Penyebab Kopling Selip: 6 Penyebab, Tanda, Dan Cara Memperbaiki

Penyebab Kopling Selip - Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada kendaraan, salah satunya yaitu kopling selip. Terdapat beberapa penyebab kopling kendaraan menjadi selip. Lalu apa saja penyebab kopling selip?

Kopling sebagai salah satunya elemen pada mobil yang masa penggunaannnya tergantung dari cara pemakaiannya. Dalam kata lain, ketahanan dan kemampuan kopling mobil betul-betul tergantung dari cara pengemudi berkendara. Jika pengemudi ketahui secara benar karakter kendaraan karena itu kopling mobil bisa bertahan lama.

Tapi kebalikannya jika pengemudi tidak mengenalnya dan menggunakan kopling dengan kasar karena itu kopling mobil akan cepat habis dan selip. Imbas kopling yang selip pasti mempengeruhi performa dari mobil tersebut. Kopling mobil selip bisa terjadi jika kopling tidak mampu mentransfer energi yang dibikin mesin untuk memutar transmisi. Biasanya, kondisi kopling mobil selip dituruti dengan munculnya gosong yang keluar dari bak transmisi sampai tercium dalam kabin mobil.

Ada bermacam penyebab munculnya kopling selip. Untuk lebih terang berkenaan penyebab kopling selip akan dibahas lebih komplet pada artikel di bawah ini.

penyebab kopling selip

Tanda Kopling Mobil Selip

1. Suara Keras Dari Bak Kopling

Kopling mobil yang selip dapat menyebabkan pengalihan gigi nampak mengeluarkan bunyi yang cukup keras. Untuk memerhatikan pertanda slip kopling, kamu dapat coba mobil dengan lewat jalanan yang naik dan sepi. Disitu kamu bisa rasakan suara yang berjalan pada mesin mobil. Bila berjalan suara yang tidak normal karena itu kopling pasti terjadi selip.

2. Kopling Tidak Responsive

Selain itu untuk ketahui kopling selip bisa dilaksanakan dengan cara menguji rem tangan. Hidupkan mesin mobil kamu lalu mencapai pedal kopling dan statuskan mobil pada keadaan gigi 4. Seterusnya lepaskan kopling mobil secara perlahan-lahan, bila mobil tidak bergerak karena itu kopling perlu ditukar.

Penyebab Kopling Mobil Selip

Terdapat beberapa penyebab kopling mobil yang selip, diantaranya yaitu:

1. Kampas kopling aus / habis

Penyebab kopling mobil selip yang pertama adalah kampas kopling mobil aus / habis. Kampas kopling berperanan untuk alirkan tenaga mesin ke transmisi. Kampas kopling dibuat berbahan asbes, gabungan resin dan serat lainnya, atau memiliki bahan keramik.

Baca Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek : 4 PembahasanBahan ini bisa alami keausan karena berjalannya gesekan waktu kopling bekerja. Keausan yang berjalan dapat menyebabkan berkurangnya tenaga yang dilanjutkan dari mesin ke transmisi. Bahkan jika kondisi keausannya benar-benar akut, jadi tidak kembali ada tenaga yang dilanjutkan dari mesin ke transmisi. Pada kondisi ini, mobil akan sulit masuk gigi dan tidak bisa digerakkan walaupun mesin bisa dihidupkan dengan mudah. Tidak ada penerusan tenaga berikut yang mengisyaratkan kopling selip.

2. Pegas kopling kurang kuat

Pegas kopling yang kurang kuat bisa mengakibatkan kopling mobil selip. Elemen ini berperanan untuk menekan plat penekan (pressure plate) supaya menekan kampas kopling agar terhubung dengan flywheel. Waktu kampas kopling tertekan dengan pressure plate berikut karenanya tenaga dari mesin ke transmisi bisa tersalurkan.

Saat pegas kopling kurang kuat karena itu tekanan pressure plate tidak kuat. Ini menyebabkan kopling mobil selip dan tenaga putar dari mesin tidak sepenuhnya diteruskan ke transmisi dengan baik.

