Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Steering Wheel Dan 3 Macamnya

Fungsi Steering Wheel - Salah satu komponen mekanisme kemudi adalah steering wheel. Elemen ini tentu mempunyai fungsi atau peran yang penting. Lantas apa fungsi steering wheel?

Dalam pemakaianya, steering wheel atau yang dikenali dengan roda kemudi mempunyai beberapa macam. Ini disamakan dengan keperluan kendaraan. Disamping itu tiap macam roda kemudi mempunyai keunggulan dan kekurangan semasing.

Tanpa roda kemudi maka susah mengatur kendaraan lewat ruangan kemudi. Untuk lebih detilnya berkaitan fungsi steering wheel, dan berbagai macam jenisnya akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi steering wheel

Fungsi Steering Wheel

Fungsi steering wheel adalah sebagai roda kemudi yang digunakan untuk menolong sopir dalam mengganti arah kecepatan kendaraan. Roda kemudi adalah komponen langsung berkaitan dengan pengemudi.

Jika sopir ingi membelokkan kendaraan karena itu steering wheel akan diputar ke kanan. Dalam kata lain, fungsi roda kemudi untuk style putar dari sopir selanjutnya meneruskannya ke batang kemudi s/d roda. Mengakibatkan pojok belok roda akan berbeda dan kendaraan bisa berbeda arah seperti keinginan sopir.

Macam Steering Wheel

Ada bermacam macam jenis steering wheel yang sering dipakai pada kendaran. Tiap jenis memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri sendiri. Untuk mengenali bermacam macam steering wheel sebagai berikut ini:

a. Roda kemudi besar

Diantaranya macam steering wheel adalah roda kemudi besar. Bentuk roda kemudi ini makin besar dari standarnya, tujuannya untuk mendapatkan kejadian yang makin besar sampai sopiran menjadi lebih mudah dan stabil. Tapi, roda kemudi jenis ini memiliki rugi yakni sama ukuran yang makin besar karena itu konsumsi banyak tempat.

Disamping itu , perlu gerakan yang lebih buat gerakkan roda kemudi ini. Maksudnya, semakin besar roda kemudi karenanya semakin panjang (kelilingnya), dan memutarnya akan lama-lama. Roda kemudi besar ini dapat anda peroleh di kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk.

b. Roda kemudi kecil

Macam steering wheel yang seterusnya adalah roda kemudi kecil. Roda kemudi jenis ini memiliki keuntungan tidak konsumsi banyak tempat. Tetapi kerugiannya kemudi menjadi lebih berat, karena roda kemudi ini menghasilkan kejadian yang kecil. Sampai untuk membelokkan kendaraan dibutuhkan kejadian yang besar.

Tapi, untuk sekarang ini hal itu tidak jadi masalah kembali, karena sekarang ini sudah ada Power Steering yang akan mempermudah sopiran. Anda bisa merasakan roda kemudi ini pada mobil mobil penumpang.

c. Roda kemudi ellips

Macam steering wheel yang paling akhir adalah roda kemudi ellips. jenis ini ialah gabungan dari ke-2 model di atas. Umumnya model jenis ini lebih memberi keuntungan dari jenis lainnya.

Di atas adalah pembahasan terkait steering wheel dimulai dari fungsi steering wheel dan macam steering wheel. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Steering Wheel Dan 3 Macamnya"