Gejala Knock Sensor Rusak : 5 Tanda Dan Cara Mengatasinya

Gejala Knock Sensor Rusak - Pada mesin EFI untuk mengatasi knocking biasanya dipasang knock sensor. Namun sensor ini juga terkadang mengalami kerusakan. Apabila knock sensor rusak maka akan timbul gejala atau ciri pada mesin. Lalu apa saja gejala knock sensor rusak?

Ledakan mesin atau detonasi mesin terjadi sepanjang proses pembakaran intern bila bensin dalam silinder terbakar dan mengganti waktu pengapian. Ledakan ini terkadang dikatakan sebagai ketukan mesin atau knocking engine.

Saat mesin kendaraan dihidupkan dan terjadi ledakan, ada sensor ketukan atau knock sensor yang bakal mengetahui getaran ini dan mengirimi signal tegangan ke modul kontrol powertrain atau ECU. Disana, modul akan mengganti waktu pengapian dan menahan berlangsungnya ketukan mesin atau detonasi.

Ini akan menolong menahan kerusakan pada mesin saat melalui proses pra-penyalaan. Bila sensor ketukan Anda rusak, bakal ada beberapa gejala riil yang ada. Untuk lebih jelasnya terkait tanda atau gejala knock sensor rusak maupun cara mengatasinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

gejala knock sensor rusak

Gejala Knock Sensor Rusak

Terdapat beberapa gejala atau tanda apabila knock sensor mengalami kerusakan yaitu:

1. Lampu Cek Engine berpijar

Salah satunya gejala pertama kali apabila knock sensor rusak yang kemungkinan Anda lihat ialah lampu cek engine berpijar di dasbor Anda. Anda harus memandang tanda peringatan awal ini dengan serius dan menginspeksi kendaraan Anda saat sebelum permasalahannya jadi lebih jelek.

Sudah pasti, ada beberapa argumen kenapa lampu "cek engine" bisa berpijar dan sensor ketukan yang jelek ialah satu diantaranya. Apa saja argumennya, Anda jangan ambil peluang untuk mengabaikannya kelamaan atau itu dapat berpengaruh jelek pada mesin Anda.

2. Suara Keras dari dalam Mesin

Saat knock sensor mulai alami kerusakan, Anda akan dengar suara keras yang dari mesin yang nyaris seperti suara dentuman. Makin lama Anda menghidupkan mesin tanpa memperbaiki permasalahan ini, makin keras beberapa suara itu akan kedengar.

Argumen suara keras ini terjadi ialah karena pengapian udara dan kombinasi bahan bakar dalam silinder. Umumnya, kombinasi akan capai titik pembakaran prima on time. Karena itu, suara semacam ini semestinya berikan motivasi Anda untuk selekasnya bawa kendaraan Anda ke teknisi.

3. Boros Bahan Bakar

Bila Anda lihat jika Anda memperoleh jarak menempuh mobil semakin sedikit per liter dibanding umumnya, karena itu sensor ketukan yang jelek bisa berperan pada hal tersebut. Satu kali lagi, ada beberapa argumen kenapa Anda kemungkinan memperoleh jarak menempuh bahan bakar yang jelek.

Tapi bila Anda menyaksikan satu dari beberapa gejala lain ini dalam hubungan dalam jarak menempuh bahan bakar yang jelek, karenanya semakin banyak argumen untuk yakin itu karena sensor ketukan yang jelek.

4. Akselerasi Jelek

Saat Anda mencapai pedal gas untuk percepat kendaraan Anda dan tidak percepat secara cepat, karena itu sensor ketukan yang jelek kemungkinan menahan akselerasi supaya tidak efisien. Anda bisa percaya akan ini bila Anda telah alami tiga gejala awalnya.

5. Perform Mesin Jelek

Gejala terakhir dari sensor ketukan rusak akan terjadi saat elemen mesin intern jadi rusak. Bila Anda biarkan permasalahan ini bertambah tanpa menukar sensor ketukan yang keliru, karena itu kendaraan Anda mulai akan makin berat dan membentak.

Bahkan bisa saja ada berbau terbakar yang dari mesin dan masuk ke kabin kendaraan Anda. Tiap pemakaian selanjutnya dari kendaraan pada keadaan ini bisa menyebabkan semua mesin remuk.

Cara Mengatasi Knock Sensor Rusak

Apabila sudah mengetahui gejala knock sensor rusak maka perlu diketahui pula cara mengatasi knock sensor rusak. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan apabila knock sensor rusak. Cara mengatasi knock sensor rusak yaitu:

1. Check ‘Check Engine Lamp'

Lampu tanda kerusakan atau cek engine lamp ialah cara yang dipakai oleh mekanisme management mesin terkomputerisasi untuk mengenali kerusakan. Anda bisa mendapatinya di panel dasbor. Jika cek engine lamp berpijar - kemungkinan kuning maupun merah - itu memiliki arti mengisyaratkan permasalahan pada mesin Andaa.

Dalam masalah ini, computer (ECU) bisa mengetahui suara yang lain dalam mesin, dan saat tidak ada signal seperti umumnya dari Knock Sensor, computer akan memperoleh info dan akan memandang kemungkinan ada permasalahan dengan knock sensor. Selanjutnya cek engine lamp akan berpijar. Sudah pasti bakal ada lusinan argumen untuk cek engine lamp berpijar, tapi selalu pantas bawa mobil Anda ke teknisi untuk memperoleh jawaban tentunya. Apa itu tanda ketidakberhasilan knock sensor Anda ataulah bukan.

2. Penggantian Sensor

Saat knock sensor tidak berperan secara benar dan computer mengetahui hal tersebut dan kendaraan akan kehilangan tenaga mesin. Kehilangan tenaga jadi rawan untuk beberapa orang yang suka berperforma sebuah mesin. Oleh karenanya, bila terjadi perform mesin yang mendadak turun, sebagusny Anda selekasnya pastikan jika mungkin pergantian knock sensor perlu selekasnya dilaksanakan.

Diatas adalah ulasan terkait gejala knock sensor rusak dan cara mengatasi kerusakan knock sensor. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Gejala Knock Sensor Rusak : 5 Tanda Dan Cara Mengatasinya"