Penyebab Kipas Radiator Mati : 11 Faktor & Cara Mengatasi

Penyebab Kipas Radiator Mati - Perawatan pada mesin mobil perlu dilakukan agar tidak timbul masalah seperti kipas radiator mati. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kipas radiator mati. Lalu apa saja penyebab kipas radiator mati?

Kipas radiator merupakan bagian sistem pendingin yang akan mengisap udara di depan radiator hingga udara itu dapat mengucur ke kisi-kisi radiator. Hal ini bertujuan untuk percepat proses pelepasan panas dari air coolant. Dengan demikian, temperatur air coolant dapat jadi lebih dingin saat sebelum disalurkan kembali ke mesin. Baca secara lengkap pada artikel mengenai langkah kerja radiator.

Saat kipas radiator mati, karena itu proses pendinginan yang terjadi dalam radiator akan terusik. Akibatnya water coolant yang sudah menyerap panas dari mesin tidak mampu melakukan pendinginan dengan cepat hingga temperatur air coolant keseluruhannya akan naik terus dan naik.

Bila kipas radiator mobil terusik, air dalam radiator tidak alami pendinginan hingga yang semestinya mesin memperoleh air dingin dari hasil pendinginan kipas malah memperoleh air panas dan terjadi overheating mobil. Berikut ulasan terkait penyebab kipas radiator mati pada mesin kendaraan.

penyebab kipas radiator mati

Penyebab Kipas Radiator Mati

Saat sebelum menerangkan berkenaan apa sebagai penyebab kipas radiator mobil mati, sebaiknya kita ketahui beberapa jenis dari kipas radiator mobil itu. Sekarang ini kipas radiator mobil terdiri atas dua tipe, kipas radiator mobil konservatif dan kipas radiator mobil elektrik.

Ketidaksamaan kipas radiator mobil konservatif dan elektrik berada pada bagaimana kipas itu berpijar. Kipas radiator konservatif akan berpijar saat mesin dihidupkan dan ikuti perputaran mesin mobil. Dan kipas radiator elektrik akan berpijar saat mobil mempunyai temperatur yang lumayan tinggi dan memerlukan pendinginan extra. Nach lantas apa sebagai penyebab kipas radiator mobil mati? Yok baca beberapa penyebab kipas radiator mobil mati berikut ini.

1. Fan Belt Kipas Radiator Putus

Penyebab kipas radiator mobil mati yang pertama ialah fan belt yang putus yang umum terjadi pada kipas radiator manual. Fan belt sendiri bertugas sebagai penggerak kipas radiator sehingga dapat berputar.

Saat fan belt putus, bisa ditegaskan kipas tidak berputar-putar karena tidak memperoleh tenaga untuk memutar. Pada beberapa type mobil, umumnya kipas pendingin radiator tersambung oleh alternator atau power steering yang mempunyai tujuan supaya kipas masih tetap dapat berputar-putar bila fan belt terputus. Fan belt yang putus dapat karena karet belt yang getas karena usia penggunaan sampai terserang cairan panas seperti kebocoran oli, minyak rem dan yang lain.

penyebab kipas radiator mati

2. Visco Fan Hancur/Bobol

Penyebab kipas radiator mobil mati yang ke-2 ialah rusaknya Visco Fan. Visco Fan ialah salah satu jenis kipas yang memakai oli untuk atur kecepatan kipas. Visco Fan benar-benar bergantung pada perputaran mesin.

Apabila temperatur mesin rendah karena itu Visco Fan akan alami slip hingga putaran kipas rendah. Dan bila temperatur suhu mesin tinggi, makan Visco Fan akan berputar-putar tinggi sekali. Bila Visco Fan hancur, karena itu perputaran kipasnya tidak teratur. Bisa saja saat temperatur rendah kipas berputar-putar cepat dan saat temperatur suhu mobil tinggi malah elemen ini berputar-putar rendah.

3. Kabel Connector Kipas Radiator Mobil Putus

Penyebab kipas radiator mobil mati ialah putusnya kabel connector ke arah kipas. Kabel yang terputus atau telah kedaluwarsa akan membuat arus listrik yang dipakai untuk memutar kipas jadi stop atau turun naik. Mengakibatkan, kipas tidak ingin berputar-putar yang membuat pendinginan mobil tidak prima.

