Ciri Ball Joint Rusak : 7 Ciri Dan Cara Memeriksanya

Ciri Ball Joint Rusak - Terdapat beberapa ciri dan gejala kerusakan ball joint mobil. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Lalu apa saja ciri ball joint rusak yang terjadi pada kendaraan?

Ball joint sebagai salah satunya elemen pada mekanisme setir mobil atau seringkali dikenali dengan istilah kaki-kaki mobil (sisi understeel) yang mempunyai peranan untuk mengikat di antara steering knuckle dengan arm. Disamping itu, ball joint mempunyai peranan sebagai sumbu perputaran roda di saat kendaraan dibelokkan hingga ball joint berikut yang bakal terima beban secara vertikal atau lateral kendaraan.

Untuk lebih lengkapnya terkait gejala atau ciri ball joint rusak akan diulas pada artikel berikut ini.

ciri ball joint rusak

Peranan Ball Joint

Ball Joint pada kendaraan memiliki fungsi sebagai salah satu elemen mobil yang berperan untuk menyambungkan di antara sayap (arm) dengan knuckle roda. Disamping itu Ball Joint ini mempunyai peranan sebagai sumbu roda saat membelok ke kiri dan ke kanan.

Tempatnya ada melekat pada sayap langsung tetapi ada pula yang terpasang memakai baud. Pada sebuah roda depan ada yang memakai 2 buah Ball Joint atas dan bawah,tapi ada pula yang memakai sebuah Ball Joint bawah saja.

Wujud ball joint seperti tie rod, alami keausan. Keausan ini memunculkan keluasan sebagai pemicu berlangsungnya bunyi-bunyi. Ball joint ialah sisi yang meredam roda agar tidak terlepas dari chassis.

Bila elemen ini telah hancur karena itu dapat menimbukan permasalahan seperti munculnya bunyi berdecit saat stir dibelokan, liarnya stir setir yang menyebabkan sulitnya mobil untuk dikontrol.

Apabila ball joint mengalami kerusakan di bagian upper joint dapat menyebabkan ban jadi lebih cepat aus di bagian dalamnya atau bahkan juga aus secara bergelombang, berintik atau keriting.

Ciri Ball Joint Rusak

Ball joint lama-lama akan alami kerusakan karena pemakaiannya. Adapun gejala atau ciri yang diakibatkan karena ball joint rusak diantaranya:

  1. Roda sisi depan kocak.
  2. Di saat kendaraan dibelokkan akan kedengar suara mendecit.
  3. Di saat mobil melalui jalanan yang tidak rata umumnya akan kedengar suara deru (gluduk-gluduk)
  4. Ban alami keausan yang tidak rata, khususnya di bagian dalam segi ban
  5. Ban condong alami keausan secara bergelombang.
  6. Kendaraan akan susah untuk dikontrol.
  7. Karet penutup debu atau boot pada ball joint condong cepat robek.

Cara Memeriksa Ball Joint

Setelah mengetahui berbagai ciri ball joint rusak maka perlu diketahui pula cara memeriksa ball joint. Untuk lakukan pengecekan ball joint untuk ketahui keadaan ball joint masih pantas atau mungkin tidak, karena itu bisa dilaksanakan pengecekan dengan cara berikut:

  1. Angkat sisi depan mobil dengan memakai dongkel yang ada.
  2. Sebagai pengaman kendaraan gunakanlah 2 bauh jack stand pada tempat cross anggota.
  3. Yakinkan keadaan penempatan jack stand telah aman, pada jalan menggoyahkan sisi depan kendaraa.
  4. Pegang segi roda sisi atas dan sisi bawah, selanjutnya goyangkan roda ke luar dan dalam.
  5. Bila dijumpai roda alami kekocakkan karena itu ada dua peluang yang terjadi yakni ball joint hancur atau bearing roda hancur.
  6. Bila ada two post lift, Untuk pastikan ke-2 peluang di atas, naikkan kendaraan dengan memakai two post lift. Saat sebelum kendaraan dinaikkan pasang arm post lift sesuai SOP.
  7. Masukklah ke ruangan sopir dan naikkan kendaraan dengan tinggi status 1/2 tubuh.
  8. Pijaklah pedal rem, selanjutnya teknisi yang di bagian luar kendaraan lakukan pengecekan dengan cara goyangkan roda ke luar dan dalam kembali.
  9. Jika sesudah pedal rem diinjak dan rupanya roda tak lagi berasa kocak karena itu bisa ditegaskan yang hancur ialah bearing roda, namun bila roda tetap kocak di saat pedal rem diinjak karena itu elemen yang hancur ialah ball joint nya.
  10. Bila tidak ada two postlift dapat dilaksanakan cara yang sama hanya berlainan status ketinggian kendaraan(ketinggian disamakan dengan manfaatkan jack stand yang ada).
  11. Jika ball joint sudah hancur, karena itu ball joint bisa diperbarui di bengkel specialist understeel atau ditukar sama yang baru (bergantung tingkat keausannya). Apabila ball joint rusak maka perlu ditukar dengan ball jointnya saja atau satu set dengan arm nya (bergantung dari keadaan bushing pada arm, jika bushing pada arm sudah hancur atau rengat karena itu seharusnya ball joint ditukar satu set dengan arm nya).

cara memeriksa ball joint

Perhatikan Penjelasan Berikut:

  1. Mengangkat roda depan sampai tidak sentuh tanah. Selanjutnya goyangkan roda pada status atas bawah cukup kesamping hingga tercipta seperti huruf X (saksikan gambar di bawah).
  2. Goyangkan roda pada arah no 1 dan 4 lalu 2 dan 3 pada gambar di atas, ball joint yang hancur akan berasa kocak (oblag).
  3. Goyangkan roda pada status 5 dan 6, bergantung status tie rod ada di samping depan atau belakang dari kutub roda. Bila tie rod ada di depan kutub roda (no 5 ialah depan). Saat di goyang kesamping pada arah 5 dan 6, bila ball joint hancur maka berasa oblag semakin besar di bagian belakang (no 6, saksikan gambar) dan kebalikannya.

Diatas adalah pembahasan terkait ciri ball joint rusak, fungsi ball joint dan cara memeriksa ball joint. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ball Joint Rusak : 7 Ciri Dan Cara Memeriksanya"