Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter: 10 Faktor Dan Ulasan

Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter - Meskipun aki baru tidak menjamin kendaraan bisa distarter. Hal ini dikarenakan pada saat tegangan aki normal tapi terkadang tidak bisa starter. Lalu apa penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter?

Kita ketahui bahwasanya aki merupakan salah satu item penting pada kendaraan yang berguna sebagai sumber arus kelistrikan. Tanpa adanya aki yang baik tentu sumber kelistrikan akan terganggu sehingga sistem kelistrikan tidak berfungsi dengan baik termasuk sistem starter.

Starter yang normal membutuhkan tegangan aki minimal 11 volt. Apabila dibawahnya maka sistem starter tidak dapat berfungsi dengan baik. Berikut ulasan terkait tegangan aki normal tapi tidak bisa starter.

tegangan aki normal tapi tidak bisa starter

Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter

Elektrik starter adalah wujud perkembangan di dunia otomotif. Bila sepeda motor dahulunya harus dihidupkan dengan starter engkol, sekarang tinggal sekali tekan mesin bisa berpijar.

Namun elektrik starter mengikutsertakan lumayan banyak mekanisme kelistrikan, satu diantaranya ialah aki. Tanpa aki yang simpan daya listrik, karena itu elektrik starter tidak akan berpijar, begitupun dengan mesin motor.

Sayang permasalahan elektrik starter yang tidak berpijar tidak selalu disebabkan karena aki. Bila mendadak Anda menukar aki, belum pasti bisa memperbaiki elektrik starter. Ada banyak penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter.

1. Permasalahan pada Kabel dan Socket

Aki kurang kuat adalah masalah yang bisa ditangani dengan menukar aki baru. Namun permasalahannya tidak selalu aki kurang kuat. Mekanisme kelistrikan dan starter elektrik mengikutsertakan banyak sekali kabel dan socket.

Penempatan kabel ini harus betul hingga arus listrik bisa disalurkan secara benar. Sayang karena getaran bahkan juga gigitan tikus, kabel dan socket ini bisa alami permasalahan. Kabel mungkin putus yang membuat saluran listrik berhenti.

Lebih beresiko kembali bila terjadi konsleting hingga memunculkan permasalahan pada elemen lain seperti lampu. Mesin tidak akan berpijar apabila memang permasalahannya ada di kabel, bukan menukar aki jalan keluarnya tapi pembaruan kabel. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter.

2. Kotornya Starter Elektrik

Penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter karena starter elektrik alami kotor. Di bagian tombol starter kerak benar-benar gampang ada karena kerap terserang hujan, debu, dan kotoran yang lain.

Saat starter terhalang oleh kotoran, karena itu alat tidak akan bekerja untuk menghidupkan mesin. Tidak ada arus listrik yang tersambung dari starter elektrik hingga membuat busi berpijar.

Jalan keluar yang bisa Anda kerjakan sangat gampang yakni bersihkan tempat starter listrik lebih dulu saat sebelum membedah elemen yang lain. Selanjutnya coba kembali untuk memencet tombol starter, semestinya sepeda motor bisa berpijar kembali.

3. Dinamo Starter Memiliki masalah

Jika sesudah bersihkan starter mesin masih tetap tidak ingin berpijar, karena itu permasalahan bisa saja ada pada dinamo starter. Elemen ini berperan sebagai pemutar gigi flywheel hingga mesin bisa dihidupkan.

Kerusakan dinamo starter ialah hal yang langka karena elemen ini sebetulnya cukuplah aman. Tetapi kerusakan bisa muncul karena arang kumparan atau brush terputus bahkan juga gosong.

Umumnya kerusakan dinamo starter diawali dari berlangsungnya korslet. Status brush juga harus betul yakni ada di 4 titik, bila tempatnya salah karena itu motor tidak ingin hidup.

Bila masalahnya ialah status tidak pas, karena itu Anda perlu mengetok secara enteng. Berlainan saat permasalahannya ialah brush putus, karena itu Anda harus melakukan perbaikan di bengkel paling dekat.

4. Switch Rem Memiliki masalah

Penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter yang ini umumnya terjadi pada motor kekinian yang mempunyai pengaman tambahan side stand switch. Pengaman ini akan bekerja saat Anda turunkan standard samping karena itu mesin stop bekerja.

