Soket Kiprok Megapro : 5 Kabel Dan Ulasannya

Soket Kiprok Megapro - Kiprok sebagai salah satunya elemen yang jelas ada di sepeda motor terhitung honda megapro. Pada kiprok ini ada banyak soket yang mempunyai peran penting. Lantas apa peranan soket kiprok megapro ini?

Kita kenali sesungguhnya kiprok atau regulator berperanan sebagai pengontrol arus dan tegangan dari spul sebelum diteruskan ke Aki (aki) motor. Ini karena arus yang dibuat oleh mekanisme pengisian bergantung dari kecil besarnya perputaran mesin. Sudah pasti mengakibatkan arus pengisian tidak konstan. Karena itu dibutuhkan kiprok supaya tidak ada overcharging.

Disamping itu pemakaian kiprok benar-benar utama pada proses pengapian yang menggunakan CDI DC. Ini karena proses pengapian CDI - DC memerlukan arus dari Accu motor. Ini searah dengan tipe pengapian pada motor honda megapro primus yang menggunakan CDI - DC.

Walaupun jika tidak menggunakan Aki mesin motor bisa berpijar. Tetapi jika kondisi itu didiamkan secara terus-terusan karena karena itu bisa dengan cepat merusak proses kelistrikan yang ada di motor. Jika ini terjadi terus-terusan karena itu yang cepat alami kerusakan ialah unit CDI.

Ada banyak ketidaksamaan berkaitan pin kiprok motor megapro dengan motor yang lain. Beberapa ketidaksamaan itu salah satunya yakni:

- 1. Ada 5 kabel kiprok.

- 2. Aliran Arus yang berasal dari spul menuju kiprok hanya untuk pengisian (full wave).

- 3. Peluang warna kabelnya berbeda dengan warna kabel kiprok motor honda yang lain.

Tetapi dari bermacam ketidaksamaan itu ada banyak kecocokan juga. Agar semakin terangnya berkaitan soket kiprok megapro akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

soket kiprok megapro

Soket Kiprok Megapro

1. Warna Kabel Kuning

Pada kiprok megapro ada pin yang mempunyai warna kabel kuning. Kabel ini berperanan untuk pengisian dari spul (stator coil).

2. Warna Kabel Kuning

Disamping itu ada warna kabel kuning yang ke-2 . Kabel pada jalur ini memiliki fungsi yang sama dengan warna kabel kuning ke-1 yaitu digunakan sebagai pengisian dari spul.

3. Warna Kabel Merah

Seterusnya pada pin kiprok megapro ada kabel warna merah. Kabel ini dipakai untuk menyambungkan ke Aki 12 Volt dan ke kunci kontak.

4. Warna Kabel Hitam

Pada terminal kiprok megapro ada kabel warna hitam. Pin ini disambungkan ke beban seperti lampu, klakson starter dan sebagainya.

5. Warna Kabel Hijau

Yang paling akhir pada kiprok megapro ada kabel warna hijau. Terminal ini digunakan sebagai massa ( - ) / body motor.

Di atas sebagai pembahasan berkaitan soket kiprok megapro. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Soket Kiprok Megapro : 5 Kabel Dan Ulasannya"