Perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen: Pengertian, Dan Kekurangan

Perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen - Rupanya, ada banyak tipe lampu yang kerap dipakai untuk mobil. Ada tiga lampu yang terkenal di kelompok masyarakat, yakni lampu LED, lampu HID, dan lampu halogen. Lalu apa saja perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen?

Beragam langkah dilaksanakan pemilik kendaraan supaya kelihatan kece, terhitung melakukan modifikasi lampu mobil. Modifikasi lampu mobil dapat dilaksanakan kesemua sisi kendaraan. Terhitung menukar wujud lampu mobil agar kendaraan kelihatan lebih ganas karena mempunyai mata yang tajam. Lampu sebagai salah satunya bagian utama dalam pencahayaan mobil. Nach, di Indonesia ada 3 tipe bohlam lampu mobil yang biasa dipakai.

Kamu harus tahu jika ada beberapa perbedaan dan kelemahan lampu mobil HID, LED dan halogen. Untuk lebih jelasnya terkait perbedaan lampu LED, HID, dan Halogen akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

perbedaan lampu led hid dan halogen

Pengertian Lampu HID, LED dan Halogen

Saat sebelum kamu cari tahu apa perbedaan dan kelemahan lampu mobil HID, LED dan halogen, karena itu lebih dulu kenali definisinya masing-masing. Lantas, seperti apakah saja pengertian dari beberapa lampu mobil itu?

1. Lampu HID

Salah satunya lampu mobil yang terkenal sekarang ini adalah lampu HID. Ini sebagai singkatan dari High Intensity Discharge. Lampu HID adalah tipe lampu yang dibuat berbahan gas dan logam. Sinar lampu ini datang dari busur listrik yang tercipta dari 2 jenis elektroba yang ada di plasma.

Karakter lampu ini ada di sinar putih jelas yang dibuat. Bahkan juga banyak yang berasumsi jika lampu ini demikian serupa dengan matahari karena sangat jelasnya. Pada mobil, umumnya lampu ini dipakai sebagai lampu khusus hingga benar-benar efisien menyinari bahkan juga disaat cuaca tidak berteman.

2. Lampu LED

Selanjutnya adalah lampu LED. Ini sebagai tipe lampu yang umum ditemui pada banyak mobil. Light Emitting Diode (LED) adalah tipe lampu dengan ciri ciri khas cahaya putih dan arsip sinar tepat kotak. Sinar lampu ini dibuat oleh seperti chip electronic semi konduktor.

Tentu saja tidak keluarkan panas apa saja di bagian sumber dioda khusus. Ketahanan lampu LED benar-benar tahan lama. Tentunya juga ramah lingkungan. Karena itu, lampu ini lebih irit accu mobil. Ini akan memberikan keuntungan buatmu.

3. Lampu Halogen

Paling akhir, lampu halogen. Sinar yang dibuat dari lampu halogen didapat proses dari pemanasan filamen tungsten yang ada di bagian dalam tabung lampu. Selanjutnya, sisi listrik akan mengucur ke lampu untuk memanasi filamen.

Nanti energi itu akan bersinggungan dengan gas untuk selanjutnya hasilkan sinar. Dengan begitu, kamu bisa ketahui perbedaan dan kelemahan lampu mobil HID, LED dan halogen, kan? Ketahui secara baik dan memulai cari info detil infonya.

Perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen

Terdapat beberapa perbedaan antara lampu LED, HID, dan halogen diantaranya yaitu:

1. Lampu LED Mobil

Lampu LED (light emitting diode) mobil kerap diketemukan pada beberapa mobil baru. Ciri uniknya adalah warna lampu yang berkilau putih dan arsip sinar yang seperti wujud kotak. Sinar dari tipe lampu LED dibuat dari chip electronic semi konduktor yang diperlengkapi kendala. Sumber intinya adalah dioda yang tidak keluarkan panas. Keunggulan pada pemakaian lampu LED mobil berada pada daya tahannya.

Lampu yang ini termasuk tahan lama dan tidak gampang putus. Disamping itu, lampu LED pun tidak hasilkan panas hingga lebih ramah lingkungan. Karena ada kelebihan ini, karena itu accu mobil jadi tidak begitu boros. Tetapi pasti dengan semua keunggulan yang ada, harga lampu LED mobil termasuk tambah mahal dari yang lain.

2. Lampu HID

Seterusnya ada lampu HID (high intensity discharge). Lampu tipe ini dibuat bermaterial gas dan logam. Sinar dari lampu HID datang dari sebuah busur listrik yang tercipta dari 2 elektroda dalam suatu plasma (atau kadang tabung gas terionisasi). Ciri ciri khas dari lampu HID adalah sinar putih jelas yang silau. Banyak yang menyebutkan lampu ini sebagai lampu matahari karena cahayanya yang paling jelas.

