Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lampu Mobil Kurang Terang: 6 Penyebab & Cara Memperbaiki

Lampu Mobil Kurang Terang - Apabila berkendara dengan lampu mobil kurang terang, terutama bila perjalanan dilaksanakan saat malam hari hari tentu sangat mengganggu. Lalu apa saja penyebab lampu mobil kurang terang? Bagaimana cara memperbaiki?

Lampu mobil yang kurang terang membuat sopir jadi kesusahan untuk ketahui keadaan jalan dan keadaan disekitaran jalanan. Mengakibatkan perjalanan lebih memerlukan waktu karena harus jalan secara perlahan-lahan dan agar lebih extra berhati-hati.

Mekanisme pencahayaan pada mobil tidak sekedar hanya dipakai sebagai hiasan saja. Tetapi lampu mobil itu berperan sebagai active safety sistem. Lampu mobil kurang terang bisa memunculkan risiko kecelakaan Anda saat berkendara.

Apa lagi bila Anda berkendara mobil pada malam hari dan penerang jalan benar-benar kurang, pasti lampu mobil yang terang semakin lebih berguna untuk jaga keselamatan Anda. Untuk lebih jelasnya terkait lampu mobil kurang terang baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lampu mobil kurang terang

Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang

Ada banyak tipe lampu yang dapat dipakai sebagai lampu mobil. Yang tersering dipakai adalah jenis halogen (bohlam). Umumnya permasalahan yang umum terjadi pada lampu bohlam adalah filamen yang putus.

Disamping itu ada tipe lampu yang terkenal dan sering dipakai adalah LED. Lampu LED lebih terang karena memakai serangkaian dioda. Namun penyebab ke-2 lampu itu jadi redup adalah kekurangan arus listrik. Penyebab lampu mobil kurang terang yaitu:

1. Relay lampu hancur

Penyebab lampu mobil kurang terang biasanya karena relay. Relay pada lampu berperan sebagai jembatan arus listrik khusus yang tersambung dari battery langsung ke lampu. Pada relay ini ada dua serangkaian yakni serangkaian arus kecil yang masuk ke sakelar dan serangkaian arus khusus yang masuk ke lampu.

Serangkaian khusus pada relay bisa tersambung karena sakelar sudah dihidupkan, hingga lampu dapat hidup terang. Nach, permasalahan yang umum terjadi pada lampu yang tidak dapat berpijar adalah keluasan contact dalam relay.

2. Socket lampu karatan

Selain itu soket yang karatan juga dapat menjadi penyebab lampu mobil kurang terang. Karatan menjadi kendala yang mengakibatkan lampu mobil kurang terang. Seperti dalam air, bila pada selang ada kendala karena itu volume air yang keluar menjadi lebih sedikit.

Pada lampu, socket yang alami karatan bisa turunkan tegangan yang masuk ke lampu. Keadaan beginilah yang mengakibatkan pencahayaan lampu jadi kurang optimal.

3. Socket lampu melelehh

Socket lampu yang meleleh jadi penyebab lampu mobil kurang terang. Lelehan di tempat socket ini jadi penghalang saluran listrik yang masuk ke lampu.

Penyebab socket lampu dapat menetes dapat dengan diawali socket yang kurang masuk ke terminal lampu. Hingga terjadi loncatan elektron dari 2 konduktor yang mempunyai jarak.

Karena loncatan elektron yang tinggalkan panas, meluluhkan tempat socket yang dibuat berbahan plastik.

4. Accu kurang kuat

Penyebab yang selanjutnya lampu mobil kurang terang adalah accu kurang kuat. Accu yang kurang kuat mengisyaratkan jika tegangan yang dibuat akan kurang kuat. Tidak cuma lampu, kelistrikas yang dibuat kurang optimal.

Misalnya di proses starting dan klakson yang turut menurun. Keadaan semacam ini umum terjadi pada mobil yang mati. Namun bila mobil telah dihidupkan karena itu alternator mampu memasok keperluan arus listrik.

5. Mika lampu lusuh

Kaca lampu atau mika lampu pada keadaan masih baru umumnya masih bening. Berlainan bila kaca lampu telah digunakan sepanjang 3 tahun, keadaannya akan kelihatan lusuh serta kabur.

Dengan keadaan semacam itu karena itu sinar yang dibuat lampu tidak terang dengan optimal. Anda dapat bersihkan kotoran pada kaca lampu supaya lebih bersih. Tetapi untuk buka kaca lampu memerlukan alat khusus karena umumnya dipasang lumayan kuat.

6. Bohlam lampu hancur

Paling akhir, penyebab lampu mobil kurang terang bisa juga dikarenakan oleh kualitas bohlam lampu tersebut. Ada banyak tipe lampu yang dipakai pada mobil, diantaranya bohlam halogen dan lampu LED. Yang halogen, memakai kawat tipis namanya filamen yang jika dialiri arus listrik maka membara.

Gas halogen, dimasukkan ke bohlam supaya bara pada filamen jadi lebih terang. Jika keadaan filamen gosong, atau gas halogen pada bohlam bocor karena itu lampu menjadi redup. Jika anda mendapat masalah lampu mobil redup satu (entahlah kanan atau kiri) karena itu ini sebagai penyebab umum.

