Mobil Diesel Susah Distarter Saat Mesin Panas: 4 Penyebab & Cara Memperbaiki

Mobil Diesel Susah Distarter Saat Mesin Panas - Pada umumnya pada kondisi normal, mesin diesel cuman perlu 1x start dan waktu 30 menit untuk dapat panas. Namun apabila terjadi permasalah maka mobil diesel akan susah distarter saat mesin panas. Lalu apa penyebab mobil diesel susah distarter saat mesin panas? Bagaimana cara memperbaikinya?

Jika mesin awalnya bermula dari keadaan dingin pada pagi hari. Namun, jika keadaannya telah panas, maka mesin akan sulit distarter. Kadang pada beberapa mobil diesel berumur yang tidak muda, ada banyak penyebab yang mengakibatkan mobil diesel susah distarter saat mesin panas. Berikut ulasannya:

mobil diesel susah distarter saat mesin panas

Cara Mendeteksi Mesin Diesel Sulit Distarter Saat Mesin Panas

Untuk kasus mesin diesel sulit distarter saat mesin panas sebetulnya dapat teridentifikasi dengan berbagai cara. Berikut cara mendeteksinya:

1. Cek dinamo starter

Ketika mesin masih juga dalam keadaan dingin dan ketika distarter mesin telah berasa berat ini menjadi satu pertanda tenaga dinamo starter untuk memutar mesin kurang, dengan catatan accu memang pada keadaan sempurna.

2. Cek klem aki

Cara mendeteksi ke-2 , penyebab mesin diesel susah distarter saat mesin panas dengan memerhatikan atau meraba pada ikatan kabel accu baik yang positif maupun yang sisi negatif. Saat mesin berasa berat ketika distarter dan pada ikatan klem kabel di kepala accu. Apabila dikleman accu berasa panas terlalu berlebih, itu dapat menjadi tanda-tanda penyebab starter berat itu.

Panas yang terlalu berlebih pada klem kabel di kepala accu, baik itu yang di kleman negatif maupun kleman positif ialah beberapa ciri atau pertanda beban arus listrik yang terlampau besar dan arus listrik yang dapat mengucur terbatas dan ini dapat disebabkan karena serabut kabel pada klem kabel yang telah korosi atau pada susunan serabut kabel ada kerak yang merintangi saluran arus listrik yang besar dari klem kabel.

3. Menghitung arus listrik

Cara ke-3 dengan cara menghitung saluran arus listrik memakai clamp meter atau tang amper, ketika mesin distarter berasa berat apa arus listrik yang mengucur ke dinamo starter sesuai detail optimal dinamo starter itu atau kah tidak.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Susah Distarter Saat Mesin Panas

Pada dasarnya, faktor penyebab diesel sulit distarter saat panas adalah umur hingga ada permasalahan pada ikatan klem kabel yang mengakibatkan arus listrik tidak dapat optimal sama sesuai keperluan dinamo starter dan beban mesin.

Karena itu cara paling mudah untuk menanganinya dengan menambah kabel yang memiliki ukuran lumayan besar atau sekurang-kurangnya hampir serupa sama ukuran kabel asli pada mobil itu. Kabel itu dapat dipertambah baik di bagian negatif dan sisi positifnya.

Kabel tambahan untuk mengatasi mesin diesel susah distarter saat mesin panas. Kabel pada klem accu negatif disambungkan langsung ke mesin dengan baut, dan kabel pada klem positif dihubungkan ke terminal stand by (kabel besar atau terminal 30) pada dinamo starter.

Dan hasilnya ialah saat mesin tidak pernah hidup ataupun waktu mesin masih dingin ketika distarter mesin langsung ceklik greng dan ketika mesin telah panas juga dengan sekali starter mesin langsung hidup tanpa berasa berat sama-sekali. Ini karena sesudah dipertambah kabel, arus listrik yang mengucur dari accu dapat optimal sama sesuai keperluan dinamo starter.

Penyebab Mesin Mobil Diesel Sulit Hidup Saat Panas

Sesudah lakukan pengujian dan diagnosis ternyata benar mesin mobil diesel susah distarter saat mesin panas, karena itu hal selanjutnya ialah ketahui sumber pemicunya. Dalam masalah ini, ada banyak keadaan yang mengakibatkan mesin diesel sulit hidup ketika keadaan panas. Hal itu salah satunya ialah:

1. Umur mesin diesel telah tua

Mesin diesel yang sudah berusia tentunya akan alami pengurangan peranan pada beberapa komponennya hingga mengakibatkan mobil susah dihidupkan saat pada keadaan panas. Umur tua ini biasanya memunculkan permasalahan pada ikatan klem kabel, mengakibatkan arus listrik ke mesin tidak dapat sesuai keperluan beban mesin dan dinamo starter.

2. Beban arus listrik terlampau besar

Selain itu beban arus listrik yang terlampau besar dapat menjadi salah satu faktor penyebab mobil diesel susah distarter saat mesin panas. Ini sering disebabkan karena klem kabel di kepala accu yang berkerak atau alami korosi, hingga beban arus listrik di antara klem positif dan negatif tidak imbang.

Korosi atau kerak akan merintangi saluran arus listrik hingga memacu penimbunan di salah satunya segi klem dan mengakibatkan beban arus listrik terlampau besar.

3. Keadaan busi pijar tidak sempurna

Penyebab ke-2 mobil diesel susah distarter saat mesin panas ialah keadaan busi tidak sempurna. Busi yang tidak pada keadaan baik cuman bisa dihidupkan ketika mesin dingin.

Oleh karena itu, mobil susah berpijar ketika keadaan mesin telah panas. Untuk menanganinya, Anda bisa menukar elemen itu sama yang baru agar berpijar kembali.

4. Permasalahan pada mekanisme saluran bahan bakar

Saluran bahan bakar ialah sumber khusus mesin dapat hidup. Jika saluran terusik, karena itu sudah tentu mobil diesel susah distarter saat mesin panas atau dingin.

Umumnya, ini karena masuknya udara atau angin ke bak penyimpanan sisi dalam. Angin akan bersatu berbahan bakar dan mengakibatkan mekanisme pembakaran tidak bisa memantik api.

Diatas adalah ulasan terkait mobil diesel susah distarter saat mesin panas, baik penyebab, cara mendeteksi, maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mobil Diesel Susah Distarter Saat Mesin Panas: 4 Penyebab & Cara Memperbaiki"