Penyebab Bunyi Gluduk Gluduk Pada Roda Depan Mobil : 9 Faktor Dan Ulasannya

Penyebab Bunyi Gluduk Gluduk Pada Roda Depan Mobil - Berkendara dengan kondisi roda depan mobil bunyi gluduk pasti cukup mengkhawatirkan. Apalagi jika bunyi yang ada cukup sering dan sudah menyebar di jalan yang cukup rata. Apa saja penyebab bunyi gluduk gluduk pada roda depan mobil?

Bunyi-bunyian tertentu rupanya jadi tanda ada persoalan pada mesin mobil. Faktor paling penting yang menyebabkan bunyi ini ada adalah mobil sering lewat jalan berlubang, ditambahkan dipacu dalam kecepatan yang cukup tinggi. Efekya beberapa elemen pada kaki-kaki mobil jadi aus, oblak dan semestinya di ganti.

Bunyi bunyian ini umumnya kedengar saat mobil lewat jalanan bergelombang. Ada bunyi yang muncul seakan ada barang yang bergoncang dari arah kaki-kaki mobil ketika jalanan yang bergelombang atau mungkin tidak rata. Berikut berkaitan penyebab bunyi gluduk gluduk pada roda depan mobil.
penyebab bunyi gluduk gluduk pada roda depan mobil

Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil

1. Keausan pada long tie rod

Long tie rod ialah elemen yang terdiri dari tie rod, ball joint, dan rak end. Ke-3 nya bersinergi supaya gerak kaki-kaki mobil terus sama sesuai gerak kemudi. Tetapi, bila long tie rod atau salah satunya komponennya aus, setel jadi benyek. Mengakibatkan, ada bunyi gluduk gluduk dan hal itu menjadi penyebab kemudi mobil berat.

Bagaimana long tie rod dapat aus? Umumnya, keadaan ini karena langkah berkendara yang tidak pas saat lewat jalan hancur. Bila lewat jalan hancur dengan kecepatan tinggi, long tie rod akan terima beban yang terberat. Beban itu dapat mengakibatkan elemen sama bertubrukan dan aus. Karena itu, seharusnya AutoFamily selalu jaga kecepatan saat lewat di jalanan hancur.

2. Karet bushing arm tipis


Fungsi dari bushing swing arm pada kendaraan yaitu untuk meredam getaran dari ban mobil dan mesin mobil. Memiliki bentuk sama botol dengan pipa besi berlapis karet didalamnya. Biasanya, sebuah mobil mempunyai 8 buah bushing arm, empat pada segi depan dan empat pada segi belakang. Rupanya, elemen ini jadi penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk gluduk.

Bunyi gluduk gluduk akan kedengar bila karet pada bushing arm sudah tipis. Dalam beberapa kasus yang kronis, bahkan juga diketemukan bushing arm telah betul-betul hancur dan skema karetnya hancur. Untuk menanganinya, tidak ada langkah selainnya menukar karet bushing arm sama yang baru.

3. Bushing stabilizer rusak

Penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk gluduk seterusnya tiba dari elemen bushing stabilizer. Elemen ini bekerja meredam getaran dari link stabilizer supaya tidak menebar ke chassis mobil. Tetapi, bushing stabilizer bisa benyek, tipis, atau bahkan juga hancur karena factor lama pemakaian.

Ini karena bushing stabilizer meredam getaran link stabilizer dengan isolator berbentuk karet. Bila karet ini aus, karena itu automatis bushing stabilizer akan benyek. Selainnya karet, bushing stabilizer benyek bisa juga karena oleh penempatan baut pengikat yang kurang kuat.

4. Shock breaker mati

Elemen shock breaker rupanya jadi penyebab kenapa kaki-kaki mobil bunyi gluduk gluduk. Untuk ketahui dengan tentu apa memang shock breaker jadi pemicunya, coba kerjakan quick cek. Trik-nya dengan rasakan ayunan shock breaker ketika melewati jalan rusak bergelombang. Jika berasa ayunan turun-naik sesudah lewat jalanan tidak rata, dapat diperjelas shock breaker mobil sudah hancur.

5. Kerusakan karet dukungan shockbreaker

Paling akhir, bunyi gluduk gluduk bisa juga karena oleh karet dukungan. Ada pas pada sisi atas elemen shock breaker dan tersambung langsung dengan body mobil. Kerjanya ialah menahan getaran yang dibuat ban mobil supaya tidak menebar ke body mobil. Jika karet ini hancur atau aus, karena itu akan dengar bunyi gluduk gluduk.

6. Karet bushing upper arm aus, pecah atau remuk

Pada beberapa mobil, ada yang menggunakan suspensi mdel double wishbone di mana suspensi ini menggunakan lower arm dan upper arm. Khusus untuk mobil dengan suspensi ini (seperti mitsubishi L300 atau Strada triton), pada segi upper arm ada yang menggunakan karet bushing.

Bila karet bushingnya remuk aus aau pecah, karenanya kerusakan ini menjadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk-gluduk. Oleh karena itu, lakukan pengujian pada segi ini.

7. Karet bushing lower arm aus, pecah atau remuk

Penyebab roda depan mobil bunyi gluduk seterusnya adalah rusaknya karet bushing lower arm. Karet bushing lower arm yang mengalami kerusakan seperti pecah, aus, sobek bisa menyebabkan roda depan mobil bunyi gluduk karena besi lower arm terbentur dengan bodi dan rangka mobil.

Pemicunya sama, usia atau pemakaian pada jalan berlubang sampai menyebabkan karet bushing lower arm jadi remuk.

8. Ball joint lower arm dan upper arm oblak

Penyebab bunyi gluduk gluduk pada roda depan mobil dapat terjadi apabila ball joint mengalami kerusakan. Penggunaan mobil pada jalan berlubang dalam jangka waktu yang lama jadi penyebab umum ball joint jadi oblak dan aus. Ball joint lower arm / upper arm sudah oblak sampai munculkan bunyi gluduk apabila roda bergoyang.

9. Bearing dan karet support shock absorber oblak / aus

Hal terakhir yang ditemui jadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk adalah rusaknya bearing dan karet support shock absorber. Untuk simpan shock absorber agar kuat dan kuat, kerap digunakan support yag bisa dipasang ke bodi kendaraan.

Support ini memiliki bearing pada segi tengahnya dan ada karet disekelilingnya. Shock absorber jadi oblak akibat kerusakan pada dudukannya sehingga muncul bunyi gluduk pada roda depan.
 
Diatas adalah ulasan terkait penyebab bunyi gluduk gluduk pada roda depan mobil. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Bunyi Gluduk Gluduk Pada Roda Depan Mobil : 9 Faktor Dan Ulasannya"