3. Jarak bebas pedal kopling yang begitu rapat

Jarak bebas pedal kopling yang begitu rapat menjadi penyebab kopling mobil selip. Ini diperlukan untuk memberikan jarak sampai kopling tidak mudah selip saat pedal kopling tertekan. Jika jarak bebas pedal kopling begitu rapat karena itu kopling telah tertekan saat sebelum pedal didesak. Mengakibatkan pressure plate akan tertarik ke belakang dan menyebabkan capitan pada kampas kopling jadi kendor. Gesekan kampas kopling dengan flywheel dan pressure plate yang besar akan mengakibatkan kampas kopling panas dan cepat selip.

4. Kopling terkena oli

Disamping itu penyebab kopling selip ialah ada oli atau pelumas di bagian kampas kopling. Ini bisa terjadi karena kebocoran oli pada paking, seal, atau gasket dimesin atau transmisi. Disamping itu oli mesin yang bocor bisa bermula dari seal oli belakang flywheel (rear engine oil seal) atau bermula dari gasket cover atas mesin.

Kopling yang dipakai pada mobil ialah tipe kering (dry clucth). Saat kopling mobil ini terserang oli dalam jumlah banyak, akan membuat kopling mobil selip. Kopling jadi licin dan betul-betul mudah selip.

5. Plat penekan pada clutch cover aus

Penyebab kopling mobil selip yang setelah itu plat penekan (pressure plate) yang ada di clutch cover sudah aus. Keausan pada pressure plate sesungguhnya jarang ada tetapi penggunaan kopling yang telah lama sudah pasti bisa membuat pressure plate jadi aus. Pressure plate yang aus ini akan membuat daya pencet pegas kopling tidak maksimal dan mengakibatkan kampas kopling jadi kendor. Mengakibatkan kampas tidak bisa melanjutkan daya dari mesin ke transmisi atau terjadi selip.

6. Baut pengikat kopling kendor / lepas

Baut pengikat kopling kendor dapat jadi penyebab munculnya selip pada kampas kopling. Ini umumnya terjadi karena kekeliruan manusia saat proses pembaruan dilaksanakan seperti menempatkan baut kopling tidak menggunakan kunci atau peristiwa yang begitu rendah, dan menukar baut kopling dengan baut biasa.

Saat baut pengikat kopling kendor atau lepas karena itu kampas kopling tidak dipaksa dengan sempurna oleh pressure plate. Disamping itu perputaran kampas kopling jadi oleng dan muncul getaran yang bisa dirasa sampai ke pedal. Disamping itu penerusan tenaga dari mesin ke transmisi pun tidak maksimal hingga muncul selip pada kopling mobil.

Cara Mengatasi Kopling Selip

Untuk ketahui penyebab kopling selip perlu dilaksanakan pengecekan secara cermat pada elemen pada mekanisme kopling. Berikut sejumlah hal yang bisa dilaksanakan untuk mengatasi kopling selip:

1. Menganalisis kerja kopling

Untuk menganalisanya cukup mudah yakni tinggal menyopir mobil di jalur naik dan sepi. Selanjutnya lihat suara mesin mobil apa muncul suara keras atau mungkin tidak. Bila muncul suara keras dari arah bak kopling karena itu bisa diambil kesimpulan jika terjadi persoalan kopling selip. Disamping itu pedal kopling mobil perlu dicheck apa keras atau tidak.

2. Proses pembaruan

Untuk mengatasinya karena itu perlu menyetel ulang kembali pedal kopling. Aktifkan rem tangan terlebih dahulu lalu hidupkan mesin mobil, selanjutnya pijak segi pedal kopling dan setel sampai ke gigi 4. Bila sudah, lepas secara pelahan-lahan tekanan pedal gas.

Selain itu bisa menukar pelumas kopling dan kencangkan baut pada kopling, optimis peletakan baut secara normal tidak demikian kuat dan kendor.

Di atas sebagai pembahasan berkenaan penyebab kopling selip. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kopling Selip: 6 Penyebab, Tanda, Dan Cara Memperbaiki"