Ada beberapa penyebab connector atau kabel hancur, dimulai dari socket yang hancur, kabel yang terjepit, kabel digigit oleh binatang, kabel yang telah kedaluwarsa dan hal yang lain. Oleh karenanya yakinkan untuk mengecek kelaikan kabel dan socket supaya kipas bekerja yang baik.

4. Sekring Kipas Putus

Penyebab kipas radiator mobil mati yang lain ialah karena putusnya sekring. Sekring berperan sebagai pengaman untuk menahan arus listrik berlebihan masuk ke serangkaian.  Ada pemakaian sekring pada kipas radiator mobil ini mengisyaratkan jika kipas radiator yang dipakai ialah mode elektrik.

Sekring berperan sebagai pengaman untuk menahan arus listrik yang terlalu berlebih masuk ke serangkaian. Saat arus listrik yang mengucur dalam fuse itu terlalu berlebih,karena itu fuse akan terputus.

Bila ada listrik berlebihan yang masuk, karena itu secara automatis sekring akan putus. Saat Teman dekat ketahui sekring kipas putus, sebaiknya untuk mengecek semua serangkaian kipas lebih dulu. Maksudnya untuk menghindar konslet (short to ground) yang terjadi seperti motor kipas terbakar, kabel terkupas dan yang lain.

Saat sekring putus, karena itu saluran listrik yang ke arah motor kipas radiator akan stop dan mengakibatkan kipas radiator mati dan tidak ingin berputar.

penyebab kipas radiator mati

5. Motor Kipas Pendingin Hancur

Penyebab kipas radiator mobil mati dan tidak berputar-putar setelah itu motor kipas pendingin alami kerusakan. Saat motor kipas radiator hancur, automatis kipas radiator tidak berputar-putar sesuai keperluan mesin dan pada akhirnya mesin tidak memperoleh pendinginan yang bagus.

penyebab kipas radiator mati

6. Fan Controller Unit Hancur

Selain itu penyebab kipas radiator mobil mati yang lain yaitu rusaknya pengatur kipas (Fan Controller Unit). Beberapa kendaraan memakai elemen ini sebagai unit pengontrol perputaran kipas radiator. Saat elemen ini hancur, karena itu automatis kipas radiator mati dan tidak berputar-putar.

7. Sensor Suhu Pendingin Hancur

Penyebab kipas radiator mobil hancur dan tidak berputar-putar paling akhir ialah rusaknya sensor suhu temperatur pendinginan. Sensor suhu ialah elemen yang mengirim signal ke arah ECU (Electric Kontrol Unit) untuk menghidupkan kipas pendingin atau menonaktifkan secara automatis sama sesuai temperatur air dalam radiator. Rusaknya sensor ini maka akan menyebabkan pembacaan yang eror pada ECU.

8. Coolant temperature sensor memiliki masalah

Penyebab kipas radiator mati dan tidak berputar-putar selanjutnya ialah coolant suhu sensor yang memiliki masalah atau hancur. Coolant suhu sensor ialah elemen sebagai signal untuk engine ECU mengenai temperatur yang ada di mekanisme pendingin.

Apabila sensor menunjukan kondisi mesin terlalu panas, maka akan mengirimkan sinyal ke ECU untuk mengaktifkan kipas. Hal ini bertujuan agar proses pendinginan lebih maksimal.

9. Refrigerant pressure sensor memiliki masalah

Untuk kendaraan yang tidak diperlengkapi dengan ekstra fan AC dan cuman memercayakan satu fan radiator saja, biasanya proses penataan kipas radiator di tautkan dengan refrigrant pressure sensor.

