Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Power Audio Mobil : 2 Channel dan 4 Channel Disertai Gambar

Cara Pasang Power Audio Mobil - Sistem audio video pada mobil sangat diperlukan untuk menghilangkan rasa bosan ketika berkendara. Namun untuk menghasilkan musik yang mampu memanjakan diperlukan tambahan atau pemasangan power pada sistem audio mobil. Lalu bagaimana cara pasang power audio mobil?

Selain pemilihn power audio yang baik, tentu saja cara penempatan metode audio yang ada di mobil harus juga pas serta sama hingga audio yang kita dengan dapat lebih nikmat ditelinga. Penempatan atau instalasi power audio pada mobil sendiri dapat disebut lumayan gampang serta bisa dilakukan sendiri di rumah seandainya sesuai panduan yang ada di power audio yang kalian membeli.

Namun dalam perakitan sendiri di rumah, kalian harus betul-betul mengenali beberapa detail dan macam dari tiap-tiap audio itu. Hal ini disebabkan terdapat beberapa macam power audio seperti 2 channel dan 4 channel. Untuk lebih jelasnya mengenai cara pasang power audio mobil baik 2 channel maupun 4 channel akan dibahas pada artikel berikut ini.


Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangan Power Audio Mobil

1. Jenis dari power audio mobil yang digunakan

Pada power audio mobil yang biasanya digunakan ada dua jenis yaitu power audio 2 channel dan power audio 4 channel. Keduanya memiliki cara pemasangan yang berbeda. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu jenis power audio yang digunakan baru proses pemasangan dapat dilakukan.

2. Spesifikasi power audio yang digunakan.

Dalam proses pemasangan power audio yang perlu diperhatikan  ialah detail dari power audio yang kalian punyai. Misalkan ada satu power audio mempunyai detail output 2 x 50w @ 4 ohm serta bridget model 1x200w @ 2 ohm. Karena itu dapat diartika jika power itu memiliki daya output 2 x 50 watt stereo serta memiliki impedansi speaker yang sama yaitu 4 ohm.

 3. Komponen Tambahan, seperti bridge, dan lain sebagainya.

Apabila ditambahkan beberapa komponen lain seperti bridge model, maka power amplifier itu bisa menjadi power dengan output mono atau tunggal dengan bridge output 200 watt serta akan bekerja engan baik pada impedansi speaker 2 ohm. Cara membaca detail tiap power audio sendiri hampir serupa jadi jika kalian mendapati spesifkasi lain.

Cara Pasang Power Audio Mobil

Dikarenakan terdapat dua jenis power audio maka cara pasangnya juga berbeda-beda. Berikut merupakan cara pasang power audio mobil.

1. Cara Pasang Power Audio 4 Channel

Pada dasarnya kedua jenis power audio memiliki rangkaian yang hampir sama. Cara pasang power audio mobil 4 channel memiliki output yang dikeluarkan ada 4 buah yang dapat di sambungkan pada dua speaker untuk sisi kanan serta kiri, dan 2 subwoofer yang semasing mempunyai impedansi 2 ohm. 

cara pasang power audio mobil 4 channel

Cara di atas termasuk rangkaian standar yang biasa digunakan pada sistem audio di mobil. Pada rangkaian ini membutuhkan 2 channel untuk speaker split yang ditambah lagi 1 biji subwoofer untuk tingkatkan suara bassnya. Power audio yang digunakan 4 channel, yakni dengan pembagian : 2 channel di bridge untuk tingkatkan daya agar suara subwoofer agar semakin besar. Sementara 2 channel yang lain kita gunakan untuk speaker split right serta left kanal stereo.

Jika anda memakai pola di atas selaku cara pasang audio mobil 4 kanal pada mobil kecintaan kalian Perlu dipehatikan jika komposisi subwoofer yang dipakai ialah 2 ohm, tetapi tentu saja kalian bisa juga menggantinya jadi 1 ohm atau bahkan juga 4 ohm sesuai kekuatan power amplifier yang kalian pakai, sebab tiap power amplifier mempunyai detail yang lain.

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 1 Head unit
  • 2 biji speaker midbass
  • 1 unit power 4 channel
  • 1 unit subwoofer
  • 2 set RCA
  • 1 kabel REM warna biru

2. Cara Pasang Power Audio 2 Channel

Cara pasang power audio 2 channel biasanya digunakan bagi pemilik mobil yang cukup senang dengan suara langsung dari head unit yang bisanya telah terpadu secara standar dengan 4 speaker bawaan mobil umumnya yang ada dipintu mobil depan serta belakang. Selain itu digunakan juga pada rangkaian sistem audio yang memakai amplifier untuk menggerakkan speaker split. 

cara pasang power audio mobil 2 channel

Apabila rangkaian audio mobil anda seperti diatas namun ingin menambahkan suara bass supaya lebih keras maka cukup menambah 1 power audio mobil 2 channel yang memberikan dukungan untuk bridge. Jadi 2 output power barusan cukup di bridge mono untuk menggerakkan satu speaker subwoofer.  

Pada pemasangan power audio 2 channel menggunakan komposisi speaker 2 ohm. Pada rangkaian power audionya dapat  dikonfigurasikan dengan 1 speaker atau menggabung 2 speaker asalkan impedansinya mampu disokong oleh power Anda. Misalkan selaku contoh power Anda mempunyai detail bridge model 1x400watt/2Ω, karena itu Anda dapat memakai 2 biji speaker subwoofer yang semasing 200watt dengan di komposisi 2Ω.

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 1 head unit
  • 1 unit power 2 channel
  • 1 unit subwoofer
  • 1 set RCA
  • 1 kabel REM warna biru

Diatas merupakan pembahasan mengenai cara pasang power audio mobil baik cara pasang audio mobil 2 channel maupun cara pasang power audio 4 channel. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Power Audio Mobil : 2 Channel dan 4 Channel Disertai Gambar"