Cara Cek Spul Motor : 3 Cara Dan Ulasannya

Cara Cek Spul Motor - Spul motor terkadang juga mengalami kerusakan sehingga perlu dilakukan beberapa pengecekan. Cara cek spul ini bertujuan untuk mengetahui kondisi spull pada kendaraan. Lalu bagaimana cara cek spul motor?

Spul atau alternator berbentuk belitan kawat yang jelas berdekatan dengan magnet sepeda motor, berperan untuk hasilkan arus entahlah buah penerangan, pengisian, pengapian atau sebagai sensor untuk membaca status cranksaft.

Bila alami kerusakan akan merambat kekomponen lain khususnya perform motor yang umumnya starter langsung geng pada akhirnya perlu kick starter/engkol.

Ada beberapa cara cek spul motor. Hal ini dikarenakan pada spull ada tiga fungsional utama yaitu pengisian, penerangan, dan pengapian atau pulser. Untuk lebih jelasnya terkait cara cek spul motor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara cek spul motor

Ciri Ciri Spul Motor Rusak

Untuk beberapa ciri atau tanda-tanda yang terjadi bila spul motor rusak yaitu:

  1. Pada umumnya lampu akan mati, pengisian aki menyusut dan mengakibatkan aki cepat tekor.
  2. Ciri yang lain bila elemen spul ini terbakar adalah ketidakmampuannya alternator dikasih beban listrik. Bila socket kiprok ke spul di terlepas dan diukur dengan Voltmeter AC, bisa dibaca voltasenya cukup. Tetapi saat dikasih beban ke kiprok dan diukur ulangi, umumnya voltasenya turun, yang hingga tidak ada arus yang masuk di kiprok.
  3. Ciri selanjutnya jika spul rusak dapat disaksikan secara langsung fisik tetapi ini harus membedah blok mesin atau buka tempat spul ada kalau sudah terbuka akan kelihatan warna kabel spul jadi memeras serta muncul warna hitam sisa terbakar. Umumnya kelihatan plastik dari menyeramkan/rumah spul turut menetes. Jika sudah ini harus tukar baru atau gulung ulangi spulnya.

Cara Cek Spul Motor

Terdapat beberapa cara untuk cek kondisi spul motor dari adanya kerusakan yaitu:

1. Spul Pengisian

Secara umum kabel warna putih, jika spul ini rusak atau terbakar karena itu dampaknya aki akan ngedrop sampai habis 2-3 kali, bahkan juga jika tukar kiprok akan masih sama karena problemanya ada di belitan spul.

Cara memeriksanya dapat disaksikan keadaan fisik umumnya terbakar atau belitan kawat putus, untuk pengujian secara tepat tanpa bongkar-bongkar gunakan avometer.

Seting di ohm/kendala keadaan dingin temperatur mesin sekitat 20 derajat, jalinan socket merah avo dengan kabel putih spul dan socket hitam avo dengan kabel hitam maka bisa dibaca 0,2-1,0 ohm, bila lebih dari 1,0 ohm karena itu disarankan tukar/jika ingin dililit ulangi tetapi tidak disarankan karena risiko tanggung pengguna.

2. Spul Pencahayaan

Kerusakan ekstrimnya lampu depan/lampu khusus tidak berpijar atau lampu mulai redup, factornya sama dengan spul pengisian dari belitan putus atau terbakar, cara pengujiannya dengan visual atau diukur dengan avometer temperatur mesin 20 derajat keadaan dingin supaya tepat.

Pada motor jupiter mx memiliki warna kabel spul kuning disambungkan dengan socket avometer warna merah selanjutnya kabel hitam spul di sambungkan dengan socket avometer warna hitam, awalnya seting avometer di ohm/kendala, tahan tepatnya 0,2-1,0 ohm lebih dari detail disarankan pergantian.

3. Pulser

Pada umumnya motor sulit hidupnya jika mesin masih dingin tetapi jika sudah panas mudah hidupnya, cara pengujiannya tidak dapat di plototin doang/disaksikan, perlu diukur gunakan avometer. Dengan temperatur biasa 20 derajat/kondisi mesin dingin seting avo di ohm tahanan yang didapat 250-380 ohm.

Diatas adalah ulasan terkait cara cek spul motor dari adanya kerusakan sekaligus ciri ciri spul motor rusak. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Spul Motor : 3 Cara Dan Ulasannya"