Pada mobil, lampu ini bisa digunakan sebagai headlamp (lampu khusus) atau foglamp (lampu kabut). Dengan cahaya yang sangat jelas, HID benar-benar efisien untuk pemakaian di saat cuaca berkabut. Tetapi, lampu HID kurang efektif untuk mobil. Ini karena lampu HID condong jelas saat awalnya pemakaian. Sesudah beberapa saat, lampu HID akan redup dan mati. Dapat disebutkan, ketahanan dari lampu mobil yang ini benar-benar kurang kuat atau mungkin tidak tahan lama.

3. Lampu Halogen

Paling akhir ada lampu halogen. Sorot sinar lampu halogen ada proses dari pemanasan filamen tungsten yang ada pada tabung lampu. Listrik yang mengucur ke lampu akan memanasi filamen. Energi panas itu selanjutnya bersinggungan dengan gas (umumnya nitrogen) dan hasilkan sinar. Umumnya lampu halogen keluarkan sinar warna kuning yang unik.

Proses pemanasan berikut sebagai kelemahan dari lampu halogen. Sesudah dipakai, lampu halogen akan berasa panas, bahkan juga sampai ke rumah lampu. Disamping itu, proses pemanasan memerlukan tenaga yang besar.

Tehnologi lampu LED mobil memang unggul bila dibanding dengan 2 type lampu yang lain, yaitu HID dan halogen. Pandangan Anda sebagai pengendara akan lebih nyaman bila memakai lampu tipe ini. Ingin rasakan kenyamanan berkendaraan dengan lampu LED?

Kelemahan Lampu Mobil HID, LED dan Halogen

Selainnya beberapa perbedaan itu, rupanya ada beberapa kelemahan yang dipunyai oleh masing-masing lampu. Tentu saja info berkaitan perbedaan dan kelemahan lampu mobil HID, LED dan Halogen akan menambahkan wacanamu mengenai dunia otomotif terutamanya beroda 4.

1. Lampu Halogen

Tiap elemen kendaraan tentu memiliki nilai plus minus. Tanpa kecuali lampu halogen yang digadangkan sebagai lampu terbaik untuk headlamp mobi. Beberapa kekurangan lampu ini adalah:

  • Daya panas lampu lumayan tinggi.
  • Temperatur lampu lebih gampang panas hingga banyak pemakai lampu ini kerap mendapati keadaan lampu cepat kabur dan tidak bening.
  • Tipe lampu ini condong boros karena setiap kali bekerja sanggup hasilkan daya sampai 55 watt minimalnya. Tentunya benar-benar gampang untuk kuras accu.

2. Lampu LED

Sama dengan lampu halogen, lampu LED memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang dipunyai lampu halogen, salah satunya:

  • Harga lebih mahal dibanding dengan lampu yang lain. Sudah pasti ini tidak lepas dari tehnologi yang dipakai yakni dioda dan chip electronic saat ini.
  • Sedikit dipasarkan di pasar Indonesia karena produksinya yang condong sulit. Ditambah lagi, macamnya lumayan banyak.
  • Jika terjadi kerusakan, karena itu harus selekasnya ditukar satu set. Jangan digant satu unit saja.
  • Saat di jalanan, sorot lampu condong silau.
  • Sinar lampu tidak bisa menembut kabut secara baik seperti lampu halogen.
  • Penempatan lampu LED lebih sulit karena memerlukan driver atau adaptor DC.

3. Lampu HID

Sama seperti seperti lampu LED dan halogen, lampu HID mempunyai beberapa kekurangan. Perincian kelemahan pada lampu HID, salah satunya:

  • Penerangan pada lampu HID sebenarnya bisa disebutkan terlampau jelas. Ini dapat berpengaruh jelek pada pengendara yang lain berpapasan, sebab bisa buta sebentar karena dampak penerangan yang terlalu berlebih.
  • Harga lampu HID lebih mahal. Tentu saja ini membuat kamu harus berpikiran 2x untuk beli lampu HID di salon mobil..
  • Tidak jelas saat hujan. Ini karena hidup lampu tidak sanggup tembus hujan di jalanan.
  • Headlamp lebih cepat lusuh.

Diatas adalah ulasan terkait perbedaan serta kekurangan antara lampu LED, HID, dan halogen yang sering ditemukan dikendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen: Pengertian, Dan Kekurangan"