Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Rem Cakram Sepeda Motor : 10 Jenis Dan Pembahasan

Komponen Rem Cakram Sepeda Motor - Pada rem cakram terdapat beberapa komponen yang memiliki peranan penting. Setiap komponen rem cakram pada sepeda motor ini digunakan untuk membantu agar rem cakram dapat bekerja untuk menghentikan sepeda motor. Lalu apa saja komponen rem cakram sepeda motor? 

Rem cakram adalah sisi yang penting dari metode pengereman sepeda motor. Manfaatnya untuk memperlambat kecepatan atau untuk menghentikan pergerakan motor secara perlahan-lahan. Metode pengereman termasuk benar-benar kompleks. Ada banyak komponen yang menolong performa rem cakram supaya bisa hentikan kecepatan kendaraan secara optimal.

Kita harus mengenali seluruh komponen rem cakram supaya dapat melakukan proses perbaikan. Selain itu langkah perbaikan rem cakram termasuk benar-benar gampang, seandainya kita mengenali tiap peranan komponen rem cakram. Untuk lebih jelasnya mengenai komponen rem cakram sepeda motor akan dibahas pada artikel berikut ini.

Komponen Rem Cakram Sepeda Motor
komponen rem cakram sepeda motor

1. Disc Brake atau Piringan

Disc Brake atau umum di sebutkan dengan piringan cakram jadi salah satunya komponen rem cakram yang demikian penting keberadannya. Komponen ini mempunyai peranan sebagai medium untuk penekanan oleh kampas rem yang nanti akan memunculkan dampak pengereman. Komponen ini umumnya dibuat dari material baja yang biasanya sanggup meredam panas. 

Piringan rem (Disc) sesuai namanya, mempunyai wujud yang bundar seperti satu piringan. Piringan rem terkait dengan roda, berarti waktu roda berputar-putar piringan ikut juga berputar-putar. Disc ini jadi komponen berputar-putar yang akan bersinggungan dengan kampas rem. Sama design, piringan rem dipisah jadi dua macam yakni ;

  • Compact Disc merupakan jenis disc brake yang ini biasanya akan kita temui pada kendaraan roda empat atau mobil. Serta umumnya macam piringan ini dibuat dari material baja yang mempunyai ketahanan pada panas serta gesekan lebih bagus. Untuk memiliki bentuk sendiri macam ini sedikit mempunyai lubang sebab bertrujuan untuk bikin daya cengkeram yang lebih kuat.
  • Ventilated Disc merupakan jenis disc brake yang digunakan untuk kendaraan roda dua atau motor, umumnya memakai macam ini. Yang di mana sama dibuat dari material baja tetapi biasanya mempunyai ukuran yang lebih tipis serta mempunyai beberapa lubang yang di peranankan untuk bikin piringan bisa lebih cepat dingin dari panas yang di menghasilkan sebab gesekan di antara piringan serta kampas rem.

2. Kampas Rem atau Brake Pad

Komponen rem cakram sendiri ada bagian-bagian yang cukup penting. Kecuali piringan ada pula kampas rem yang di mana peranan dari kampas rem. Kampas rem (Brake Pad) adalah satu komponen yang berperan selaku medium gesek. Sama seperti yang disentil awalnya, metode pengereman bekerja dengan menggesekan dua material. Dua material itu ialah piringan serta kampas rem. Brake Pad dibuat dari bermacam bahan organik, keramik, serta metal.

3. Brake Caliper

Peranan dari brake caliper hampir sama dengan master silinder yang ada di bagian dari rem tromol. Salah satu komponen rem cakram ini akan mengganti desakan hidrolik yang didapatkan dari piston jadi energi gerak berbentuk desakan. Serta biasanya brake caliper terdiri jadi dua macam yakni :

  • Fixed caliper, mempunyai dua buah piston yang akan bergerak bersimpangan waktu memperoleh desakan hidraulik. Pergerakan itu akan menjepit kampas rem antara piston.
  • Floating caliper ialah kaliper yang dapat bergerak kekiri serta kekanan. Hal tersebut karena kaliper ini cuman mempunyai sebuah piston disalah satu segi, hingga waktu piston bergerak automatis kaliper akan berubah sesuaikan.

    4. Piston

    Salah satu komponen rem cakram yaitu Piston yang memiliki wujud tabung. Pada umumnya status piston langsung akan bersinggungan dengan kampas rem sebab saat adnya satu desakan piston akan mendesak kampas secara rata. Piston pada rem cakram sepeda motor diameter yang tidak terlalu besar. Hal ini dapat dilihat dari segi konstruksi walaupun memiliki peran yang sama.

    5. Piston Seal

    Piston seal adalah komponen memiliki bahan karet yang mempunyai kekuatan sealing. Namun berlainan dari karet biasanya, Piston seal ini mempunyai kekuatan sealing untuk menahan ada kebocoran pada minyak rem yang ada pada brake caliper.

    6. Niple Bleed

    Komponen rem cakram yang jangan ketinggalan setelah itu adalah niple bleed. Fungsi niple bleed yaitu untuk bikin kandung udara yang tidak senagja terikut pada metode hidrolik.

    Udara yang ada di dalam metode hidraulik rem akan menyebabkan tenaga pengereman tidak optimal. Faktaya, udara bisa dikompresi. Dengan begitu ketika pedal didesak, karena itu desakan itu akan terkompresi oleh udara di dalam metode hidraulik. Mengakibatkan rem dapat blong.

    7. Selang hidrolik

    Komponen rem cakram pada sepeda motor ialah selang hidroaulik. Selang ini sedikit berlainan dari selang biasanya, termasuk selang aliran bahan bakar. Pada metode hidrolik sendiri mempunyai daya pencet yang demikian besar. Oleh karena itu selang harus mampu menahan tekanan yang besar berasal dari sistem hidrolik. Oleh karena itu biasanya selang hidrolik sendiri dibuat dari material baja.

    8. Caliper Bracket

    Caliper bracket memiliki peranan selaku pemegang kaliper rem. Oleh karena itu kaliper rem itu tetap ada pada tempatnya serta tidak bergerak sedikitpun. Biasanya, komponen rem cakram yang ini akan di sambungkan ke bagian garpu depan. Pada motor, umumnya komponen ini dipakai untuk piringan yang berdiameter semakin besar.

    10. Disc Brake Oil Reservoir

    Reservoir adalah sebuah tabung yang dipakai untuk simpan atau memuat cairan fluida atau minyak rem cadangan. Serta umumnya komponen ini terus bersatu dengan master silinder.

    Diatas adalah pembahasan mengenai beberapa komponen rem cakram sepeda motor yang penting buat anda kenali. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

    Posting Komentar untuk "Komponen Rem Cakram Sepeda Motor : 10 Jenis Dan Pembahasan"