Cara Memperbaiki Water Pump Mobil : 7 Cara Dan Ulasannya

Cara Memperbaiki Water Pump Mobil - Water pump mobil yang mengalami kerusakan perlu dilakukan perbaikan. Terdapat beberapa cara untuk memperbaiki water pump mobil yang rusak. Lalu bagaimana cara memperbaiki water pump mobil?

Pompa air atau water pump sebagai salah satunya bagian utama pada mekanisme pendingin mobil. Elemen itu berperan sebagai media perputaran air pendingin dari mesin ke sisi radiator untuk menahan berlangsungnya overheat (tingginya suhu mesin karena pemakaian secara terus-terusan).

Dalam pompa air mobil ada baling-baling yang dibuat berbahan plastik atau logam. Baling-baling itu terpasang pada suatu shaft dan didukung oleh bearing. Untuk menahan berlangsungnya kebocoran, ada seal yang lumayan kuat. Water pump ini terletak pada bagian depan mesin dan dilakukan oleh fan belt atau timing belt.

Sama dengan elemen lain pada kendaraan beroda 4, water pump kadang dapat alami kerusakan. Bila didiamkan, kerusakan itu lama-lama bisa menghancurkan mesin. Untuk menahan hal itu, pengecekan keadaan mesin secara periodik harus selalu dilaksanakan.

Pada artikel ini akan diulas terkait berbagai cara memperbaiki water pump mobil yang mengalami kerusakan. Berikut ulasannya.

cara memperbaiki water pump mobil

Ciri Water Pump Rusak

Apabila terjadi kerusakan maka ciri water pump rusak yang umum yaitu bunyi kasar yang peluang datang dari sisi mesin. Lepaslah sisi seal yang ada pada pulley pompa air. Kemudian kerjakan pengujian pada pulley memakai tangan kosong. Jika berasa ada sisi yang tidak wajar (kocak), hal itu memperlihatkan jika ada yang keliru dengan elemen water pump.

Selainnya sisi yang kocak, tanda-tanda kerusakan lain dapat disaksikan dari ada atau tidaknya tetes air yang merembes dari mesin mobil. Bila ada, ini tidak dapat didiamkan lama-lama. Karena makin lama kebocoran terjadi, volume air pada radiator akan makin sedikit dan ujungnya akan memunculkan panas atau overheat pada mesin.

Ini sudah pasti harus selekasnya ditangani ingat kerusakan itu bisa merambat ke elemen yang lain berkaitan. Untuk menahan beberapa hal yang tidak diharapkan, selekasnya kerjakan penggantia water pump demikian Anda berasa ada sesuatu hal abnormal yang terjadi pada elemen pompa air pada mobil.

Cara Mengecek Water Pump Mobil

Bunyi kasar pada mesin mobil adalah kerusakan umum pada water pump mobil yaitu dari bearing. Lepaskan belt yang berada di puli water pump, kemudian periksalah perputaran puli water pump itu dengan tangan. Apabila berasa oblag karena itu bisa ditegaskan bunyi yang pada kasar mesin datang dari water pump.

Apabila tidak oblak maka putarlah perlahan-lahan. Rasakan perputaran puli water pump, apabila tidak lancar atau berasa terganggu saat di putar perlahan dengan tangan, karena itu water pump seharusnya selekasnya di tukar. Ini karena perputaran puli water pump yang dirasa terganggu saat di putar sebagai pemicu munculnya bunyi yang didengar dari mesin.

Selain itu kerusakan yang umum terjadi pada water pump yaitu kebocoran water coolant dari water pump. Pada umumnya terdapat tetesan coolant pada lantai bagian bawah mesin sebelah kanan. Kebocoran air radiator lewat water pump ini mengakibatkan air radiator menyusut hingga perlu untuk ditukar sama yang baru.

Cara Memperbaiki Water Pump Mobil

Cukup banyak dari pemakai mobil yang usaha untuk ketahui berkaitan tata cara memperbaiki water pump mobil yang rusak. Ada banyak bengkel yang bisa menangani persoalan itu, namun sebagai masalah janganlah sampai ongkos pembaruan water pump malah tambah mahal dibanding ongkos tukarnya.

Bila sopir merasakan ongkos pembaruan yang tambah mahal dibanding ongkos menukar water pump, makasebaiknya sopir langsung menukar water pump pada mobilnya. Pengatasan sementara yang bisa dilaksanakan dengan memberikan sedikit oli di bagian lubang yang ke arah kebagian bearing pada water pump, pelumuran itu tentu saja dilaksanakan dari sisi luar water pump. 

cara memperbaiki water pump mobil

Cara Memperbaiki Water Pump Mobil

Pengatasan ini tidak banyak menolong, karena itu seharusnya sopir selekasnya lakukan pengatasan selanjutnya. Cara memperbaiki water pump mobil diantaranya yaitu:

  1. Menguras air radiator. Yakinkan mesin mobil anda tidak panas ketika akan kuras air radiator, selanjutnya lembekkan valve draindi dasar radiator. Bila tidak ada valve, air radiator bisa dikeluarkan dengan buka selang yang berada pada bagian bawah radiator.
  2. Tahap selanjutnya ialah melepaskan fan belt
  3. Semua bagian yang menyambung ke water pump harus dilepas terlebih dahulu. komponen-kompones itu harus dilepaskan dahulu supaya tidak merintangi proses, hingga pembuatan bisa dilaksanakan lebih gampang.
  4. Bebaskan baut yang mengikat pompa air ke mesin
  5. Membersihkan permukaan bodimesin dan yakinkan permukaan atasnya rata saat sebelum terpasangwater pump yang baru
  6. Pasang gasket baru pada pompa air
  7. Isi kembali air radiator. Tidak boleh terburu-buru saat lakukan proses ini, supaya udara dalam mekanisme pendingin bisa keluar. Pengisian ini bisa dilaksanakan dengan menggunakan air radiator lama bila masih pantas dipakai. Bila air radiator yang lama telah terlihat tidak pantas kembali dipakai karena itu tidak boleh pakai kembali. Selanjutnya Isikan mekanisme pendingin dengan kombinasi 50% anti-freezedan 50% air bersih.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki Water Pump mobil memang lumayan susah. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Water Pump Mobil : 7 Cara Dan Ulasannya"