Konsep yang dipakai pada refrigerant ini sama dengan coolant suhu sensor. hanya pada referigerant ini yang diukur ialah penekanan pada freon AC . Maka, saat refrigerant pressure sensor ini memiliki masalah / hancur maka memengaruhi perputaran kipas radiator sampai menjadi satu diantara penyebab kipas radiator mati dan tidak ingin berputar

10. Relay Kipas Radiator Rusak

Check keadaan Relay Fan Radiator, sebab bisa saja relay Fan Radiator ini putus gulungan atau contact relay tidak tersambung walau relay bekerja yang dikarenakan oleh contact relay kotor berkerak yang merintangi saluran listrik ke motor fan atau plastik sekitaran contact relay menetes karena panas hingga contact relay berbeda dudukanya. Hal ini dapat menjadi penyebab kipas radiator mati

11. Karbon Brush Motor Kipas Radiator Habis

Tapi pada banyak hal yang kerap muncul karena karbon brush habis. Karenanya langkah untuk menahan supaya tidak ada kipas radiator mati perlu dilaksanakan pengecekan di 40000 km pertama seterusnya tiap 20 ribu km, untuk pengecekan keadaan karbon brush.

Selainnya karbon brush habis, juga bisa muncul karena karbon brush macet atau mungkin tidak dapat bekerja maju, karbon brush macet ini dikarenakan oleh karbon brush kelihatan rengat retak yang membuat ukuran fisiknya jadi membesar, sama seperti yang terjadi pada kipas radiator honda brio seperti kelihatan pada gambar di bawah ini. Langkah menangani kipas radiator mati pada honda brio seperti gambar di bawah ini, dapat dengan kurangi lebar dan tinggi karbon brush memakai amplas, karena secara fisik panjang ukuran karbon masih lumayan panjang.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Mati

Berikut cara mengatasi apabila kipas radiator pada mesin tiba tiba mati:

cara mengatasi kipas radiator mati

  1. Sesudah mobil stop nantikan sesaat,lihat apa ada uap air terlalu berlebih kelihatan dari bawah kap mesin,bila ya harus menanti sesaat untuk mendinginkan mesin sampai semburan uap air menyusut,selanjutnya membuka kap mesin dengan berhati-hati dan nantikan sesaat sampai mesin dingin.
  2. Membuka tutup radiator pakai lapis berbentuk lap basah yang cukup tebal dan lebar untuk buka tutup radiator,langkah buka tutup radiator saat mesin sedang panas dengan putar mengarah kiri atau bersimpangan arah jarum jam secara perlahan-lahan atau 1/2 membuka tutup radiator untuk pastikan apa masih tetap ada penekanan tinggi dari karena air radiator yang mendidih.
  3. Suara mendesis dari radiator memiliki arti uap air bertekanan tinggi dan panas masih tetap ada dalam radiator. Maka perlu diamkan tutup radiator terbuka 1/2 sekalian pegang atau tahan tutup radiator dengan lapis kain basah atau lap basah yang tebal dan lebar barusan sampai suara mendesis lenyap.
  4. Saat suara mendesis telah lenyap yang maknanya air panas yang berada di radiator tidak bertekanan kembali dan aman untuk buka tutup radiator secara penuh.
  5. Sesudah menanti dan mesin telah dingin secara perlahan-lahan tambah air pendingin secara perlahan-lahan dikit demi sedikit dan tutup kembali radiator.

Perhatian : Menambah air radiator saat mesin sedang benar-benar panas akan menghancurkan mesin, disamping itu saat mesin sedang saat panas terlalu berlebih sementara air radiator habis menguap bila saat itu dipertambah air radiator, karena itu air radiator yang kita tambah akan menyebur kembali keluar berbentuk uap air dan ini beresiko karena semburan air yang tidak kita sangka itu bisa mencederai kita.

Ini dapat dimisalkan sama sama kita menyirami logam yang paling panas sama air sedikit,karena itu saat itu air akan beralih menjadi uap air yang panas dan menyemburkan ke atas.

Karena telah dijumpai sebagai penyebab overheating atau suhu panas mesin ialah kipas radiator yang tidak berputar-putar atau mati, karena itu saat air radiator telah dipertambah mobil dapat perlahan-lahan dibawa jalan sekalian menyaksikan tanda suhu, bila suhu kembali naik berhentikan mobil untuk sesaat lama sampai mesin kembali dingin, check kembali air radiator tambah bila kurang, sampai bertemu bengkel paling dekat atau sampai rumah.

Seandainya memang kita tidak pahami benar-benar dengan mesin kendaraan yang kita membawa, lebih bagus menghubungi atau mengontak bengkel keyakinan kita untuk check kerusakan.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab kipas radiator mati dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kipas Radiator Mati : 11 Faktor & Cara Mengatasi"