Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil : 5 Kerusakan Dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Dinamo Mobil - Terkadang dinamo motor starter mengalami kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu diperlukan cara untuk memperbaiki dinamo starter mobil agar dapat bekerja normal kembali. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo starter mobil?

Dinamo starter mobil merupakan bagian yang sangat penting untuk memudahkan pengemudi sewaktu hidupkan/menyalakan mesin. Apabila tidak ada komponen mesin ini maka proses menghidupkan mesin menjadi sulit. Proses penggunaan dinamo starter dalam jangka watu yang lama akan menyebabkan pengurangan performa pada motor starter. Bahkan dinamo starter dapat betul-betul mati keseluruhan serta tidak bisa berperan secara baik.

Tidaklah aneh jika kita pemilik mobil harus memerhatikan dan menjaga keadaan dinamo starter supaya dapat berfungsi normal setiap saat. Untuk lebih jelasnya terkait kerusakan dinamo starter mobil serta cara memperbaiki dinamo starter mobil akan dibahas pada artikel berikut ini.

Kerusakan Dinamo Starter Mobil
cara memperbaiki dinamo mobil

Nah untuk cara memperbaiki dinamo starter mobil yang hancur juga jangan asal-asalan atau diperlukan ilmu yang benar agar dinamo starter mobil dapat bekerja dengan baik. Selain itu kerusakan pada dinamo starter bermacam macam serta penyebab yang berbeda-beda. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memperbaiki dinamo starter mobil.

Adannya permasalahan yang kerap berlangsung pada dinamo starter mobil ini, sudah pasti cara memperbaiki dinamo starter mobil yang hancur akan berbeda cara penangangannya. Untuk itu maka perlu mengenai berbagai kemungkinan permasalahan yang kerap berlangsung pada dinamo starter mobil di bawah ini.

  1. Dinamo starter mati serta mesin tidak berputar.
  2. Perputaran mesin kurang kuat waktu dilakukan starter mobil.
  3. Dinamo starter terus berputar-putar lagi.
  4. Dinamo starter berputar-putar tapi mesin hidup/menyala.
  5. Dinamo starter tidak ingin tersambung dengan mesin mobil.

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

1. Dinamo Starter Mati dan Mesin Tidak Berputar-putar

Tanda-tanda pertama yang biasa jadi permasalahan pada dinamo starter ialah dinamo starter mati serta mesin tidak berputar-putar. Keadaan ini biasanya berlangsung waktu kita memutar kunci contact ke status atau posisi start tetapi tidak ada reaksi pada dinamo starter serta mesin mobil. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu

  • Aki mobil mulai rusak atau bahkan juga mati.
  • Sekring penyambung di antara dinamo serta kunci contact putus.
  • Ikatan kabel dinamo starter kotor, terlepas atau putus.
  • Juga bisa karena kunci contact yang memiliki masalah.
  • Magnetic switch, netral switch atau switch kopling serta starter relay memiliki masalah.
  • Bahkan juga bisa dikarenakan oleh permasalahan pada immobilizer atau metode keamanan mobil tersebut.

2. Perputaran Mesin Begitu Kurang kuat Waktu Starter

Penyebab perputaran mesin kurang kuat waktu kunci contact di putar ke posisi start biasanya diikuti dengan perputaran mesin yang kurang kuat dibarengi dengan menurunnya tingkat kecerahan beberapa lampu tanda di panel dasbor waktu start mesin dinyalakan. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  • Aki mobil telah kurang kuat atau bahkan juga telah rusak.
  • Ikatan kabel dinamo starter kotor, terlepas atau kendor.
  • Dinamo starter memiliki masalah.
  • Permasalahan mekanikal pada mesin atau dinamo starter mobil.

3. Dinamo Starter Berputar Secara Terus Menerus

Kerusakan yang sering dirasakan beberapa pemilik mobil ialah dinamo starter mobil yang tetap berputar-putar walau kunci contact telah kita kembalikan pada status ON. Hal ini pasti membuat suara bising yang cukup mengganggu serta akan menyebabkan berbagai kerusakan lainnya. Kerusakan dinamo starter mobil tersebut disebabkan oleh:

  • Pinion gear atau ring gear alami kerusakan.
  • Plunger dalam magnetic swtich yang hancur atau memiliki masalah.
  • Permasalahan berlangsung di bagian kunci contact atau kontrol circuit.
  • Terminal kunci contact untuk starter lekat yang menyebabkan lagi melekat.

