigt with nails.
  • Push plate yang mempunyai fungsi untuk menggulingkan pohon atau menggerakkan alat yang lain terjerat dalam lumpur. Disamping itu berperan untuk counterweight supaya roda bagian depan tidak terangkut.
  • Scarifer berperan untuk mengeruk material-material yang keras yang tidak bisa dilaksanakan oleh blade. Jumlah gigi scarifer bergantung tingkat kekerasan material yang dikeduk.
  • Extension blade berperan untuk perpanjang blade supaya capaiannya lebih luas. Ini akan tingkatkan efektivitas kerja meskipun pemakaian extension blade cuma pada tugas enteng saja.
  • Hydraulic blade panduan kontrol berperan untuk atur pojok potong blade secara hidrolik memakai kontrol yang berada di ruangan kabin.
  • Rear mounted ripper berperan untuk mengeruk batu atau material yang keras yang tidak bisa dilaksanakan oleh scarifier.

Cara Kerja Motor Grader

Cara kerja motor grader sebetulnya sama dengan alat berat yang lain. Motor grader manfaatkan tenaga hidrolik sebagai pendorong beragam perlengkapan supaya motor grader bisa bekerja seperti perannya. Motor grader bisa bekerja untuk meratakan permukaan tanah, membuat permukaan, menyebarkan, dan menambahkan beragam material seperti aspal, hotmix, dan lain-lain.

Motor grader sering dipakai pada beragam tugas konstruksi atau grading, pembangunan profile atau permukaan tanah (shaping), pemangkasan dan pembikinan talud (bank shoping), penggarukan aliran (scarifying), pembikinan jalur (ditching), menambah dan menyebarkan material (spreading and mixing).

Untuk lakukan beragam kerja itu karena itu pada motor grader ada blade dan beragam alat tambahan seperti ripper dan scarifer. Scarifer umumnya ditempatkan pada bagian depan motor grader untuk pecahkan atau mengeruk permukaan atau material yang keras. Sementara motor grader akan menggunting dan menggerakkan permukaan ke depan memakai blade. Pada bagian ujung blade ada komponen tajam yang namanya cutting edge. Sementara untuk menempatkan blade ada moldboard yang dikendalikan secara hidrolik.

Blade digantungkan pada circle yang dipasang pada drawbar. Drawbar ini sebagai tangkai yang berwujud segitiga yang pada bagian depan bisa berputar-putar dan terkait dengan overhead frame. Sementara ujung yang lain digantung pad lift arm. Circle ini sebagai bagian khusus yang atur semua kerja dari blade.

Tugas yang kerap dilaksanakan motor grader adalah pembikinan jalan. Blade akan di turunkan, selanjutnya motor grader akan bekerja maju ke depan untuk lakukan penggerakan dan perataan sektor. Kemudian blade akan diangkat sedikit, selanjutnya motor grader akan mengarah ke belakang untuk kembali meratakan permukaan jalan.

Disamping itu ada beragam tugas yang lain bisa dilaksanakan oleh motor grader. Motor grader bisa membuat lajur drainase yang berwujud V menggukan blade. Disamping itu dapat menambah material aspal dengan koral, atau meratakan gundukan material yang ada. Disamping itu pada pembikinan bandara bisa meratakan permukaan pada sekala luas baik yang setingkat atau tidak sebidang.

Di atas sebagai ulasan berkenaan motor grader. Ulasan dimulai dari fungsi motor grader, komponen motor grader, dan cara kerja motor grader.

Posting Komentar untuk "Fungsi Motor Grader: 5 Peran, Komponen, Dan Cara Kerja"