Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup : 9 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup - Pengapian adalah salah satu sistem penting pada motor. Tanpa adanya pengapian maka motor susah hidup. Lalu Bagaimana jika motor mengalami hal seperti pengapian ada tapi motor susah hidup ?

Sepeda motor ialah elemen yang terpenting untuk kehidupan tiap hari. Bahkan tidak aneh bila dirumah-rumah memiliki lebih satu motor. Karena itu motor harus jadi perhatian akan kerusakan yang sering berjalan pada motor dan cara lakukan pembaruan terhitung pada mekanisme pengapian.

Pada mekanisme pengapian gabungan udara dan bahan bakar dari karburator disalurkan menuju atau di mampatkan ke silinder seterusnya dibakar oleh recikan bunga api dari busi. Agar bisa menghasilkan loncatan bunga api dari busi membutuhkan listrik bertegangan tinggi dan pembakaran bahan ini yang disebut dengan proses pengapian.

Satu motor tidak dapat berpijar atau susah hidup jika pengapian tidak berperanan atau tidak normal. Walaupun tidak selama-lamanya demikian, karena gerakan motor bukan hanya ditegaskan oleh proses pengapian saja tapi banyak proses dan komponen lainnya sama bersinggungan.

Karena itu saat motor susah hidup janganlah lekas mempersalahkan atau memvonis kerusakan pada mekanisme pengapian seperti busi, dan lain-lain. Agar semakin jelas berkenaan pengapian ada tapi motor susah hidup akan dibahas selanjutnya pada artikel di bawah ini.

pengapian ada tapi motor susah hidup

Penyebab Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Kadang sebagian orang langsung akan mengecek pada pengapian jika motornya susah hidup atau waktu motor macet. Ini karena masalah pada pengapian jadi salah satunya factor motor susah dihidupkan. Tetapi disamping itu sesungguhnya motor susah dinyalakan disebabkan karena factor lain seperti di bawah ini.

1. Bak Bahan Bakar Ada Kandungan Air

Bak bahan bakar dipakai untuk simpan bahan bakar. Pada bak bahan bakar ada lubang yang dikasih penutup yang bisa dibuka dan ditutup dengan arah untuk isi bahan bakar. Jika bak bahan bakar perlu tekanan udara luar agar bahan bakar bisa mengucur. Karena jika bak bahan bakar tidak mendapatkan tekanan di luar karena itu berjalan kevakuman sampai mengakibatkan bahan bakar tidak bisa mengucur.

Tetapi kadang lubang kecil atau rongga kecil yang ada pada penutup bak ini menjadi jalan masuk air ke bak motor anda. Biasanya ini berjalan saat anda bersihkan motor atau waktu hujan lebat. Kandungan air yang masuk di bak ini akan mengalir ke karburator sampai motor susah untuk di nyalakan. Bahkan jika kandungan air dalam bak banyak karena itu membuat bahan bakar tidak bisa mengucur karena watak air yang lebih berat dari minyak hingga tutupi aliran bahan bakar ke karburator. Hal ini dapat menyebabkan motor susah hidup meskipun pengapian ada.

2. Aliran Bahan Bakar Ada Kerak Atau Kotoran

Bak motor dibikin dari besi hingga bisa berkarat atau kerak yang dapat menyebabkan aliran bahan bakar tidak lancar. Walaupun pengapian ada tapi motor akan susah hidup apabila hal tersebut terjadi. Disamping itu kandungan bahan bakar yang buruk umumnya memunculkan ada kotoran pada aliran bahan bakar. Biasanya kerak atau karat ini akan masuk di selang bensin sampai mengakibatkan aliran bensin atau bahan bakar dari bak ke karburator terhambat. Ini pasti menjadi salah satunya factor penyebab pengapian ada tapi motor susah dihidupkan.

3. Karburator Alami Kerusakan

Jika pengapian ada tapi motor susah hidup maka salah satu penyebabnya ialah terjadi kerusakan pada karburator. Untuk cara mengatasinya cukup mudah yakni dengan bongkar-pasang segi karburator. Selanjutnya membersihkan segi luar dan segi dalam karburator yang sudah lepas. Yakinkan semua aliran bahan bakar bisa mengucur secara baik hingga bahan bakar bisa masuk di dalam ruangan bakar selanjutnya bisa terjadi pembakaran oleh mekanisme pengapian.

4. Cop Busi Hancur

Ada banyak elemen pengapian yang memberikan dukungan perform proses pengapian agar dapat memercikkan bunga api pada busi. Saat sebelum busi ada satu komponen penghubung antara kabel bertegangan tinggi dan busi yakni cop busi. Biasanya cop alami kerusakan pada bagian dalamnya ada kerak sampai tidak mampu salurkan listrik dari kabel ke busi. Disamping itu cop busi yang bocor hingga mengakibatkan loncatan bunga api pada busi ada tetapi kurang besar. Karena itu untuk ketahui penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup perlu ditegaskan kualitas pengapian apa selaras ataukah tidak. Bunga api yang bagus umumnya memiliki warna biru dan loncatan kelihatan besar.

