Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi : 3 Cara Dan Ulasannya

Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi - RPM mobil injeksi harus diatur sedemikian rupa baik posisi idle menengah maupun tinggi. Terdapat beberapa cara untuk mengatur rpm atau langsam mobil injeksi. Untuk lebih jelasnya terkait cara menyetel rpm mobil injeksi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Pentingnya Penyetelan RPM Mobil Injeksi

Cara Setel Langsam Mobil Injeksi Langsam / Idle ialah keadaan yang memperlihatkan jika perputaran rpm mesin pada keadaan stasioner, yakni berputar-putar dalam kecepatan rendah yang stabil dan selalu sama. Karena ada rpm idling / langsam yang konstan, kita tak perlu tekan pedal gas terus-terusan untuk menjaga mesin supaya masih tetap berpijar dan berputar-putar sepanjang berkendaraan.

Biasanya, standard rpm mobil injeksi untuk keadaan idling ada pada range 750 rpm sampai 850 rpm. Tetapi demikian, nilai standard rpm mobil injeksi tidak selalu sama untuk setiap merk dan mode mobil. Oleh karenanya, saat sebelum menyetel rpm langsam mobil injeksi ini, kita perlu memeriksa nilai standard pada buku panduan servis kendaraan sesuai mode mobil yang kita punyai.

Disamping itu, bersamaan dengan makin terkenalnya mobil bersistem injeksi yang tehnologinya banyak memakai sensor dan terpadu dengan computer, skema penataan rpm idling nya juga alami peralihan. Bahkan juga, beberapa mekanisme injeksi yang ada salah satunya, tidak kembali memakai penataan manual sama seperti yang biasa kita dapatkan pada mobil dengan karburator.

Salah satunya misalnya ialah seting idle up AC. Pada mobil injeksi keluaran terkini, cara seting idle up AC dengan manual tidak dibutuhkan kembali, computer mesin akan mengendalikannya secara automatis hingga kita tidak mendapati baut geprekel idle up AC pada mobil injeksi saat ini.

Walau mekanismenya makin hebat, mobil dengan mesin injeksi pun tidak terlepas dari persoalan rpm. Seperti misalnya, langsam mobil injeksi tidak konstan, rpm idling turun naik saat AC hidup, rpm idling terlampau tinggi, sampai mesin mati-mati saat mobil meluncur perlahan.

Salah satunya cara genting yang dapat dilaksanakan untuk menangani persoalan barusan dengan menyetel rpm idling sedikit semakin tinggi dari umumnya. Maksudnya untuk menahan mesin mati saat ada pada status idling.
cara menyetel rpm mobil injeksi

Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi

Untuk cara menyetel rpm mobil injeksi, kita bisa melakukan di bagian Idle Speed Adjusting Screw yang ada di throttle bodi.

Elemen ini berbentuk screw yang bisa diputar ke kiri dan ke kanan. Idle speed adjusting screw sebagai baut yang berperan untuk mengendalikan bukaan lubang idle port untuk tentukan besarnya perputaran (RPM) mesin saat keadaan idle. Berikut cara menyetel rpm mobil injeksi :

1. Putar Idle Speed Adjusting screw arah ke kiri

Saat Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) diputar kerah kiri (arah mengendorkan), saluran udara yang mengucur lewat lubang Idle akan makin banyak. Ini akan mengakibatkan jumlah volume udara bertambah hingga akan meningkatkan rpm idling mesin. Cara ini dipakai untuk meningkatkan rpm mobil injeksi.

2. Putar Idle Speed Adjusting Screw arah ke kanan

Saat Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) diputar mengarah kanan, karena itu ISAS akan mengecilkan saluran udara yang mengucur pada lubang idle sehingga volume udara turun sekalian turunkan rpm idling mesin. Cara ini dipakai untuk turunkan rpm mobil injeksi

3. Mengatur rpm idling mesin seperlunya

Mengatur dan setel rpm idling mesin ke status normal lebih dulu sesuai standard rpm mobil injeksi yakni sekitaran 750 rpm - 850 rpm. Selanjutnya, coba beri beban mesin dengan menghidupkan AC dan lampu headlamp.

Bila rpm mesin turun dan mati, putar screw ISAS ke kiri seperempat perputaran kembali, lalu coba kembali. Lakukan geprekelan rpm mesin sampai mesin tidak mati saat AC dan Headlamp berpijar. Lihat nilai rpm mesin saat tanpa beban, janganlah sampai terlampau tinggi yang dapat menyebabkan boros bensin.

Catatan :

Cara menyetel rpm mobil injeksi diatas di atas ialah cara yang paling mudah dan paling cepat karena cukuplah aman untuk dilaksanakan pada keadaan genting. Tetapi demikian, tidak seluruhnya mobil sediakan tempat menyetel rpm langsam pada throttle bodinya (Idle Speed Adjusting Screw).

Bila throttle bodi pada mobil Anda tidak sediakan ISAS, cara terbaik dengan berkunjung bengkel keyakinan Anda. Karena geprekelan rpm idle ini biasanya memakai scan tool supaya terwujud Basic Idle Speed yang sama sesuai ketentuan pabrikasi mobil.

4. Membawa ke Bengkel

Ke-3  cara menyetel rpm mobil injeksi di atas kemungkinan belum pasti dapat Teman dekat terapkan. Karena, tidak seluruhnya mobil mempunyai ISAS didalamnya. Oleh karenanya, Teman dekat dapat bawa mobil injeksi ke bengkel, bila Teman dekat ingin menyetel RPM tetapi tidak mempunyai ISAS.

Cara Menjaga RPM Mobil Injeksi Masih tetap Konstan

Selainnya lakukan geprekelan, RPM mobil injeksi harus juga dijaga supaya masih tetap konstan. Triknya, dengan lakukan perawatan pada bagian-bagian penting mobil injeksi. Berikut ini, ada bagian-bagian mobil injeksi yang perlu dirawat. Beberapa bagian itu ialah:

1. Mass Air Flow

Elemen ini punyai peranan sebagai pendeteksi massa udara yang bakal masuk ke mesin mobil.. Jika tidak dirawat dengan teratur, elemen ini akan susah mengetahui massa udara yang bakal masuk. Mengakibatkan, RPM pada mobil injeksi jadi tidak konstan.

2. Idle Speed Kontrol

Elemen satu ini dapat Teman dekat dapatkan pada mobil injeksi bersistem EFI. Peranan intinya sendiri untuk mengendalikan idle RPM. Cara menjaga elemen ini cukuplah sederhana.Teman dekat perlu membersihkan dengan teratur.

Janganlah sampai elemen ini mampet oleh kotoran. Karena, jika itu terjadi, mobil injeksi akan susah terima suplai udara. Hal tersebut pasti punya pengaruh pada konsistensi RPM mobil injeksi.
cara menyetel rpm mobil injeksi

Diatas merupakan beberapa cara yang dapat dilaksanakan untuk menyetel RPM mobil injeksi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi : 3 Cara Dan Ulasannya"