Fungsi Tensioner Mobil: Peran, Dan Macam Macamnya

Fungsi Tensioner Mobil - Tensioner memiliki bentuk yang kecil akan tetapi fungsi tensioner mobil dan perannya cukup besar mempengaruhi mesin kendaraan. Komponen ini sebagai salah satu pendukung rantai keteng atau timing. Lalu apa fungsi tensioner mobil?

Jika berbicara terkait persoalan sepeda motor, Anda akan mengeluh saat suara motor yang terdengar berisik jika berada di jalanan yang tidak rata. Hal tersebut tentu mengganggu telinga orang sekitar yang dengar. Nah, fungsi penting tensioner mobil betul-betul diperlukan dalam permasalahan ini.

Komponen ini akan menjadikan suara mesin lebih halus. Saat komponen ini terganggu, biasanya akan mempunyai dampak pada perform mesin. Walau demikian, sedikit orang yang ketahui kelebihan bagian ini. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi tensioner mobil dan jenis jenisnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi tensioner mobil

Pengertian Tensioner Mobil

Tensioner sebagai bagian kecil dalam rangkaian mesin berwujud bearing yang berperanan mengatur ketegangan di bagian rantai mesin atau timing chain. Komponen ini penting karena tensioner sebagai salah satu bagian pendukung rantai keteng yang terima putaran dari crankshaft mesin.

Tensioner perlu dirawat karena peranannya hadirnya betul-betul mempengaruhi perform mesin. Kerjanya adalah menjaga dan jaga stabilitas rantai keteng. Jika mempunyai permasalahan, karenanya putaran mesin tidak stabil dan pada akhirannya munculkan kerusakan.

Fungsi Tensioner Mobil

Seperti yang sudah disebutkan awalannya, fungsi tensioner mobil adalah untuk menjaga dan jaga stabilitas rantai keteng. Jika komponen ini tidak berperanan, mesin motor akan terdengar berisik dan tidak nyaman didengar.

Beberapa persoalan lain bisa disebabkan karena rantai keteng yang tidak stabil. Misalnya saja terjadi perubahan gir noken as yang dikarenakan oleh kendornya rantai keteng. Menyebabkan, piston dan payung klep memungkinkannya ada benturan yang bisa mengganggu kerja mesin. Oleh karena itu fungsi tensioner mobil sangat penting pada kendaraan.

Jenis Tensioner

Setelah mengetahui fungsi tensioner mobil maka perlu diketahui pula jenis jenisnya. Tensioner sebagai salah satu bagian pendukung rantai keteng, punya ukuran tertentu yang bisa disetarakan dengan ukuran panjang dan pendek rantai keteng mobil.

Untuk tensioner yang otomatis, tidak perlu keprekelan karena sudah disetarakan dengan kepentingan mobil. Bahkan teknisi tidak mengatur kencangnya baut penahan, karena kuat kendornya baut diatur pabrikan. Sebagai segi yang bekerja dalam putaran mesin yang terus menerus, tentu tensioner juga bisa aus dan alami kerusakan. Ini tentu munculkan suara berisik pada mesin,

Ada beberapa jenis tensioner mobil dengan cara penyetelennya. Sesudah kalian pahami apakah itu tensioner motor, tidak ada kelirunya kalian harus juga mengerti dan memahami beberapa jenis tensioner motor yang ada sekarang ini. Yang di mana seperti diatas telah kami berikan, minimal sekarang ini ada 3 macam jenis tensioner yakni,

1. Tensioner Manual

Jenis tensioner yang pertama yakni Tensioner Manual, yang di mana proses penataan pada tensioner ini bisa di kerjakan dengan manual dengan cara longgarkan mur pengunci lebih dulu.

Kemudian kalian bisa lakukan geprekelan sesuai keperluan hingga mesin bermotor segera dapat keluarkan bunyi yang lembut dan tidak bising.

2. Tensioner Semi Automatis

Selanjutnya jenis tensioner mobil yang ke-2 yakni Tensioner Semi Automatis. Salah satu keunggulan jenis ini adalah pengaturan ketegangan yang lebih mudah dibanding manual.

Untuk melakukan penyetelan kalian hanya perlu longgarkan baut penahan di bagian tangkai penegang. Bila tangkai penegang terdorong oleh pegas tensioner di depan, dan dirasakan mesin telah keluarkan suara lembut, silakan mengencangkan kembali baut itu.

3. Tensioner Automatis

Sementara jenis tensioner mobil yang terakhir adalah tensioner Automatis. Pada jenis ini penyetelan tensioner akan secara automatis tekan tangkai pegas di saat rantai keteng mulai mengendor.

Cara Memasang Tensioner Mobil

Jika sudah pahami mengenai apakah itu tensioner mobil baik fungsi dan macamnya. Perlu diketahui pula bagaimana cara memasangkan tensioner pada sepeda motor. Maka dari itu, saat sebelum kita akhiri ulasan ini kali, tidak ada kelirunya kami rangkumkan juga cara memasangkan tensioner rantai keteng motor yang bagus dan benar.

Sesaat akan lakukan penempatan, ada bagiknya persiapkan lebih dulu beberapa macam perlengkapan yang penting dan harus disiapkan supaya kalain lebih gampang lakukan proses penempatan. Apa perlengkapan itu ?

  1. Persiapkan satu obeng ( - ) Minus.
  2. Persiapkan kunci shock ukuran 8 mm.
  3. Lalu persiapkan kunci ring dan cocok ukuran 8 mm.
  4. Cara Pasang Tensioner Rantai Keteng
  5. Cara Memasangkan Tensioner

Bila dirasakan semua perlengkapan yang diperlukan itu telah kalian persiapkan semua. Karena itu saat ini tinggal bagaimana cara memasangkananya. Berikut cara memasang tensioner mobil:

  1. Pertama silakan kalian mengatur lebih dulu stud tensioner sampai di titik terpendek, untuk lakukan ini silakan putar tensioner arah ke kanan dengan memakai obeng minus ( - ).
  2. Kemudian, silakan kalian tahan stud dengan memakai pin pengganjal. Ini mempunyai tujuan supaya pin pengganjal tidak maju.
  3. Baru kalian memasangkan tensioner rantai keteng dengan cara memasangkan baut-bautnya lebih dulu untuk menjadikan satu tensioner dengan tubuh motor.
  4. Yakinkan pin pengganjal tidak lepas di saat porses penempatan.
  5. Jika sudah dipasang yang rapi, silakan kalian terlepas pin pengganjal tersebut. Kerjakan secara perlahan-lahan.
  6. Bila tidak ada pengganjal, karena itu secara automatis stud akan maju sesuai dengan panjang yang di perlukan utuk tekan rantai keteng.
  7. Bila dirasakan semuanya sudah betul, cara paling akhir tinggal tutup lubang adjuster selanjutnya silakan kalian mengencangkan dengan memakai kunci ring memiliki ukuran 8 mm yang telah kalian persiapkan.
  8. Seperti tersebut bagaimana cara memasangkan tensioner rantai keteng pada suatu sepeda motor. Dan tentunya untuk penataanya disamakan dengan jenis atau type tensioner yang kalian pakai.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi tensioner mobil dan macam macam nya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Tensioner Mobil: Peran, Dan Macam Macamnya"