Cara Memperbaiki Lampu Mobil Kurang Terang

Terdapat beberapa cara memperbaiki lampu mobil kurang terang diantaranya yaitu:

1. Membersihkan semua elemen lampu

Cara pertama untuk memperbaiki lampu mobil kurang terang adalah dengan bersihkan semua elemen lampu. Pembersihan ini dibutuhkan buat pastikan sinar yang dibuat oleh lampu saat berpijar betul-betul bisa dipantulkan secara prima oleh reflektor tanpa masalah.

Berikut sejumlah perhatian saat bersihkan semua elemen lampu mobil

  • Yakinkan kaca/mika bening pada batok lampu pada kondisi yang bagus dan bening, tidak ada retak-retak, baret, atau telah menguning karena pernah memakai bohlam lampu yang terlampau panas.
  • Yakinkan reflektor sisi dalam batok lampu masih juga dalam keadaan baik hingga terlihat seperti cermin yang dapat memantulkan sinar.
  • Membersihkan soket lampu dan kabel bila ada kerak-kerak yang melekat di terminal soket lampu
  • Yakinkan relay lampu, sakelar lampu, sekring, dan kabel masih berperan baik hingga bisa mengantarkan arus listrik dengan prima

Untuk keadaan batok lampu yang cuma kabur di bagian mika depannya (sisi reflektor masih bagus dan bersih), pembersihan dapat dilaksanakan dengan cara memakai sistem nano burn coating yang hendak memberi hasil optimal supaya mika lampu jadi bening kembali.

Tetapi, untuk batok lampu yang telah betul-betul kronis (terutamanya batok lampu yang kerusakannya terjadi di bagian reflektornya), karena itu jalan keluar terbaik adalah dengan menukar batok lampu kepala itu sama yang baru.

2. Tukar bohlam lampu sama yang baru

Cara kedua untuk memperbaiki lampu mobil kurang terang adalah dengan menukar bohlam lampu sama yang baru. Harus dipahami jika bohlam lampu mempunyai "lifetime" atau periode gunakan yang terlilit sama waktu.

Ini karena bohlam lampu mempunyai kandungan gas (halogen selaku contohnya) dan kawat pijar yang makin lama akan menghilang kwalitasnya. Hingga, makin lama bohlam lampu itu digunakan, maka semakin turun kualitas sinar yang dibuat. Dampaknya akan membuat sinar lampu mobil jadi kurang terang.

Untuk menukar bohlam lampu, seharusnya tentukan bohlam lampu yang sesuai detail yang disarankan oleh faksi pabrikasi, atau bila ingin menggantinya yakinkan nilai watt pada bohlam lampu yangbaru masih sama.

Bohlam lampu yang kurang dari nilai detail akan menambahkan lampu jadi tidak terang dan daya watt terlampau besar bisa juga menyebabkan kerusakan seperti batok lampu menetes, bohlam putus atau kabel lampu terbakar. Selalu yakinkan memakai bohlam lampu yang baru yang sesuai detail pabrikasi.

3. Pakai daya watt lampu semakin besar dan relay set

Bila ke-2 cara tersebut hasilnya masih kurang memberikan kepuasan dan lampu mobil masih kelihatan kurang terang, cara memperbaiki selanjutnya sebagai panduan untuk lampu mobil kurang terang adalah dengan tingkatkan daya watt lampu dan dengan relay set.

Biasanya, besaran daya pada lampu kepala pada mobil mempunyai daya 60/55 watt. Dan untuk tingkatkan daya watt lampu, karena itu kita dapat pilih daya yang semakin besar yakni dengan memakai lampu memiliki daya 100/90 watt yang sekarang telah banyak tersebar di pasar.

Daya watt lampu yang semakin besar ini, tentu saja akan tingkatkan kemampuan sinar yang dibuat oleh lampu, mengakibatkan sinar yang dikeluarkan oleh lampu akan jadi lebih kuat serta lebih terang.

Tetapi demikian, tingkatkan daya lampu mobil ini bisa juga berpengaruh jelek bila penempatannya tidak betul dan di kenakan pada batok lampu kepala yang tidak original atau pada batok lampu yang berbahan tipis.

Maka dari itu, saat sebelum lakukan kenaikan daya watt lampu dan relay set-nya ini, sebaiknya sahabat memerhatikan lebih dulu keadaan batok lampu kepala. Ada banyak hal yang penting jadi perhatian salah satunya adalah

  • Tidak boleh kerjakan kenaikan daya pada batok lampu kepala yang memakai mika tipis. Menambah daya watt yang semakin besar pada lampu kepala dapat membakar dan menghancurkan permukaan mika lampu kepala mobil.
  • Selalu pakai tambahan relay set komplet dengan sekringnya
  • Pakai soket lampu kepala dengan bahan keramik supaya tidak menetes terserang panas
  • Lihat diameter kabel yang dipakai, makin kecil diameter makin berefek gampang terbakar.

Untuk menukar bohlam lampu dengan daya yang lebh besar sebaiknya konsultasi dengan teknisi keyakinan sahabat karena masing-masing mobil memeliki detail yang lain sekalian buat menghindar rugi yang tidak diharapkan.

Diatas adalah ulasan terkait lampu mobil kurang terang baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Lampu Mobil Kurang Terang: 6 Penyebab & Cara Memperbaiki"