Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Koil Mobil Lemah : 7 Ciri Dan Ulasannya

Ciri-ciri Koil Mobil Lemah - Koil pengapian merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Jika koil lemah atau hancur maka bisa mengakibatkan mobil tidak hidup atau maacet. Lalu apa saja ciri-ciri koil mobil lemah dan bagaimana cara melakukan perbaikan?

Koil ialah elemen khusus pada proses pengapian yang berperanan untuk bikin arus listrik bertegangan tinggi 20.000 sampai 30.000 volt yang seterusnya akan diganti oleh busi jadi recikan api dalam ruang bakar. Koil terdiri jadi belitan primer dan sekunder. Belitan sekunder akan hasilkan listrik tegangan tinggi (karena berjalannya induksi) waktu arus listrik yang mengucur pada belitan primer terputus.

Listrik tegangan tinggi ini seterusnya dirubah oleh busi jadi recikan bunga api sampai dapat memantik gabungan bahan bakar dalam ruang bakar untuk meledak dan menghasilkan tenaga mesin. Tenaga ini yang selanjutnya digunakan pada mobil sebagai pendorong.

Saat kondisi koil mobil mulai lemah atau hancur karena itu recikan api di busi akan terusik hingga dapat munculkan berbagai persoalan di mesin, diawali pada brebet sampai mesin macet. Untuk lebih detilnya berkaitan ciri ciri-ciri koil mobil lemah akan dibahas lebih komplet pada artikel di bawah ini.

ciri ciri koil mobil lemah

Ciri-ciri Koil Mobil Lemah

1. Koil berasa panas

Ada banyak ciri koil mobil yang lemah salah satunya yakni koil terasa panas saat diraba memakai tangan. Panas yang terjadi di koil berlainan dengan kondisi kerja koil yang normal.

Koil yang begitu panas umumnya berawal dari banyak factor. Salah satunya pemicunya ialah usia koil yang sudah kelamaan, nilai resistansi pada gulungan kawat primer dan sekunder sudah demikian besar dan ada konsleting atau short sirkuit dalam koil itu.

Munculnya panas yang berlebihan hingga koil terasa panas waktu disentuh. Hal tersebut akan mengurangi perform dari koil itu dan dapat mengakibatkan mesin akan susah hidup saat di starter.

2. Recikan api di busi tidak normal

Disamping itu recikan api di busi yang tidak normal juga bisa jadi salah satunya ciri dari koil mobil yang lemah. Recikan api yang tampil pada kepala busi terlihat kecil, lemah dan warna kuning kemerahan walaupun busi yang digunakan masih baru. Ini bisa terjadi karena tegangan listrik yang disalurkan ke busi rendah.

Koil pada keadaan baik akan munculkan recikan api busi yang warna biru, kuat dan terlihat makin besar waktu berpijar. Kebalikannya jika koil yang keluarkan recikan api busi warna kuning kemerahan, lemah, dan recikannya kecil, jadi beberapa ciri koil mobil lemah.

3. Ada percikan api listrik di body koil

Kadang ada recikan api listrik di beberapa segi badan atau kepala koil. Recikan api listrik yang ada di body koil menyaratkan jika insulator atau bahan pembatas di body koil sudah alami kebocoran.

Untuk mengeceknya cukup mudah yakni memakai spray berisi air seterusnya semprotkan pada koil waktu mesin berpijar. Proses pembuatan ini dilaksanakan di saat kondisi gelap untuk melihat recikan api yang berjalan. Koil dengan insulator yang bagus tidak keluarkan recikan api di badan koil, sedang koil yang lemah akan terlihat recikan di sejumlah badan koil.

Arus listrik tegangan tinggi yang seharusnya hanya mengucur ke busi selanjutnya dilanjutkan ke bermacam status kebocoran berjalan. Ini akan menyebabkan api yang dibikin koil jadi kecil hingga. Ini terhitung salah satunya ciri-ciri koil mobil lemah.

4. Waktu starter untuk nyalakan mesin menjadi lebih lama

Ciri koil mobil lemah yang seterusnya adalah saat yang dibutuhkan untuk hidupkan mesin waktu starter menjadi lebih lama dan lebih panjang. Umumnya proses starter memerlukan waktu 3-5 detik, tetapi dengan permasalahan ini bisa capai 10 detik supaya mesin bisa hidup.

Ini berjalan karena gabungan udara dan bahan bakar bertekanan mempunyai karakter insulator dan tidak dapat mengantar arus listrik. Ditambahkan saat tekanan udara makin bertambah karena itu di butuhkan arus listrik yang makin besar agar recikan bunga api bisa meloncat di kepala busi.

Koil yang lemah membuat recikan api busi dalam ruangan bakar jadi kecil. Ini menyebabkan proses stater untuk hidupkan mesin yang lebih panjang dan semakin lama dibandingkan waktu kondisi koil normal.

5. Waktu koil panas mesin susah dihidupkan

Mesin susah dihidupkan waktu koil mobil panas dapat menjadi salah satu tanda koil mobil lemah. Waktu koil panas mengakibatkan tegangan tinggi tidak dapat dibuat oleh belitan sekunder dalam koil. Ini ada karena waktu panas nilai resistansi pada kumparan sekunder bertambah dan menyebabkan terhambatnya aliran arus listrik pada belitan sekunder yang mengakibatkan raibnya recikan api ke busi.

Mengakibatkan mesin jadi sulit dihidupkan waktu koil panas karena tidak ada recikan bunga api di busi yang seharusnya membakar gas dalam ruang bakar tidak ada.

6. Mesin mobil brebet dan hidupnya tidak stabil

Disamping itu mesin mobil brebet dan hidupnya tidak stabil bisa disebabkan karena koil mobil yang lemah. Ini dapt muncul karena pembakaran kurang sempurna yang berjalan pada beberapa silinder mesin saja. Sementara pada beberapa silinder lainnya proses pembakaran bisa berjalan dengan normal. Kondisi ini akan mengakibatkan mesin mobil pincang, brebet dan hidup tidak stabil.

7. Mesin mobil mati mendadak

Factor paling akhir sebagai ciri-ciri koil mobil lemah adalah mesin mobil mendadak mati. Jika kondisi kerusakan pada koil sudah demikian kronis karena itu bisa mengakibatkan mesin mobil mati secara mendadak. Koil mobil yang lemah atau hancur akan membuat proses pengapian tidak dapat bekerja seperti mestinya. Ini bisa menyebabkan mesin mobil akan mati mendadadak dan mengakibatkan mobil macet.

Di atas sebagai pembahasan berkaitan ciri-ciri koil mobil lemah. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Koil Mobil Lemah : 7 Ciri Dan Ulasannya"