Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok : 7 Penyebab Dan Ulasan

Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok - Apa Anda pernah merasakan mesin mobil bunyi klotok-klotok atau kletek-kletek? Ini benar-benar sangat mengusik terlebih bila memang tidak mengenali apa penyebab sesungguhnya. Suara ini menjadi tanda bila sedang berlangsung permasalahan serius dalam satu elemen intern pada kendaraan.

Penyebab bunyi tok tok pada mesin mobil ini rupanya dari gangguan-gangguan. Bunyi ini nyaris serupa seperti ketukan pada logam hingga tampil saat kendaraan dinyalakan.

Mesin mobil bunyi klotok klotok menjadi tanda ada masalah, baik itu bertaraf kecil atau serius. Bunyinya sama dengan ketukan logam dan umumnya tampil waktu mobil distarter atau waktu pedal gas diinjak. Untuk dapat mengenali jalan keluarnya, Anda harus cari tahu pemicunya terlebih dahulu. Di bawah ini ialah beberapa penyebab mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok.

mesin mobil bunyi klotok klotok

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

1. Sela katup lebar

Pada mesin, ada satu sela katup antara tangkai katup dengan pelatuk klep (rocker arm). Perannya sebagai ruangan untuk pemuaian tangkai katup di saat mesin panas. Sama seperti yang telah AutoFamily kenali, logam akan memuai automatis waktu panas. Tangkai katup bisa memuai waktu panas sebab dibuat dari material logam.

Biasanya, setel standard untuk sela katup ini ialah optimal 0,3 mm dan harus disetel ulangi sebab pemakaian mesin bisa mengganti ukuran sela. Nah, bila Anda melepaskan geprekelan, sela katup akan melebar. Pelatuk klep akan menubruk tangkai katup dan keluarkan bunyi klotok klotok. Karena itu, seharusnya Anda tidak melepaskan geprekelan ulangi sela katup di antara tangkai katup dan pelatuk klep.

2. Keausan pada bantalan kutub engkol

Kutub engkol pada mesin mobil bekerja mengganti pergerakan turun naik piston jadi pergerakan memutar. Untuk memberikan dukungan peranan itu, kutub engkol diperlengkapi dengan 2 bantalan, yakni main bearing (di antara kutub engkol dengan blok silinder) dan concord bearing (di antara kutub engkol dengan tangkai piston).

Bila bantalan itu aus, karena itu kutub engkol akan kendur. Sesaat peranan kutub engkol ini penting untuk jaga keamanan waktu mobil Anda meluncur dengan kecepatan ini. Keausan ini kemungkinan cuma akan membuat sedikit sela. Tetapi, bila mobil meluncur dengan rpm tinggi, bunyi klotok klotok tetap kedengar terang. Jalan keluarnya tidak lain dengan menukar bantalan kutub engkol. Perlakuan ini cuman bisa dikerjakan di bengkel.

3. Oli belum naik

Penyebab mesin mobil bunyi klotok klotok bisa juga muncul dari oli. Ini gampang sekali dikenal waktu Anda sedang hidupkan mesin untuk pertamanya kali sesudah mati sepanjang hari. Waktu mesin dihidupkan, kedengar suara klotok klotok. Berarti, oli belum naik dan elemen mesin sisi atas belum terlumasi.

Sesungguhnya ini benar-benar lumrah, terlebih bila mobil tidak dihidupkan dalam waktu yang lama. Makin lama mesin dimatikan, karena itu makin lama saat yang dibutuhkan oli untuk naik. Bila oli telah bersirkulasi, bunyi itu tidak kedengar kembali sebab mesin sudah terlumasi.

Tetapi, bila suara klotok klotok kedengar lama, kemungkinan ada permasalahan pada oli. Peluang ada masalah pada perputaran oli, entahlah itu kebocoran selang atau pompa oli hancur. Bila ini berlangsung, karena itu jalan keluarnya ialah bawa mobil ke bengkel untuk peninjauan selanjutnya.

4. Berlangsung engine knocking

Penyebab mesin mobil bunyi klotok klotok yang paling akhir ialah engine knocking. Engine knocking atau detonasi ialah proses pembakaran mesin yang tidak sesuai waktunya. Keadaan ini biasanya disebabkan karena pemakaian bensin yang tidak pas, umumnya nilai oktannya lebih rendah dari yang direferensikan.

Bunyi klotok klotok yang karena engine knocking tampil waktu rpm mobil rendah. Bunyinya berawal dari tempat blok silinder. Untuk menanganinya, harus Anda harus lakukan tune up. Sedang cara penangkalannya dengan memakai bensin yang nilai oktannya sesuai referensi.

5. Autoklep lemah

Pemakaian auto klep memang sekarang banyak diterapkan pada kendaraan khususnya di mobil keluaran terkini sekarang ini. Penggunaan tipe ini membuat Anda tak perlu kembali lakukan geprekelan secara periodik karena penataan celahnya telah dikerjakan automatis. Sayang masihlah ada kasus memperlihatkan jika auto klep akan keluarkan bunyi kletek kletek.

Ini biasanya berlangsung karena pegas atau spring yang ada didalamnya telah kurang kuat karena kelamaan dipakai dan tidak juga ditukar. Daya tahannya pasti menyusut dan kerapatan renggang.

6. Flange FLywheel lemah

Untuk pemilik mobil matic sekarang ini tentu kerap alami mesin mobil yang keluarkan bunyi kletek-kletek saat dinyalakan. Ini bisa disebabkan karena elemen Flange Flywheel sudah alami kerusakan. Komponen ini adalah sisi dari Torque Converter waktu terpasang.

Rusaknya elemen Flange Flywheel ini biasanya nampak di bagian pelat yang dimiliki baik pecah atau yang lain seperti berubah dan bergerak hingga sentuh body mesin. Ini pasti memunculkan suara kletek-kletek di saat kendaraan dinyalakan bahkan juga berlangsung dalam waktu yang lama.

7. Silinder kemasukan benda padat

Penyebab yang lain bisa berlangsung ialah ada benda keras tidak menyengaja masuk di dalam silinder. Ini memang jarang-jarang sekali berlangsung tetapi beberapa kasus juga memperlihatkan bila penyebab dari mobil mereka mengeluarkan bunyi kletek-kletek ialah karena permasalahan ini.

Ada beberapa tipe benda keras yang bisa masuk di dalam silinder ini dimulai dari pecahan keramik dari kepala busi dan pada akhirnya tidak menyengaja terhempas ke elemen yang lain. Kasus ini membuat proses pembakaran pada akhirnya berlangsung kurang prima dan mengakibatkan suara kletek kletek.

Diatas merupakan ulasan mengenai beberapa komponen kendaraan yang perlu dilakukan pengecekan saat alami mesin mobil bunyi klotok-klotok. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok : 7 Penyebab Dan Ulasan"