Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil: 3 Proses & Ulasan

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil - Di dalam master silinder ada sil atau seal yang kerap alami kerusakan. Maka dari itu perlu dilaksanakan proses pergantian. Lantas bagaimana cara mengganti sil master rem mobil?

Cara mengganti sil master rem rem mobil dapat mulai dari mengecek dinding master rem lebih dulu baru mengganti sil master terhitung dengan karet sealnya. Namun hal ini tentu membutuhkan proses pembongkaran.

Untuk lebih jelasnya terkait bagaimana cara mengganti sil master rem mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengganti sil master rem mobil

Apa Itu Master Rem?

Saat sebelum mengulas lebih dalam mengenai cara mengganti sil master rem mobil, seharusnya Anda terlebih dulu ketahui mengenai induk dari mekanisme pengereman ini.

Cara bekerja dari elemen ini bergantung dari tipe rem di mobil. Master rem yang berada di dalam tipe rem tromol akan menggerakkan brake shoe floating secara hidrolik hingga dapat mengungkit sisi brake shoe.

Untuk tipe rem cakram, master rem akan tekan supaya minyak rem tidak dapat masuk ke sisi brake caliper. Untuk status master rem, Anda dapat menyaksikannya dibalik roda. Memang terhitung gampang untuk diketemukan secara cepat tanpa perlu membedah mobil.

Dengan tempatnya yang penting, karena itu Anda janganlah sampai biarkan master rem alami kerusakan. Jika sudah hancur, karena itu mekanisme pengereman mobil bisa menjadi riskan. Performanya tentu terusik sampai dapat bawa bencana untuk Anda.

Jika sudah ini, harus Anda harus memeriksa keadaan master rem. Kemungkinan ada elemen didalamnya yang perlu ditukar. Satu diantaranya adalah sisi sil master rem.

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil

Untuk cara mengganti sil master rem mobil sebetulnya dapat Anda kerjakan sendiri. Berikut prosesnya:

1. Pembongkaran

Pertama kali, Anda harus membedah semua elemen yang berada di sisi master rem. Saat telah dibedah, karena itu Anda akan menyaksikan sisi sil master rem. Bila keadaannya tidak baik kembali, karena itu seharusnya selekasnya ganti.

2. Pengecekan

Untungnya Anda dapat menyaksikan apa pemicu permasalahan pada bagian master rem disebabkan karena sil ataulah bukan. Saat Anda menyaksikan jika rem macet saat berputar-putar, umumnya status pad tidak rata saat sentuh piringan. Hal ini salah satunya akibatnya karena permasalahan pada bagian sil master rem.

3. Penggantian

Seharusnya selekasnya ganti sisi itu sama yang baru. Disamping itu, janganlah lupa untuk bersihkan rem cakram Anda. Anda dapat memakai bensin agar semakin gampang hilangkan kotoran yang telah telanjur menempel.

Kandungan yang berada di dalam bensin dapat membuat kebersihan rem cakram jadi lebih terjaga Pembersihan ini seharusnya dilaksanakan dengan teratur supaya terhindar permasalahan lainnya. Anda bisa juga sekalian menyaksikan apa rem cakram mobil ada.

Selain itu proses perawatan perlu dilakukan secara berkala. Hal ini termasuk penggantian atau pengurasan minyak rem secara berkala.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengganti sil master rem mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil: 3 Proses & Ulasan"