Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis: 8 Cara Dan Ulasannya

Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis - Salah satunya hal persoalan yang kerap dirasakan pada mekanisme pendingin adalah freon mobil yang habis, tetapi sebagian dari anda kemungkinan tidak ketahuinya. Lalu bagaimana cara mengetahui freon ac mobil habis?

Freon dalam AC mobil mempunyai peranan sebagai cairan pendingin. Di saat freon habis, karena itu performa dari AC mobil tidak bisa maksimal. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan freon AC mobil jadi lebih cepat habis, misalkan saja bila anda selalu buka jendela mobil saat AC sedang dihidupkan, kebocoran pada ikatan pipa AC, atau karena penggunaannya yang telah lama.

Keadaan freon yang telah habis dan didiamkan terus-terusan dalam waktu lama bisa membuat kerusakan pada mekanisme pendingin mobil anda. Tentu saja ini bisa membuat anda keluarkan dana yang lebih banyak untuk melakukan perbaikan. Hingga keutamaan mengetahui bila keadaan freon AC mobil bila sudah habis.

Sebetulnya untuk mengetahui freon AC telah habis atau mungkin tidak bukan hal yang susah. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengetahui freon ac mobil habis akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengetahui freon ac mobil habis

Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui freon ac mobil habis. Hal ini dapat dilihat dari berbagai ciri, gejala, atau tanda diantaranya yaitu:

1. AC cuma keluar angin dan tidak dingin

Cara mengetahui freon ac mobil habis yang pertama yaitu dengan merasakan udara yang dihembuskan blower. Saat anda menghidupkan AC, semestinya dengan sesaat udara yang terhembus dari sirkulasi udara mempunyai temperatur yang dingin. Tetapi jika AC memiliki masalah, karena itu walau selektor temperatur AC telah diset di suhu yang paling dingin, udara yang terhembus dari ventilsai AC tetap temperaturnya, alias tidak berubah dingin.

Gejala ini jadi tanda jika ada yang tidak kelar dengan mekanisme AC mobil anda, dapat compressor yang hancur, magnetic clutch yang hancur, kipas pendingin mati, atau karena freon habis. Jika freon habis, karena itu semua seakan jalan normal. Saat AC dihidupkan, kedengar bunyi ketukan yang mengisyaratkan compressor AC bekerja, RPM mesin naik dan kipas pendingin hidup. Tetapi embusan angin tidak dingin, dan ini maknanya freon AC mobil habis.

2. Compressor AC tidak stop bekerja saat AC On

Selain itu cara mengetahui freon ac mobil habis dengan melihat kinerja kompresor. Ada pula permasalahan mekanisme AC, di mana saat sakelar AC dihidupkan magnetic clutch terus tersambung. Umumnya, magnetic clutch akan tersambung saat sakelar AC dihidupkan. Tetapi magnetic clutch akan terlepas dalam jeda waktu tertentu saat penekanan freon telah optimal.

Kemungkinan Teman dekat sendiri kerap menjumpai keadaan di mana suara ketukan dari ruangan mesin kerap ada saat AC dihidupkan.

Tetapi jika Teman dekat menjumpai keadaan di mana magnetic clutch dari sejak awalnya AC ON terus terhubung, karenanya jadi tanda jika freon AC habis.

Ini karena saat freon habis karena kebocoran, karena itu dalam selang AC itu dipenuhi dengan udara. Karakter udara, itu gampang dikompresi. Dibanding freon, udara lebih gampang dikompresi hingga saat compressor bekerja, itu cuma akan memompa udara biasa.

Karena udara lebih gampang dikompresi, karena itu penekanan udara pada selang high pressure juga tidak dapat sampai optimal. Hingga pressure switch tidak dapat putuskan magnetic clutch karena tekanannya belum sampai optimal. Berlainan dengan freon yang lebih padat, dikasih penekanan sedikit saja tekanannya langsung naik.

3. Tidak ada freon di sight glass

Yang umum dilakukan sebagai cara mengetahui freon ac mobil habis yaitu dengan melihat sight glass. Sight glass adalah sebuah kaca bundar yang terbuka, peranan kaca ini adalah untuk menyaksikan perputaran freon di dalam mekanisme AC.

Umumnya sight glass ada pada driyer/filter freon. Pada keadaan mesin masih hidup dan AC dihidupkan,saksikan pada sight glass ini. Jika freon masih, maka ada cairan yang mengucur. Tetapi jika freon habis, jadi tidak terjadi apa-apa yang mengucur dibalik sight glass.

