Cara Cek Switch Temperatur : Gejala, Penyebab, & Cara Cek

Cara Cek Switch Temperatur - Di dalam mesin kendaraan ada switch temperatur yang membutuhkan pengujian atau perawatan secara periodik. Oleh karenanya harus dipahami bagaimana cara cek switch temperatur yang betul.

Pernah kah anda rasakan pertanda amper temperatur panas mobil tidak berperanan alias mati atau error. Tentu saja benar-benar tidak menyenangkan hati saat menggunakannya oleh karena itu diperlukan penyempurnaan kesemua komponen yang berkaitan dengan pertanda amper panas itu.

Ini bisa diawali dari switch panas,kabel,sampai pada amper panasnya itu dan ada banyak pertanda yang menyebabkan pertanda amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara tangani pertanda amper temperatur panas mobil tidak berperanan. Untuk memperjelasnya berkaitan pertanda temperatur mobil tidak bekerja dan cara cek switch temperatur akan dibahas pada artikel di bawah ini.

cara cek switch temperatur

Gejala Switch Temperatur Tidak Bekerja

Untuk cara cek switch temperatur maka diperlukan pengetahuan terkait gejala atau pertanda apabila switch temperatur rusak atau tidak bekerja diantaranya yaitu:

1. Switch temperatur rusak

Switch temperatur ini biasanya ada di toko pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head silinder bahkan sampai menempel pada tutup thermostat mobil. Secara umum bila mempunyai permasalahan pada bagian ini adalah pertanda amper temperatur panas akan mati betul-betul bahkan terkadang panas.

Disamping itu tidak bisa memberinya batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang lambat memberinya panas mesin sampai switch mati keseluruhnya. Jalan keluar persoalan ini anda cukup menggantinya sama dengan yang baru atau bila ingin merekondisinya terlebih dahulu. Bersihkan menggunakan amplas saja,bila dirasakan telah dibersihkan tetap tidak ada perubahan silahkan anda mengganti switch yang baru.

2. Kabel dari switch pemanas ke pertanda amper pemanas putus.

Biasanya bila terjadi pada kabelnya yang paling kelihatan sekali yaitu pertanda amper temperatur akan mati keseluruhnya. Bila kabel itu putus biasanya akan putus pada soket switch panasnya sampai kabel ikatan soket yang ke pertanda amper temperatur panasnya. Jalan keluar pada kabel ini cukup di susuri saja masalahnya apabila sudah berjumpa persoalan pokoknya tinggal benahi saja.

3. Pertanda panel amper temperaturnya rusak.

Pada bagian ini jarang sekali alami kerusakan yang mempunyai makna. Secara umum karena umur pakai mobil yang lama,tapi masalah ubnormal bisa saja terjadi saat kerjakan membersihkan mobil segi dalam mobil.

Uap ac yang bisa menyebabkan korosi dalam tempat speedometer dan sebagainya, sampai pada solderan timah kumparan amper temperatur kendor atau mulai renggang. Untuk menangani cukup solder kembali siapa tahu langsung dapat memperoleh diperbaharui. Bila kerusakan akut pada kumparanya harus harus ganti yang baru.

4. Arus dari kunci kontak 12 volt musnah.

Bila musnah arus dari kunci kontak ke amper pertanda temperatur bisa jadi jadi persoalan. Arus ini yang kelak akan aktifkan amper temperatur itu musnah biasanya mempunyai permasalahan pada soket kabel korosi.

Kabel putus di ujung soket amper temperaturnya,bisa juga musnah arus dari sekering. Jalan keluar benahi semua jalur kabel yang mempunyai permasalahan bisa menggunakan tespen dc atau menggunakan multi tester.

Pemicu Switch Temperatur Tidak Normal

Ada banyak pemicu switch temperatur tidak bisa bekerja dengan normal yakni:

  1. Switch baru kualitas buruk dituruti bila switch baru dipasang amper pertanda langsung naik jarum pertanda menyaratkan switch kondisi tidak baik atau konslet langsung kebodi mobil.
  2. Kabel short kebodi yaitu karena mungkin terjepit terkelupas sampai bergesek langsung dengan bodi mobil menyebabkan kabel dari pertanda amper temperatur mendapat massa bodi sampai aktifkan pertanda temperaturnya.
  3. Kabel putus dimakan tikus ini yang tidak terdakwa karena dimakan tikus kabelnya sampai kabel putus menyebabkan kabel dari switch tidak terhubung dengan pertanda amper temperatur panasnya.

Cara Cek Switch Temperatur

Ada banyak cara untuk cek switch temperatur pada mesin kendaraa. Cara cek switch temperatur yakni:

  1. Beberapa ciri-ciri switch rusak yaitu bila switch sudah dibersihkan tapi tetap pertanda amper panasnya tidak berperanan,bisa anda coba short kan terlebih dahulu kabel yang ke pertanda amper temperatur nya bila dishortkan naik karenanya persoalan terjadi pada switch panasnya.
  2. Bila kabel telah dishortkan amper tetap tidak naik persoalan terjadi pada dua tempat yaitu kabel yang ke dasbor pertanda putus dimakan tikus bisa juga soket kabel yang mempunyai permasalahan,tapi bisa terjadi pada amper temperaturnya yang rusak, walau kabel atau arus yang masuk ke pertanda amper panasnya normal.
  3. Cek kembali semua kabel switch temperatur dan yang lain dengan kerjakan cara ini insya allah masalah bisa tersudahi direkomendasikan diatasi oleh bengkel-bengkel kepercayaan anda karena ke tepatan tangani permasalahan karena itu turunkan biaya yang tidak terdakwa karena salah perbuatannya.

Di atas ialah pertanda atau gejala switch temperatur rusak dan cara cek switch temperatur. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Switch Temperatur : Gejala, Penyebab, & Cara Cek"