5. Filter Udara Kotor

Udara yang masuk di karburator sebelumnya di saring oleh filter atau saringan udara. Saringan udara ini mempunyai peranan agar kotoran atau debu di luar tidak masuk di karburator. Tetapi jika motor tidak pernah di service, biasanya volume debu yang ada pada saringan udara tutupi aliran hingga udara di luar tidak bisa ke karburator. Ini menjadi diantaranya penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup.

6. Penekanan Bahan Bakar Kurang Maksimal / Fuel pump Kurang kuat (Injeksi)

Pada motor injeksi ada pompa bahan bakar sebagai salah satunya elemen bahan bakar. Fuel pump ini akan memberi penekanan bensin menuju arah injector. Dalam proses injeksi manfaatkan penekanan bensin dari injector hingga bensin dapat tersemprot yang dari injector. Karena itu penekanan bahan bakar akan dijaga supaya hasil injeksi sesuai keperluan.

Karena itu fuel pump dapat mengakibatkan pengapian ada dan motor susah dihidupkan. Ini karena ada persoalan yang dari komponen yang namanya relief valve. Komponen ini ada pada sebuah unit pompa. Peran dari komponen ini untuk jaga penekanan bahan bakar yang masih tapi mesin mati atau pemompa tidak ada bekerja. Bila reliev valve ini turun karena itu bahan bakar bertekanan akan balik ke bak saat mesin mati. Karena itu motor akan susah dihidupkan.

7. Tahanan Dari Kabel Busi Yang Naik

Kabel busi ialah diantaranya kabel yang mempunyai ukuran besar dan untuk menghubungkan koil menuju cop busi. Elemen ini ada di seputar busi motor. Kabel ini mempunyai peranan untuk salurkan tegangan listrik yang tinggi. Karena itu tahanan pada kabel busi penting diingat karena bisa memengaruhi tegangan listrik yang mengucur.

Tahanan kabel yang makin besar bisa mengakibatkan arus listrik yang mengucur ke busi menjadi kecil hingga recikan busi akan kecil atau bisa mati. Cara mengatasinya cukup hitung tahanan busi dengan menggunakan Ohm mtr.. Jika tahanan kabel busi melalui dari 25 KOHM karena itu perlu dilaksanakan pergantian. Ini menjadi salah satunya factor Penyebab pengapian ada tapi motor susah dihidupkan karena recikan api kurang kuat untuk proses pembakaran.

8. Bensin Yang Tidak Turun

Bahan bakar yang ada karburator menjadi Penyebab dari motor susah dihidupkan. Kadang motor yang tidak dipakai berhari hari bisa mengakibatkan udara terjerat pada aliran bahan bakar. Mengakibatkan saluran bahan bakar jadi terusik hingga bensin tidak turun atau masuk keruang bakar.

Karena itu walau sudah ada pengapian, tetapi motor susah untuk dihidupkan karena bensin yang tidak bisa turun. Untuk melakukan perbaikan bisa dengan melepas selang yang ke arah karburator. Pada umumya selang di klem kawat.

9. Busi Yang Bermasalah

Jika motor kalian sudah ada pengapian tapi susah untuk dihidupkan karena itu busi motor menjadi diantaranya. Pengapian yang kurang kuat dari busi jadi aspek terpentingnya. Karena itu penting diingat recikan bunga api pada busi apa sesuai standard atau mungkin tidak.

Jika busi kurang kuat bisa membersihkan dengan amplas yang halus dan gosokkan di ujung dari pengapian busi motor secara perlahan sampai bersih. Jika busi motor kalian demikian renggang, semestinya kalian mengecilkan busi motor sampai jarak pengapian jadi 0,6 sampai 0,8 mm. Tetapi jika pengapian masih kecil karena itu perlu dilaksanakan pergantian busi.

Langkah Mencegah Pengapian Ada tapi Motor Susah Hidup

Motor betul-betul bermanfaat untuk kita karena mempermudah dalam pergi. Dalam kegiatan rutin kalian harus memperhatikan berkaitan kerusakan yang sering berjalan pada motor dan cara lakukan pembaruan, sampai kalian akan aman waktu dalam perjalanan. Perawatan ini mempunyai tujuan supaya semua peranan pada mekanisme motor bisa berperan secara baik. Berikut sejumlah hal yang bisa dilaksanakan untuk Mencegah berlangsungnya pengapian ada tapi motor susah hidup.

  1. Kerjakan service dengan teratur, minimal 2-3 bulan sekali
  2. Mengganti oli motor yang baru dengan teratur, sampai perform pada mesin motor kalian akan semakin terasa powerfull, putaran pelumas agar mesin motor kalian masih baik.
  3. Memberikan perawatan motor kalian, seperti bersihkan motor saat motor kotor, cek semua komponen motor, mengatur baut-baut pada motor saat ditemui lembek, mengecek kondisi oli dan mengecek kondisi kabel pada motor bila berjalan kabel yang cukup aneh, misalnya kabel terkupas atau kabel bengkok, dengan begitu kami sarankan untuk tangani secepatnya.

Di atas sebagai pembahasan berkaitan pengapian ada tapi motor susah hidup yang terjadi karena faktor-faktor atau Penyebab. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup : 9 Penyebab Dan Cara Mengatasinya"