4. Selang low pressure AC tidak berembun

Dengan melihat selang-selang AC mobil juga dapat dilakukan sebagai cara mengetahui freon ac mobil habis. Ada 2 buah selang dari compressor, yaitu Selang high pressure dengan wujud yang lebih kecil ke arah dari compressor ke arah kondensor. Selang low pressure dengan wujud yang semakin besar ke arah dari evaporator (di dalam kabin) ke arah compressor. Saat AC hidup dengan normal, maka tercipta embun pada selang low pressure.

Embun ini sebagai dari hasil ketidaksamaan temperatur di antara temperatur di dalam selang low pressure yang dingin dengan temperatur mesin yang panas. Tetapi jika tidak tercipta embun, atau jika anda raba tidak berasa dingin, memiliki arti freon habis.

5. Compressor AC Mati

Compressor AC Mati Saat AC mobil dihidupkan, automatis compressor AC akan berputar-putar. Namun, bila compressor mati atau mungkin tidak berputar-putar saat AC mobil dihidupkan, karena itu ada peluang freon mulai habis atau bahkan juga telah habis.

6. Kipas AC Tidak Berputar-putar

Bila AC mobil dihidupkan atau saat AC pada keadaan hidup tapi kipas tidak berputar-putar, karena itu berikut salah satunya ciri jika freon sudah habis. Tetapi saat sebelum mengaitkan, sebaiknya dilaksanakan pengujian lebih dahulu untuk menentukannya.

Bisa saja keadaan AC yang telah hancur. Kadang tipe dan tahun produksi mobil penting diingat mungkin karena ada ketidaksamaan atau piranti tambahan untuk mengisyaratkan jika freon AC mobil itu sudah habis.

7. Pipa AC tidak dingin

Salah satunya ciri lain dari freon AC yang habis adalah pipa AC yang mulai berasa tidak dingin. Ditambah, bila Anda mendapati ada timbunan bunga es pada unit pipa instalasi pada mesin mobil, karena itu terang ini perlu Anda cermati.

Keadaan ini sering terjadik karena penekanan freon pada AC mulai menyusut. Untuk tersebut Anda perlu selekasnya mengeceknya.

8. AC keluarkan udara panas

Cara mengetahui freon ac mobil habis yang terakhir yaitu AC malah akan keluarkan udara panas. Ini muncul karena AC tidak dapat mempernyerap udara panas dengan optimal dan menggantinya jadi udara sejuk pada ruang.

Cara Mengatasi Freon AC Mobil Habis

Sebetulnya di saat keadaan freon AC habis, umumnya ada pengaman pressure switch pada mekanisme pendingin mobil. Feature ini bekerja berdasar penekanan yang ada. Peletakannya sendiri kadang berada di pipa high pressure atau di receiver drier.

Bila freon AC mobil memang habis, karena itu anda perlu lakukan pengisian hingga performa AC mobil bisa maksimal. Nach berikut beberapa beberapa langkah isi freon AC mobil:

  1. Kosongkan lebih dulu beberapa sisa freon yang masih tetap ada. Anda dapat melakukan dengan tutup katup manifold gauge dan menyambungkannya dengan selang yang ke arah nipel dengan penekanan tinggi. Dan selang biru yang mempunyai penekanan rendah dan selang hijau ke arah pompa vakum.
  2. Membuka salah satunya katup manifold, dan mulai hidupkan pompa vakum. Perhatikan ukuran yang ada di vakum gauge, kerjakan sampai angka nya memperlihatkan 600 mmHg.
  3. Selanjutnya bukan segi katup yang lain supaya vakum bisa bekerja lebih maksimal. Selanjutnya lihat kembali angka yang tercantum pada vacum gauge. Yakinkan jika mekanisme itu telah bersih dari udara, uap, dan air, dan angka memperlihatkan pada 750 mmHg.
  4. Diamkan pompa berpijar sampai lebih kurang 30 menit.
  5. Selanjutnya tutup ke-2 katup manifold saat sebelum pompa vakum dimatikan
  6. Nantikan sampai 15 menit, untuk menyaksikan adakah kebocoran yang terjadi

Karena itu, karena mekanisme pendingin (AC) mobil sebagai elemen yang selalu dipakai, jadi tidak ada kelirunya bila anda lakukan perawatan secara periodik pada AC mobil anda. Hingga AC mobil anda dapat lakukan performa nya dengan optimal. Perawatan yang pas dapat membuat periode waktu penggunaannya semakin lama. Anda dapat lakukan perawatan dan pengujian di bengkel-bengkel paling dekat. Disamping itu, jauhi rutinitas-kebiasaan yang bisa membuat freon AC mobil jadi cepat habis.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengetahui freon ac mobil habis. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis: 8 Cara Dan Ulasannya"