Cara Mengetahui Selenoid Rusak: 4 Cara Dan Ulasannya

Cara Mengetahui Selenoid Rusak - Jika solenoid pada transmisi alami kerusakan karena itu perlu dilaksanakan pergantian. Lantas bagaimana cara mengetahui solenoid pada transmisi mobil rusak?

Saat ini sebagian besar mobil keluaran berbau telah diperlengkapi dengan opsi transmisi automatis atau kerap disebutkan matic. Berlainan dengan dengan sepeda motor, di mobil transmisi matic ini ada beberapa macamnya.

Saat sedang berkendaraan dengan kecepatan tinggi, mendadak mesin ngempos. Walau pedal gas diinjak sedalam-dalamnya, kecepatan mobil tidak dapat ditambahkan. Untung selamat walau waktu itu semua mobil ada di belakang sedang meluncur kuat.

Jalan keluar genting saat itu, karet perapat pada solenoid dilepaskan hingga status jadi membuka terus. Sesudah datang di bengkel, solenoid juga ditukar sama yang baru. Pasti cara mengetahui solenoid rusak dengan meraba apa Anda alami kesusahan saat ingin menambahkan kecepatan.

Karena umumnya persoalan yang terjadi pada transmisi matic, biasanya dikarenakan oleh selenoid matic yang rusak. Untuk memperjelasnya berkaitan cara mengetahui solenoid pada transmisi mobil rusak akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara mengetahui solenoid rusak

Cara Mengetahui Selenoid Rusak

Berbagai kerusakan pada transmisi yang umumnya dikarenakan oleh ada kebocoran atau rusak pada selenoid matic. Akibatnya oli tidak bisa memulasi gigi dengan prima saat beralih pada perputaran mesin tertentu. Berikut sejumlah cara mengetahui bila selenoid sudah rusak.

1. Suara Aneh Saat Berpindah Tuas Transmisi

Cara mengetahui pertama selenoid yang rusak yaitu kedengar suara saat peralihan transmisi. Suara ini akan timbul di saat proses perpindahan gigi dari N ke D atau dari P ke R, umumnya kedengar suara "krek" atau juga bisa suara lain.

2. Tarikan Terganggu Atau Berat

Cara mengetahui selanjutnya yaitu mesin akan berasa bergetar atau menghentak sedikit di saat pedal gas dinjak dan pedal rem dilepaskan sedikit. Hal itu sebagai tanda persoalan pada transmisi karena selenoid matic rusak. Adanya kebocoran oli mesin atau juga bisa kotor karena telah lama tidak ditukar.

3. Selenoid Matic Rusak Kelihatan Saat Ada Hentakan Saat Peralihan Gigi

Biasanya peralihan gigi pada mobil matic akan berasa lembut, walau berasa sedikit hentakan itu tetap normal. Tetapi bila hentakan terasa sangat, hal tersebut sebagai ciri ciri-ciri rusak nya selenoid matic. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh selenoid bocor hingga oli tidak bisa memulasi prima gigi saat beralih.

4. Selenoid Matic Rusak Kelihatan Saat Mobil Kehilangan Tenaga (Lose Power)

Cara mengetahui solenoid rusak yang terakhir yakni diikuti dengan akselerasinya yang mulai menurun di saat naik, selanjutnya speed atau kecepatan turun dengan mencolok.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara mengetahui solenoid pada transmisi mobil rusak. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Selenoid Rusak: 4 Cara Dan Ulasannya"