Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak: 3 Gejala & Cara Mencegah

Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak - Terkadang fuel pump pada motor injeksi mengalami kerusakan. Akibatnya akan timbul berbagai gejala atau pertanda. Lalu apa saja ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak?

Fuel pump di motor injeksi punyai peranan penting dan benar-benar penting. Dengan adanya bagian ini yang membagikan bensin sesuai jatahnya ke injektor. Disamping itu fuel pump berperan untuk jaga penekanan dari bensin supaya masih tetap tinggi.

Tetapi ada saatnya fuel pump ini menurun dan mengakibatkan penekanan bensin jadi lemah. Akhirnya bensin tidak dapat terbagi dengan optimal. Dan tentunya pembakaran tidak bisa maksimal hingga memengaruhi performa motor tersebut.

Maka dari itu, Kamu harus tahu apa saja tanda fuel pump motormu menurun, saat sebelum mati keseluruhan. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak

Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak

Terdapat beberapa ciri ciri atau gejala fuel pump pada motor injeksi yang rusak diantaranya yaitu:

1. Motor Sedikit Sulit Untuk Dihidupkan

Salah satu ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak yang pertama adalah sulit dinyalakan. Kamu harus berprasangka buruk jika motor injeksimu sulit untuk dihidupkan. Sudah tentu ada yang keliru bila motormu sulit untuk dihidupkan. Bisa saja fuel pump tidak bekerja secara seharusnya sampai kamu harus menekan electric starter berkali - kali.

Pada keadaan normal, motor injeksi langsung akan hidup saat electric starternya didesak. Ini disokong oleh fuel pump yang memompa bensin secara automatis saat contact motor ON . Maka nyaris dapat ditegaskan ada yang tidak kelar pada fuel pump saat motormu tidak dapat hidup dalam sekali tekan electric starter.

2. Suara Dengungan Pompa Lemah

Ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak yang selanjutnya sama seperti yang telah disebutkan di atas, saat contact motor ke status ON, fuel pump langsung akan memompa bensin secara automatis. Waktu itu juga akan kedengar dengungan dari fuel pump. Kecurigaanmu semestinya bertambah saat dengungan itu kedengar lebih lirih dibanding umumnya. Dapat memang fuel pump motormu sedang memiliki masalah dan sedang pada keadaan lemah.

Sekarang ini yang perlu kamu kerjakan adalah membawa ke dealer servis paling dekat untuk pastikan kondisinya. Janganlah sampai membawa ke bengkel saat fuel pump tidak berperan kembali. Dapat - dapat kerusakan yang ada justru merambat ke mana - mana.

3. Lampu Tanda Berkedip-kedip

Selainnya motor sulit hidup, ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak yang terakhir adalah tanda check engine yang berkedip-kedip. Beberapa pabrikasi motor sekarang ini mendatangkan feature tanda check engine.

Ini buat ketahui jika teridentifikasi penekanan bensin menurun, karena itu tanda check engine akan berkedip-kedip dengan skema tertentu untuk memberi signal ke sang pemilik kendaraan. Tetapi, fuel pump yang rusak tidak selamanya diikuti dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau code kerusakan pada panel instrument berkedip-kedip.

Lampu MIL adalah lampu tanda yang mengetahui kerusakan motor pada mekanisme injeksi. Lampu MIL ada di bagian speedometer motor yang warna oranye. Jika terjadi persoalan pada sensor atau mekanisme injeksi, karena itu lampu MIL akan berpijar dan berkedip-kedip.

Di saat kunci contact pada status on MIL akan berpijar sekitaran 0,3 detik dan akan mati kembali. Di saat MIL berpijar ECM akan mengetahui ada atau tidaknya kerusakan pada mekanisme sensor. Jika tidak ada kerusakan karena itu MIL akan mati.

Cara Mencegah Kerusakan Fuel Pump Motor

Sesudah megetahui ciri- ciri dari fuel pump motor injeksi rusak, sebaiknya Anda ketahui cara mencegah supaya tidak ada kerusakan. Hingga, performa mesin tetap optimal. Ada tiga cara untuk mencegah terjainya kerusakan pafa fuel pump motor. Cara perawatan untuk jaga flue pump juga gampang.

1. Kondisi Tangki Selalu Penuh

Cara mencegah yang pertama adalah jangan sampai biarkan bak bahan bakar kosong. Disamping itu upayakan janganlah sampai bahan bakar kurang dari patas minum bak . Maka, cepatlah isi bahan bakar saat volumenya tinggal seperempat bak.

2. Kuras tangki teratur

Ke-2 , kuras bak bahan bakar dengan teratur. Benar-benar dianjurkan kuras bak sekurang-kurangnya 5 tahun sesudah penggunaan untuk motor baru. Adapun motor yang sudah lama digunakan seharusnya setiap 2 tahun sekali. Selainnya hilangkan kotoran yang berada di bak, kuras bersihkan beberapa unsur kimia lain, terhitung bakteri yang berada di dasar bak. Terutama untuk motor yang bak bahan bakarnya sering kosong atau telat isi bahan bakar.

3. Kualitas bensin

Ke-3, isi bahan bakar di saat yang tidak tepat. Misalnya saat Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) tengah atau baru isi bungker bahan bakar atau pada siang hari yakni ketika beberapa orang isi bahan bakar kendaraan.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak dan cara mencegahnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak: 3 Gejala & Cara Mencegah"