Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Master Kopling Atas Rusak : 4 Ciri & Cara Penggantian

Ciri Ciri Master Kopling Atas Rusak - Terdapat berbagai kerusakan pada komponen sistem kopling terutama pada master kopling atas. Apabila timbul kerusakan akan timbul berbagai gejala atau ciri tertentu. Lalu apa saja ciri ciri master kopling atas rusak?

Master kopling atas sebagai satu elemen yang ada pada clutch sistem (mekanisme kopling ) mobil. Master kopling atas ini dikenal juga dengan panggilan master clutch. Peranan master kopling atas untuk mengganti penekanan mekanis dari pedal kopling jadi penekanan hidrolik untuk disalurkan ke arah master kopling bawah (power clutch).

Maka master clutch ini akan mengganti penekanan pedal kopling yang sudah dilakukan oleh kaki sopir jadi penekanan hidrolik yang diteruskan lewat pipa hidrolik dan dipakai untuk menggerakkan clutch cover hingga kampas kopling terlepas dari perputaran mesin.

Tentunya dalam penggunaanya membutuhkan berbagai proses perawatan yang dilakukan secara berkala. Apabila hal ini tidak dilakukan tentu akan mempercepat terjadinya kerusakan pada master kopling kendaraan. Akibatnya sistem kopling tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Pada artikel berikut ini akan diulas terkait ciri ciri master kopling atas rusak. Baca beberapa ciri master kopling atas rusak di bawah ini.

ciri ciri master kopling atas rusak

Ciri Ciri Master Kopling Atas Rusak

Pada umumnya, master kopling atas rusak akan mempunyai gejala yang langsung bisa berasa saat kita berkendara ataupun waktu kita akan mengawali menyetir mobil itu. Berikut ciri ciri master kopling atas rusak yang banyak ditemukan pada kendaraan:

1. Pedal kopling ngempos dan tidak ingin balik saat didesak

Ciri ciri master kopling atas rusak yang pertama ialah pedal kopling ngempos dan tidak ingin balik saat didesak. Anda akan rasakan tidak ada penekanan dan perlawanan yang umumnya terjadi di saat tekan pedal kopling.

Bahkan juga pada mekanisme pedal kopling di mobil tertentu, pedal kopling tak lagi naik kembali lagi ke atas dan masih tetap jeblos di bawah sesudah diinjak penuh. Biasanya, keadaan ini terjadi karena minyak kopling yang habis hingga tidak ada penekanan balik yang hendak menggerakkan pedal untuk kembali naik.

2. Sulit berpindah gigi persneling

Bersamaan dengan pedal kopling yang ngempos dan tidak ingin balik ini, hal selanjutnya yang menjadi ciri ciri master kopling atas rusak ialah saat sulit berpindah gigi persneling khususnya saat keadaan mesin hidup.

Saat master kopling atas rusak, penekanan hidrolik yang diperlukan untuk tekan clutch cover supaya kampas kopling terlepas dari perputaran mesin tidak kembali ada. Ini mengakibatkan saluran tenaga putar dari mesin ke transmisi jadi tidak terputus. Keadaan ini tentunya akan membuat kita sulit mengubah gigi persneling.

3. Seal master kopling atas rusak dan bocor

Ciri fisik yang menjadi ciri ciri master kopling atas rusak ialah saat seal master kopling ini telah bocor atau bobol. Saat seal master kopling atas bocor akan meninggalkan serapan minyak kopling di sekitar tabung master kopling. Disamping itu, jumlah minyak kopling pada tabung reservoir akan menyusut atau habis.

Untuk pastikan seal master kopling atas bocor ini tentu saja diperlukan perombakan master kopling atas. Apabila sudah di bedah, biasaya seal master kopling memiliki bentuk tidak kembali megar, tetapi kelihatan meruncing dan di bagian yang bersinggungan dengan dinding tabung master kopling akan kelihatan aus dan tergerus.

Bila keadaan kerusakan yang terjadi pada master kopling atas ini cuman hanya pada sealnya saja, karena itu kita bisa membenahi master kopling atas ini dengan menukar sealnya saja.

4. Silinder Master kopling atas rusak

Hal selanjutnya terkait ciri ciri master kopling atas rusak ialah saat dinding dalam tabung telah alami guratan,goresan, atau tergerus karena karat. Penyebab kerusakan pada silinder master kopling ini umumnya terjadi karena banyak hal seperti di bawah berikut ini:

  • Minyak kopling berlumpur karena tak pernah dikuras dan ditukar
  • Usia gunakan master kopling atas telah kelamaan hingga tergerus dan aus.

Saat dinding dalam tabung master kopling atas telah tergerus dan aus karena itu ini membuat pemisahan minyak kopling yang sudah dilakukan oleh seal master kopling jadi tidak bermanfaat walau seal pada keadaan baru.

Bila keadaan dinding dalam tabung master silinder telah rusak semacam ini, karena itu jalan keluar yang terbaik dengan menukar master kopling atas secara lengkap.

Cara Mengganti Master Kopling Mobil

Terdapat beberapa cara atau prosedur yang dapat dilakukan dalam proses penggantian master kopling mobil. Berikut ulasan terkait cara mengganti master kopling mobil:

  1. Langkah pertama yaitu membersihkan pipa pipa kopling dari adanya kotoran. Apabila minyak kopling kelihatan berbeda warna dari bening kelihatan kotor saat minyak kopling dibuang dari saluran buangan master kopling bawah.
  2. Menguras reservoir minyak kopling atau minyak rem bila minyak rem atau minyak kopling kelihatan kotor kehitaman. Ini untuk menahan kotoran yang terendap dalam reservoir minyak rem (minyak kopling) masuk ke aliran master kopling atas dan membuntu aliran itu. 
  3. Mengisi minyak kopling dari reservoir. Akibatnya minyak kopling akan masuk sedikit demi sedikit mengisi ruang pada sistem kopling. Selanjutnya masuk ke pipa aliran minyak kopling sampai ke master kopling bawah. Ini terjadi saat pedal kopling tidak diinjak. Sebagai tips untuk proses pengisian minyak kopling dapat sambil diinjak untuk mempercepat proses pengisian.
  4. Setelah proses pengisian maka cara mengganti master kopling selanjutnya yaitu membleding kopling. Tujuan dari proses ini adalah untuk buang beberapa sisa udara yang terjerat dalam aliran minyak kopling. Hingga pedal kopling berasa memiliki tenaga menggerakkan fork kopling untuk menggerakkan matahari kopling.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri master kopling atas rusak dan cara mengganti master kopling. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Master Kopling Atas Rusak : 4 Ciri & Cara Penggantian"