Mekanisme Katup OHV (Overhead Valve) : Pengertian Dan Cara Kerja

Mekanisme Katup OHV - Terdapat berbagai jenis mekanisme katup yang digunakan pada kendaraan, salah satunya yaitu OHV atau overhead valve. Apa itu mekanisme katup OHV? Dan bagaimana cara kerjanya?

Fungsi mekanisme katup jadi sisi penting dalam mekanisme mesin mobil sekarang ini. Putaran utara dalam mesin bisa berjalan mulus dengan mekanisme katup. Tetapi mekanisme katup bukan hanya bekerja sebagai satu kesatuan sebuah sisi mesin mobil saja. Ada beragam elemen didalamnya yang sama-sama bekerja bersama keduanya.

Pada intinya, katup dalam mesin mobil bukan hanya bermanfaat sebagai pintu yang buka dan tutup aliran udara. Katup ini dibuat supaya tidak alami kebocoran walaupun tingkat penekanan kompresi terhitung tinggi. Hal ini termasuk juga pada mekanisme katup OHV atau overhead valve. Berikut ulasan lebih jelas terkait pengertian dan cara kerja mekanisme katup OHV (overhead valve).

Pengertian Mekanisme Katup OHV

Mekanisme katup OHV atau Over head Valve ialah sebuah serangkaian katup dengan camshaft yang berada di dalam block silinder. Secara design memang sulit, karena camshaft langsung tersambung dengan roda gigi sproket crankshaft harus tekan valve lifter.

Sementara pushrod saat sebelum menggerakan katup. Hingga kurang efektif. Perihal ini pula yang jadikan mekanisme ini tidak kembali digunakan dalam mesin mobil.

Komponen Mekanisme Katup OHV

Karena ada dua tipe mekanisme katup, elemen didalamnya juga berlainan juga. Untuk mekanisme katup OHV yang letak camshaft berada di dalam block silinder, proses pemutarannya disokong oleh beberapa komponen berikut:

mekanisme katup OHV
  1. Crankshaft sprocket gear
  2. Camshaft sprocket gear
  3. Timing belt
  4. Timing chain
  5. Camshaft
  6. Valve lifter
  7. Push rod
  8. Rocker arm
  9. Valve
  10. Valve spring

Cara Kerja Katup OHV

Untuk mode OHV, sahabat akan mendapati valve lifter dan tangkai push rod pada mesinnya. Disamping itu, letak camshaft pada mesin OHV ini biasanya jadi satu sama silinder block mesin, tidak pada silinder head. Berikut cara kerja mekanisme katup Over Head Valve

Saat Crank shaft (kutub engkol) berputar-putar, gigi sproket pada crankshaft akan memutar gigi sproket pada camshaft (kutub nok). Mengakibatkan camshaft akan turut berputar-putar bertepatan dengan berputar-putarnya crankshaft.

Perputaran pada camshaft ini akan memutar cam (benjolan) di sejauh camshaft. Saat pucuk paling tinggi dari benjolan cam ini sentuh valve lifter, karena itu valve lifter akan tergerak keatas sekalian menggerakkan tangkai push rod.

Dorongan keatas yang terjadi pada push rod akan membuat rocker arm ketekan hingga ujung rocker arm yang dekat sama pushrod ini akan tergerak keatas. Ketika yang serupa, segi ujung rocker arm yang lain akan bergerak turun dan tekan katup (valve). Saat katup ketekan oleh rocker arm, karena itu katup akan terbuka.

Saat perputaran camshaft ada di titik paling rendah dari benjolan camshaft, karena itu valve lifter akan turun kembali lagi ke tempat awal karena daya dorong dari pegas yang terpasang di katup. Ini membuat status katup kembali tutup.

Proses kerja mekanisme katup Over Head Valve ini akan terus-terusan berulang-ulang sepanjang mesin berputar-putar sesuai perputaran yang terjadi pada crankshaft, yakni dimulai dari cranksahft > sproket crankshaft > sproket camshaft > tangkai camshaft > benjolan cam > valve lifter > push rod > rocker arm > valve.

Cara kerja mekanisme katup OHV

  1. Saat kutub engkol berputar-putar, gigi sproket pada crankshaft akan memutar gigi sproket kutub nok. Mengakibatkan kutub nok turut berputar-putar sepanjang kutub engkol berputar-putar.
  2. Perputaran kutub nok akan memutas cam atau benjolan, saat benjolan itu sentuh valve lifter karena itu valve lifter akan terangkut.
  3. Push rod akan menyambungkan pergerakan valve lifter ke rocker arm.
  4. Mengakibatkan terjadi dampak ayunan, saat ujung rocker arm terangkut, karena itu ujung lainnya aka tekan katup.
  5. Saat katup ketekan rocker arm, karena itu katup akan terbuka.
  6. Saat penekanan dari rocker arm selesai, pegas katup akan kembalikan status katup ke sebelumnya.

Diatas adalah ulasan terkait pengertian dan cara kerja mekanisme katup OHV (overhead valve). Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mekanisme Katup OHV (Overhead Valve) : Pengertian Dan Cara Kerja"