Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dongkrak Hidrolik: Peran, Cara Kerja, Cara Menggunakan

Fungsi Dongkrak Hidrolik - Satu diantaranya kemungkinan terhitung fungsi dongkrak hidrolik yang digunakan untuk menukar ban mobil. Tetapi, tahukah Anda cara kerja dongkrak hidrolik yang sanggup mengusung berat beban kendaraan sampai berton-ton? Lalu apa fungsi dongkrak hidrolik?

Tetapi, Anda harus juga ketahui beberapa alat yang lain yang bisa menolong mobil Anda saat memiliki masalah. Salah satunya alat yang bisa Anda pakai untuk menolong mobil Anda saat ingin melakukan perbaikan adalah dongkrak hidrolik.

Alat ini akan menolong saat Anda mempunyai alat berat yang perlu diangkat. Salah satunya contoh dari alat berat itu adalah mobil. Alat ini dapat dipakai untuk mengusung mobil jika ingin menukar ban atau beberapa hal yang lain. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi dongkrak hidrolik, cara kerja, dan cara menggunakan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi dongkrak hidrolik

Apa Itu Dongkrak Hidrolik?

Dongkrak hidrolik sebagai alat yang dapat mengangkat benda yang paling berat. Contoh dari benda yang dapat didongkrak adalah mesin dan kendaraan. Dongkrak ini disebutkan hidrolik karena memakai liquid atau cairan khusus yang dapat menolong proses pengangkatan alat berat itu.

Dan mekanisme hidrolik sebagai mekanisme yang yang memakai tenaga cairan untuk lakukan tugas yang simpel. Dongkrak Ini pertama kalinya ada, sesudah dibuat oleh William Joseph Curtis. Di tahun 1838, dia ajukan paten Inggris untuk dongkrak ini.

Di tahun 1851, Richard Dudgeon memperoleh hak paten untuk dongkrak hidrolik portable yang dipandang lebih unggul dibanding dongkrak biasa yang memakai skrup. Dongkrak ini umumnya dipakai untuk tugas di toko pada waktu itu. Umumnya, dongkrak ini tidak dipakai sebagai alat penolong genting yang dibawa kendaraan. Dongkrak ini tidak dibikin untuk kendaraan tertentu saja tapi dipakai untuk dapat mengusung lift yang berada di gedung bertingkat rendah atau sedang.

Fungsi Dongkrak Hidrolik

Fungsi khusus dongkrak hidrolik adalah menolong menukar ban mobil yang bocor atau kempes. Tetapi, fungsi dongkrak bukan hanya stop disitu, dongkrak juga menolong pada proses pengujian mesin pada bagian bawah mobil.

Misalnya adalah bisa menolong dalam memasangkan jack stand, agar penempatan catalytic converter lebih gampang. Disamping itu, fungsi dongkrak hidrolik juga digunakan untuk membenahi mekanisme pengereman dan pengecekannya.

Prinsip Kerja Dongkrak Hidrolik

Setelah mengetahui fungsi dongkrak hidrolik perlu diketahui pula cara kerjanya. Prinsip kerja dongkrak dengan mekanisme hidrolik betul-betul manfaatkan prinsip hukum Pascal. Alat ini terdiri dari 2 tabung khusus yang sama-sama terkait dan berdiameter berlainan ukuran. Masing-masing tabung ini ditutup dan berisi fluida/cairan. Saat style pencet diberi pada tabung dengan diameter lebih kecil, karena itu penekanan itu akan ditebarkan secara rata ke semua arah, terhitung ke arah tempat ditempatkannya mobil. Mengakibatkan, fluida itu memberi style dorong pada tabung dengan diameter besar hingga memunculkan kemampuan untuk mengusung mobil.

Pada design dongkrak hidrolik berupa botol, AutoFamily akan mendapati sebuah tuas yang digunakan untuk mengusung mobil. Saat Anda ingin mengusung mobil, karena itu Anda dapat memakai tuas ini supaya dongkrak memompa sisi atas mobil agar dapat naik. Selanjutnya, Anda dapat dengan bebas lakukan pergantian atau pembaruan ban. Ketika telah usai, putar katup yang ada disebelah dongkrak untuk kembalikan status mobil ke sebelumnya.

Cara Memakai Dongkrak Hidroli

Untuk saat ini, telah lebih gampang mengaplikasikan cara kerja dongkrak hidrolik pada kendaraan motor, terutamanya mobil. Ini karena letak status titik pijak penempatan dongkrak telah ditetapkan terletak. Bahkan juga titik pijak ini telah disamakan dengan kepala sandaran dongkrak hidrolik supaya cocok dan gampang digeser.

Tetapi, satu poin utama yang penting AutoFamily ketahui, proses cara kerja dongkrak hidrolik ini cuma untuk mengusung satu segi ban mobil dari permukaan . Maka, tidak dapat digunakan untuk mengusung roda mobil dengan cara menempatkannya di sisi tengah kendaraan. Selanjutnya, saat Anda memasangnya ke mobil, yakinkan penempatan sisi belakangnya ada di chasis mobil, sementara sisi depan pada arm.

​​​​​​​Diatas adalah ulasan terkait fungsi dongkrak hidrolik, cara kerja, dan cara menggunakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Dongkrak Hidrolik: Peran, Cara Kerja, Cara Menggunakan"