4. Dinamo Starter Berputar-putar Tapi Mesin Tidak Hidup

Kerusakan yang kerap berlangsung pada dinamo starter mobil, biasanya ialah dinamo starter dapat berputar-putar, tapi mesin tidak dapat hidup. Keadaan ini biasanya diikuti dengan suara mendengung yang paling kuat dari motor starter karena gear tidak sama-sama terkait. Ini memanglah bukan permasalahan baru serta umumnya kerusakan ini dikarenakan oleh :

  • Kerusakan pada bagian over running clutch di dalam dinamo starter mobil.
  • Kerusakan pada pinion gera serta ring gear.

5. Dinamo Tidak Tersambung atau Lepas

Kerusakan terkait dinamo starter ialah tidak ingin tersambung serta terlepasnya dinamo starter secara baik dengan sisi mesin (fly Wheel). Biasnaya ini kerap di tandai dengan timbulnya suara cetek-cektek waktu distarter. Pada umumnya kerusakan ini disebabkan oleh: 

  • Kerusakan di bagian magnetic switch dalam dinamo starter mobil.
  • Terminal kunci contact yang tersambung ke starter lekat sebab kotoran hingga membuat lagi melekat.

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil

Apabila melihat dari berbagai penyebab kerusakan dinamo starter mobil di atas, maka perlu diketahui pula cara memperbaiki dinamo starter mobil. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil sebagai berikut.

1. Check Klem Aki Mobil

Hal pertama yang dapat kalian kerjakan untuk memperbaiki dinamo starter mobil ialah mengecek klem aki mobil untuk pastikan tidak kendor serta atau terlepas. Serta di bawah ini beberapa cara memperbaiki dinamo starter mobil dari klem aki.

  • Melalukan kontrol di bagian klem aki yang ada di terminal positif (+) serta negatif (-).
  • Mengecek serangkaian kelistrikan pada dinamo starter, yakinkan tidak ada kabel yang kendor, putus, kotor atau lepas.
  • Bila seluruh keadaan telah kalian check tetapi tidak berbuah hasil bisa sebab aki mobil rusak serta kalian harus memperbaiki aki mobil itu atau mengubahnya dengan aki baru.

2. Check Keadaan Kabel Aki Mobil

Cara memperbaiki dinamo starter mobil yang seterusnya yakni melakukan kontrol di bagian kabel aki mobil. Untuk kiat-kiatnya silakan kerjakan banyak hal di bawah ini.

  • Mengontrol pada kabel yaitu dengan check tegangan aki mobil dengan memakai alat ukur multitester untuk mengenali keadaan tegangan listrik aki.
  • Disamping itu yakinkan kalian lakukan kontrol di bagian kabel aki mobil, yakinkan seluruh kabel tersambung secara baik.
  • Bila seluruh hal itu telah kalian check serta merasakan hasil yang bagus, bisa dinamo starter benar-benar mati serta harus ditukar dengan dinamo yang baru.

3. Check Socket Automatis

Cara memperbaiki dinamo starter mobil ialah dengan  melakukan kontrol pada socket automatis yang ada di bagian dinamo starter dengan cara lakukan pengujian di sejumlah sisi seperti di bawah ini.

  • Check socket automatis yang ada di bagian dinamo starter yang umumnya akan ada kabel kecil yang tersambung dengan sisi dinamo.
  • Check kembali lagi keadaan kabel automatis itu. Yakinkan masih pada keadaan baik, bila tidak selekasnya tukar yang baru.
  • Check juga sisi sikring dan sisi relay jika kedengar bunyi klek-klek di saat kalian memutar kunci contact ke sisi Start.

4. Kerjakan Jumper Aki Mobil

Melakukan jumper aki mobil. Pada intinya dinamo starter mobil akan berputar-putar saat ada arus listrik yang memenuhi di bagian aki mobil. Apabila arus itu kurang, karena itu salah satunya triknya ialah menjumper aki mobil.

Berbagai cara memperbaiki dinamo starter diatas dapat dilakukan atau dicoba sebelum memastikan kerusakan pada dinamo starter mobil. Setelah berbagai cara perbaikan diatas gagal maka kemungkinan kerusakan pada dinamo starter dan perlu proses pembongkaran untuk mengetahui kerusakan lebih lanjut.

Diatas merupakan pembahasan mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil, kerusakan dinamo starter mobil, serta penyebab kerusakan dinamo starter mobil. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil : 5 Kerusakan Dan Penyebabnya"