Cara Mengatasi Fan Belt Bunyi : 6 Cara Dan Ulasannya

Cara Mengatasi Fan Belt Bunyi - Pernahkan kalian mengalami fan belt bunyi berdecit? Hal ini tentu sangat mengganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi fan belt bunyi berdecit?

Fan belt dibuat dari material dasar karet, fan belt mempunyai periode gunakan yang sesaat ditambah fan belt terpasang pada mesin dengan status terbuka hingga benar-benar gampang terkena oleh bermacam kotoran seperti debu, pasir, air atau lumpur sekalinya.

Mengakibatkan, fan belt jadi lembek dan gampang memunculkan bunyi "cit..cit..cit" di bermacam keadaan mesin. Ada yang bunyinya ada cuman saat keadaan mesin dingin, ada yang ada saat keadaan mesin panas, ada pula yang ada cuman saat ac mobil dihidupkan.

Bunyi itu tentu saja benar-benar mengusik dan cukup mencemaskan jika anda harus tempuh perjalanan jauh. Nach pada artikel ini kali , saya akan memberinya panduan mengatasi fan belt bunyi, tetapi awalnya kita perlu tahu dahulu apa kurang lebih penyebab fan belt bunyi berdecit.

Hal yang lebih berbahaya ialah saat mobil jalan di saat keadaan jalan kebanjiran. Tidak cuma air saja yang bakal mengusik konsistensi peranan fan belt, tetapi tanah, lumpur, bahkan juga pasir.

Berbagai faktor tersebut dapat menyebabkan fan belt mobil mengalami kerusakan. Timbulnya bunyi berdecit yang keras atau umum disebutkan dengan belt dressing. Belt dressing muncul karena karet tidak dapat memutar pully dengan prima. Pemicu yang lain ialah di bagian pulley nya yang kering karena tergerus oleh cipratan atau tergenangi air dan kotoran.

Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi fan belt bunyi berdecit akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengatasi fan belt bunyi

Cara Mengatasi Fan Belt Bunyi

Terdapat beberapa cara mengatasi fan belt bunyi berdecit pada kendaraan yaitu:

1. Semprot air sabun

Cara yang pertama untuk mengatasi fan belt bunyi dan paling simpel dengan menyemprot air dengan sabun pada belt yang mengeluarkan bunyi berdecit.

Cara ini ialah cara yang kurang efisien, karena tidak sanggup tahan lama meredam keributan fan belt, namun dapat dipakai bila pada kondisi tertekan atau genting.

Cara mengatasi fan belt mobil bunyi ini dapat digunakan apabila keadaan atau kondisi yang terpaksa. Tetapi, tidak dianjurkan untuk lakukan ini selanjutnya.

2. Memakai pelumas atau oli

Selain itu, memakai cara gampang mengatasi atau memperbaiki fan belt yang bunyi yaitu dengan memoleskan oli atau pelumas mesin pada belt.

Cara memoleskanya harus juga berhati-hati dan seperlunya. Karena jika terlalu berlebih, bisa membuat belt malah jadi selip dan justru membuat bunyi keras kembali. Selain itu bisa memakai batangan lilin sebagai alternatif oli atau pelumas mesin.

3. Grease

Setelah itu cara mengatasi fan belt mobil bunyi berdecit yakni dengan memakai grease. Sistem ini mempunyai cara yang serupa dengan sistem oli atau pelumas mesin.

Yakni dengan memoleskanya seperlunya pada belt sampai belt stop mengeluarkan bunyi. Kelebihan jumlah pada belt dapat mengakibatkan belt jadi selip . Maka, tetap harus berhati-hati dalam pemberian jumlah atau pelumuran.

4. ​​​​​​​Menggunakan cairan khusus belt

Cara mengatasi fan belt mobil bunyi berdecit seterusnya yang paling kekinian dengan menyemprot cairan khusus belt berkaleng aerosol yang dapat di peroleh pada toko aksesori mobil atau hypermarket.

Cara ini ialah cara yang termudah dan tanpa perlu mengotori tangan. Cara menyemprotkankanya berbeda dengan menyemprotkan karburator.

Yang pertama, nyalakan mesin lalu diamkan mesin pada keadaan stasioner. Seterusnya semprot cairan ini pada belt yang mengeluarkan bunyi sampai bunyinya lenyap.

Tidak boleh terlalu berlebih dalam menyemprotkan atau sampai belt becek. Apabila terlalu basah malah justru membuat belt jadi selip atau bahkan juga jadikan kabin mesin jadi kotor.

Maka sistem ini perlu kehati-hatian dan fokus. Hal tersebut merupakan cara yang simpel sampai kekinian dalam mengatasi keributan dalam cara kerja fan belt.

Ketidaksamaan dari tiap-tiap sistem atau cara ialah pada ongkos dan kualitas, atau tahan lama waktunya bahan dalam membuat perlindungan fan belt hingga tak lagi mengeluarkan bunyi keras atau berdecit.

5. Menyetel ulangi kekencangan fan belt

Kadang, memulasi fan belt dengan cairan khusus belt belum pasti dapat mengatasi bunyi yang muncul di mesin. Cara yang dapat dikerjakan untuk mengatasi bunyi fan belt bunyi ini dengan lakukan geprekelan ulangi kekencangan fan belt. Geprekelan ini umum dilaksanakan pada fan belt yang keadaannya lembek dan kendur.

Status geprekalan fan elt ini benar-benar bergantung dari mode mesin yang ada, ada yang memakai satu belt untuk semuanya elemen, ada juga yang memakai satu belt untuk satu elemen. Oleh karenanya, untuk menyetel fanbelt ini seharusnya dilaksanakan di bengkel keyakinan anda untuk menghindar kekeliruan penyetelan yang dapat berpengaruh fatal di masa datang.

6. Tukar fan belt sama yang baru

Seperti kita kenali, pada beberapa type kendaraan ada yang memakai geprekel automatis pada fan beltnya. Apabila tidak bisa dilakukan penyetelan pada fanbelt itu, sedang menyemprotkannya dengan cairan khusus tidak sukses.

Cara paling akhir untuk mengatasi fan belt bunyi ini dengan menukar fan belt itu sama yang baru. Ya cara ini ialah cara paling akhir yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi bunyi itu. Lihat tipe belt dan mode yang dipakai, janganlah sampai salah pilih belt yang bakal ditukar.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengatasi fan belt bunyi beserta penyebab fan belt bunyi berdecit. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Fan Belt Bunyi : 6 Cara Dan Ulasannya"