Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil : 7 Penyebab Dan Ulasannya

Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil - Sering terjadi bunyi gluduk pada roda depan mobil yang mengganggu kenyamanan. Apa lagi bila bunyi yang ada cukup kerap dan telah menjalar di jalan yang cukup rata. Lalu apa saja penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil?

Bunyi gluduk pada roda depan mobil akan terjadi bila kita melalui jalan yang tidak rata atau bergelombang. Apabila kerusakan yang terjadi cukup kronis, maka bunyi geludukpun dapat berasa sampai kabin saat melalui jalan yang cukup rata.

Aspek terpenting yang mengakibatkan bunyi ini ada ialah mobil kerap melalui jalan berlubang, ditambah dipicu dalam kecepatan yang lumayan tinggi. Efekya banyak beberapa komponen pada kaki-kaki mobil jadi aus, oblak dan harusnya di tukar.

Nach apa sich penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil ? Berikut beberapa elemen pada kendaraan sebagai penyebab bunyi gluduk gluduk pada roda depan mobil.

Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil

1. Karet bushing stabilizer dan stabilizer joint telah aus/oblak

Penyebab pertama terjadinya bunyi gluduk pada roda depan mobil ialah rusaknya karet bushing stabilizer bar roda depan berikut dengan stabilizer joint yang telah oblak dan aus. Umumnya karet bushing yang hancur ini banyak dikarenakan oleh factor usia penggunaan.

Karet bushing yang telah lama dipakai makin lama bisa menjadi keras , aus, pecah serta terlepas dari tempatnya. Besi stabilizer bar yang bertabrakan dengan bodi dapat menyebabkan bunyi ini.

bunyi gluduk pada roda depan mobil

2. Long tie rod dan end kocak

Bunyi gluduk pada roda depan mobil dapat disebabkan oleh ball joint yang ada pada long tie rod dan tie rod end telah oblak. Kerusakan ball joint pada long tie rod dan toe rod end ini kerap dikarenakan oleh factor umur dan pemakaian kendaraan pada jalan yang hancur/ berlubang-lubang.

Hal ini akan mengakibatkan bunyi gluduk pada mobil yang dapat didengarkan sampai dalam kabin. Cara memeriksanya cukup mendongkrak mobil dan goyang kan roda mobil kekanan dan ke kiri. Long tie rod dan tie rod end telah oblak apabil ban dapat digoyangkan ke kiri dan kekanan.

bunyi gluduk pada roda depan mobil

3. Ball joint pada lower dan upper arm aus atau kocak

Ball joint pada lower upper arm yang oblak juga dapat mengakibatkan bunyi gluduk pada roda depan mobil. Lama waktunya penggunaan dan biasanya pemakaian mobil pada jalan berlubang jadi penyebab umum ball joint jadi oblak dan aus.

Untuk memeriksa upper arm dan lower arm ball joint, goyang ban ke atas dan kebawah. Bila ban berasa bergoyang maka kemungkinan pada ball joint lower arm atau upper arm telah oblak/kocak.

bunyi gluduk pada roda depan mobil

4. Karet bushing lower arm aus, pecah atau hancur

Penyebab roda depan mobil bunyi gluduk selanjutnya ialah rusaknya karet bushing lower arm. Karet bushing lower arm yang pecah, aus, sobek dapat menyebabkan bunyi gluduk pada roda depan mobil. Bunyi ini berasal dari besi lower arm terbentur dengan body dan kerangka mobil.

Pemicunya juga sama, umur atau penggunaan pada jalan berlubang hingga mengakibatkan karet bushing lower arm jadi hancur.

bunyi gluduk pada roda depan mobil

5. Karet bushing upper arm aus, pecah atau hancur

Pada beberapa mobil, ada yang memakai suspensi mdel ganda wishbone di mana suspensi ini memakai lower arm dan upper arm. Khusus untuk mobil dengan suspensi ini (seperti mitsubishi L300 atau Strada triton), pada sisi upper arm ada yang memakai karet bushing.

Jika karet bushingnya hancur aus aau pecah, karena itu kerusakan ini dapat menjadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk-gluduk. Oleh karenanya, kerjakan pengecekan pada sisi ini.

bunyi gluduk pada roda depan mobil

6. Shock absorber hancur

Shock absorber yang telah hancur, oblak dan kocak menjadi penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil. Tidak ada material sebagai penahan dampak peredaman dalam shock absorber mengakibatkan bentrokan antara besi dalam shock absorber hingga mengakibatkan bunyi.

Shock absorber yang telah kurang kuat, oblak dan kocak dapat ditadai dengan keadaan pegemudian yang kurang nyaman, mobil berasa sempoyong dan berayun saat ada di kelokan ataupun waktu melalui jalan yang hancur.

bunyi gluduk pada roda depan mobil

7. Bearing dan karet dukungan shock absorber oblak / aus

Hal paling akhir yang dijumpai menjadi penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil ialah rusaknya bearing dan karet dukungan shock absorber. Untuk menempatkan shock absorber supaya kuat dan kuat, sering dipakai dukungan yag dapat terpasang ke body kendaraan.

Dukungan ini mempunyai bearing pada sisi tengahnya dan ada karet di sekitarnya. Shock absorber oblak akibat kerusakan bearing dan karet support dapat memunculkan bunyi gluduk pada roda depan. 

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Diatas adalah ulasan terkait bunyi gluduk pada roda depan mobil. Terdapat beberapa faktor dan penyebab yang mengakibatkan timbulnya bunyi gluduk pada roda depan mobil. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil : 7 Penyebab Dan Ulasannya"