Brake Shoe Adalah: Pengertian Dan Ulasannya

Brake Shoe Adalah - Sebagai pemilik mobil, harus pahami fungsi brake shoe yang disebut salah satunya komponen pada mekanisme pengereman mobil. Brake shoe sendiri adalah bagian penting dari sistem rem tromol. Lalu apa itu brake shoe?

Sampai sekarang ini, kami banyak mendapati bukti jika sebagian besar pemilik mobil berpikiran jika brake shoe dan brake pad adalah dua komponen yang serupa. Maka dari itu, supaya Anda memperoleh info yang pas, berikut selengkapnya berkenaan pemahaman brake shoe dan perannya.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas terkait brake shoe yang perlu untuk dimengerti oleh tiap pemilik mobil. Maka, Anda bisa pahami kenapa mekanisme pengereman mobil harus kerap dilihat dan diservis secara periodik. Untuk lebih jelasnya terkait brake shoe adalah apa akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

brake shoe adalah

Brake Shoe Adalah?

Fungsi peran dari mekanisme pengereman pada kendaraan adalah untuk kurangi kecepatan kendaraan saat bergerak. Dari berbagai bagian sistem rem yang ada, salah satunya adalah brake shoe atau sepatu rem. Sepatu rem sebagai bagian di mana kampas rem untuk tromol melekat. Selain itu antara brake pad dan brake shoe itu memiliki perbedaan dari segi konstruksi dan cara kerja.

Brake pad adalah kampas rem untuk rem cakram, dan brake shoe adalah kampas rem untuk mode tromol. Perannya sama, untuk pengereman

Ke-2 benda ini mempunyai fungsi yang serupa, tetapi cara kerjanya berlainan. Jika diamati pada brake pad ini akan menjepit bagian piringan cakram supaya pergerakan mobil dapat menyusut. Sementara pada brake shoe akan menekan ke segi luar dari tromol.

Mangkuk tromol sendiri ikut berputar dengan roda, sampai saat rem diinjak, brake shoe akan pencet ke sisi luar, bergesekan dengan mangkuk tromol dan kecepatan kendaraan jadi berkurang. Sepatu rem atau brake shoe adalah bagian yang berbentuk 1/2 lingkaran yang memiliki permukaan luar rata. Pada permukaan itu kampas rem menempel dan akan bergesekan dengan tromol.

Pada proses rem tromol, secara umum terbagi dalam 3 bagian, sepatu rem, silinder roda dan tromol rem. Yang gerakkan sepatu rem agar bergesekan dengan tromol adalah silinder roda. Pada bagian silinder roda memiliki dua piston pada setiap ujungnya. Pada bagian ini terdapat cairan hidrolik yang gerakkan piston keluar. Saat piston keluar, karenanya sepatu rem akan terdorong dan bergesekan dengan tromol.

Di atas adalah pembahasan berkaitan brake shoe pada mekanisme rem tromol kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Brake Shoe Adalah: Pengertian Dan Ulasannya"