Ini akan bekerja karena elemen switch rem yang bisa memutuskan arus listrik. Anda juga yang turunkan standard samping tidak akan bisa menghidupkan motor. Sayang elemen pengaman ini sering jadi bumerang.

Pasalnya saat status standard telah alami kerusakan karena kotoran dan turun sedikit, karena itu membuat mesin tidak akan berpijar. Anda harus memperbaiki standard dan elemen switch rem yang tersambung.

5. Rusaknya Bendik

Motor mempunyai elemen bendik yang perannya ialah memacu saluran listrik yang dari aki. Nanti listrik akan dihantarkan ke dinamo starter baru mesin akan berpijar. Jika bendik alami kerusakan karena itu arus listrik tidak sampai ke dinamo starter.

Motor juga tidak akan berpijar, malah ditambah lagi ada suara aneh. Beberapa motor keluarkan suara bikin cetek dan tidak ingin berpijar. Jika yang terjadi ialah kerusakan bendik karena itu Anda perlu menukarnya.

6. Sekring Putus

Penyebab motor susah distarter walau sebenarnya aki baru seterusnya yang penting dicurigai ialah kerusakan pada sekring. Sekring sebagai sisi dari elemen listrik yang berperan untuk terima saluran listrik dari aki.

Disebutkan dengan main fuse, di saat tegangan arus listrik besar karena itu sekring akan memutuskan salurannya. Sekring mempunyai kawat di dalamnya yang bisa saja putus jika terjadi konsleting.

Sekring yang telah putus akan membuat motor tidak bisa dihidupkan. Ini mengakibatkan saluran listrik yang ke arah starter elektrik tidak ada dan motor tidak bisa dihidupkan.

Semua penyebab motor susah distarter walau sebenarnya aki baru telah Anda kenali. Ke-8 penyebab ini bisa Anda check lebih dulu sebelumnya terakhir memilih untuk beli aki baru.

7. Tombol Starter Memiliki masalah

Ini cuman terjadi pada motor, karena elektrik starter yang digunakan dengan tombol jarang-jarang ada pada mobil. Umumnya, tombol starter ini alami kerusakan berbentuk kotor tertutup oleh debu.

Oleh karena itu, sebaiknya membersihkan tombol starter bila ada pertanda tombol starter hancur yaitu starter tidak memberi respon walau sebenarnya kelistrik pada keadaan normal (beberapa lampu sampai klakson berperan).

8. Busi Menurun

Busi kerap jadi penyebab motor susah distarter walau sebenarnya aki baru yang kemungkinan terlewati. Elemen yang ini mempunyai periode gunakan apabila kemampuannya telah menurun, karena itu recikan api yang dibuat akan turun.

Dampaknya kendaraan susah dihidupkan walau Anda telah beli aki yang baru. Busi umumnya mempunyai permasalahan di bagian kepala atau elektrodanya. Di mana busi akan alami keausan dan kotor.

Jika kekuatan busi telah kurang kuat lebih bagus Anda lakukan penyiapan untuk menukarnya. Lebih bagus menukar busi dibanding aki karena ongkos pergantian busi lebih murah.

9. Kompresi Alami Kebocoran

Kebocoran kompresi ialah permasalahan yang sering muncul dan membuat motor tidak bisa berpijar. Anda bisa lakukan pengujian sendiri benarkah kebocoran kompresi ialah pemicunya.

Triknya dengan melepas busi lebih dulu baru tutup lubang busi dengan ibu jemari. Selanjutnya Anda bisa menghidupkan kendaraan dengan kick starter dan jika penekanan kaki berasa kurang kuat atau los karena itu dapat ditegaskan terjadi kebocoran kompresi.

Tetapi bila saat memakai kick starter berasa berat, karena itu permasalahannya bukan kompresi. Kebocoran bisa terjadi di bagian klep atau di antara ring piston dengan dinding silinder.

10. Ada Kerusakan Lain

Yang paling akhir ialah ada kerusakan lain. Bila starter memberi respon tetapi mesin malas berpijar. Karena itu peluang kerusakan ada di elemen lain seperti busi, karburator atau injektor, atau permasalahan yang lain yang ada di luar mekanisme elektrik starter.

Diatas adalah ulasan terkait tegangan aki normal tapi tidak bisa starter baik penyebabnya dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter: 10 Faktor Dan Ulasan"