Penyebab Dempul Mobil Retak: 3 Faktor Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Dempul Mobil Retak - Sudah mengetahui apa sebagai penyebab dempul mobil retak? Ada periodenya bodi mobil jadi penyok serta cat mobil jadi retak. Tetapi tenang, kadang penyoknya bodi mobil dan retaknya cat mobil tidak berarti permukaan cat itu pecah.

Pada permasalahan penyok, umumnya karena sesudah terjadi satu kecelakaan, atau mobil mengenai satu benda keras. Mobil yang pernah penyok atau cat alami kerusakan tidak kelihatan sesudah didempul. Namun, sangat sayang bodi yang sempat didempul akan kurangi harga jual dari mobil itu.

Disamping itu, jika proses pendempulan dilaksanakan secara asal, bisa ditegaskan dempul tidak tahan lama, gampang terkelupas, dan retak. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab dempul mobil retak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab dempul mobil retak

Penyebab Dempul Mobil Retak

Aktivitas bodi repair akan memperbaiki kembali kondisi bodi mobil yang awalnya alami kerusakan karena kecelakaan atau bentrokan yang membuat kelihatan hancur. Dengan sistem ini, mobil dapat kembali terlihat seperti kondisi saat sebelum alami kerusakan. Menambah dempul di bagian bodi mobil yang alami kerusakan akan memudahkan Anda dalam menambah cat supaya bisa kelihatan makin prima, seperti tak pernah alami kerusakan.

Meskipun sistem ini cukup efisien, tetapi kadang ada permasalahan yang dapat menemaninya. Satu diantaranya dempul yang retak. Bila alami perpecahan, karena itu permukaan yang telah dilapis cat juga kelihatan tidak baik.

Ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan dempul mobil retak. Salah satunya adalah seperti berikut ini.

1. Kualitas Dempul yang Kurang Bagus

Penyebab dempul mobil retak yang pertama yaitu kualitas. Bahan khusus yang dipakai pada proses pendempulan bisa memberi hasil akhir yang lain. Bila bahan yang dipakai tidak baik atau mungkin tidak mempunyai kualitas yang bagus, karena itu perpecahan bisa secara mudah terjadi.

Bahan dempul yang berkualitas bisa juga membuat bodi kelihatan kuat dan berasa enteng saat di ketok, Seperti terlihat tidak pernah alami kerusakan. Permukaan atasnya juga dapat secara mudah terima cat yang diberi. Membuat tidak kelihatan ganjil. Upayakan Anda memperoleh dempul yang berkualitas saat lakukan bodi repair pada kendaraan.

2. Dampak dari Cuaca

Selain itu cuaca juga dapat menjadi penyebab dempul mobil retak. Pancaran cahaya matahari secara terus-terusan dapat menyebabkan rusaknya dempul pada kendaraan. Anda dapat menyaksikan berlangsungnya pemudaran dan kelupasan pada cat pada bagian yang awalnya telah di dempul. Kemudian dempul perlahan-lahan akan retak, membuat kendaraan tidak kelihatan bagus. Jalan keluar dari permasalahan ini adalah dengan pilih tempat parkir yang terlindung dari cahaya matahari dan bermacam kondisi cuaca yang lain. Anda bisa juga memakai cover mobil bila tidak mempunyai lokasi yang punyai pelindungan yang bagus pada cuaca.

3. Tenaga Pakar yang Kurang Optimal

Penyebab dempul mobil retak yang terakhir adalah tenaga kurang ahli. Bila Anda merencanakan untuk lakukan pendempulan sendiri tanpa mempunyai ketrampilan yang diperlukan, karena itu kami akan merekomendasikan Anda tidak untuk melakukan. Proses ini memerlukan ketrampilan khusus untuk dapat memperoleh hasil yang terbaik. Bila dilaksanakan sembarangan, karena itu Anda akan sedih dengan hasil dempul yang tidak prima dan gampang retak. Salah satunya proses yang perlu adalah pengamplasan.

Permukaan bodi harus bersih, dari jamur dan kotoran. Bintik karat harus juga diamplas secara baik, sampai bersih tidak sisa. Ini akan menolong dalam membuat tempat untuk mengimplementasikan dempul secara baik. Seterusnya ada proses pengecatan yang perlu dilaksanakan dengan cermat supaya hasil akhir dapat kelihatan sama.

Dempul yang baik:

  1. Pelajari luasan tempat yang hendak didempul, kemudian akan dilaksanakan scuffing dan featheredging dengan stepping amplas yang betul.
  2. Pastikan panel repair s/d dilaksanakan secara baik dengan memeriksa kelurusan panel hasil dari penarikan buat menghindar penggunaan dempul yang terlampau tebal. Karena dempul yang tebal bisa mengakibatkan kekuatan perpecahan.
  3. Mengaplikasi dempul di atas panel, pastikan dempul diaplikasi di atas primer surfacer terkecuali material dempul yang dipakai berkualitas premium yang terlepas dari kandungan asam.
  4. Mengimplementasikan dempul selebar tempat kerusakan setipis mungkin.

Cara Mengatasi Dempul Mobil Retak

Cara mengatasi dempul mobil retak sebenarnya sangat sederhana. Untuk menahan berlangsungnya kerusakan pada dempul mobil, lihat keadaan dan sekitar lingkungan, dan rawatlah mobil secara baik. Jika tidak mempunyai garasi untuk parkir, tutupi bodi mobil memakai sarung body. Dengan demikian, mobil akan terbebas dari panas matahari, hujan, dan embun pada malam hari.

Bila dempul telah retak, yang penting dilaksanakan adalah lakukan proses pendempulan ulangi. Jangan dibiarkan kerusakan dempul tanpa ingin melakukan perbaikan.
Air yang merembes ke retakan dempul membuat bodi mobil jadi cepat keropos. Kerjakan pembaruan selekasnya saat mendapati perpecahan pada dempul mobil.

Rawatlah mobil dengan sebagus mungkin. Janganlah lupa untuk lakukan pengecekan dengan teratur dan periodik. Alami kerusakan pada bodi mobil?

Cepatlah diperbarui, saat sebelum mengakibatkan permasalahan yang semakin besar. Begitu panduan berkenaan penyebab dempul mobil retak.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab dempul mobil retak dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Dempul Mobil Retak: 3 Faktor Dan Cara Mengatasinya"