Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Ciri Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti - Oli gardan adalah salah satu bagian dari gardan yang perlu dilakukan perawatan atau penggantian secara berkala. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi dan melindungi komponen gardan yang saling bergesekan satu dengan lainnya. Lalu apa ciri ciri oli gardan mobil harus diganti?

Gardan terdiri dari komponen berupa roda gigi yang akan saling bergesekan satu dengan yang lain ketika bekerja. Apabila oli gardan tidak diganti tentunya akan menimbulkan berbagai kerusakan. Hal ini terjadi karena pelumasan komponen gardan yang tidak maksimal.

Apabila kondisi terjadi dalam selang waktu yang lama maka kemungkinan paling parah adalah gardan mobil jebol. Diperlukan biaya yang cukup mahal untuk penggantian set komponen gardan mobil. Apalagi ongkos overhoul yang cukup menguras kantong juga.

Namun karena letaknya agak dibelakang, pengemudi jarang memperhatikan kondisi oli gardan. Fokus penggantian oli hanya pada oli mesin dan transmisi yang letaknya didepan, Hal ini cukup wajar karena apabila timbul gejala atau ciri ciri, bagian mesin dan transmisi lebih dahulu dirasakan.

Namun tentunya oli gardan sangat perlu diperhatikan. Mengingat pentingnya kerja gardan pada kendaraan. Untuk itu mengenai informasi tentang ciri ciri oli gardan mobil harus diganti akan dibahas pada artikel berikut ini.
ciri ciri oli gardan mobil harus diganti

1. Interval Penggantian Oli Gardan

Interval penggantian oli atau kapan waktu batas ganti oli adalah salah satu ciri ciri oli gardan mobil harus diganti. Lalu kapan harus ganti oli gardan? Setiap jenis atau merk mobil memiliki panduan masing-masing terkait kapan harus ganti oli gardan. Hal ini tergantung dari spesifikasi oli gardan, jarak tempuh, banyaknya oli gardan yang dibutuhkan, teknologi yang digunakan dan lain sebagainya.

Secara umum penggantian oli gardan mobil penggerak belakang antara 30000 sampai 50000 km atau kurang lebih dua tahun pemakaian. Namun beda untuk mobil penggerak depan yaitu sekitar 25000 sampai 30000 km saja. 

Untuk mudahnya apabila mobil sering diservice di bengkel atau dealer resmi biasanya akan mendapatkan batas waktu penggantian oli baik mesin, transmisi, dan gardan. Selain itu dibuku panduan biasanya juga terdapat interval atau jarak penggantian oli pelumas.

Semakin cepat oli gardan mobil diganti tentunya bagus untuk kinerja gardan. Namun tentunya akan menambah biaya pengeluaran karena harga oli gardan juga cukup lumayan. Oleh karena itu sesuaikan interval penggantian oli gardan dengan buku panduan kendaraan. Apabila waktunya diganti maka lakukan penggantian oli gardan untuk menjaga perfoma gardan.

2. Terjadi Perubahan Warna dan Kekentalan Oli Gardan

Terjadinya perubahan warna dan kekentalan oli gardan adalah ciri ciri oli gardan mobil harus diganti. Perubahan ini akibat masa pakai dan kontaminasi oleh gram atau friksi akibat gesekan antar komponen gardan mobil. Semakin lama masa pakai maka oli gardan akan semakin encer. Selain itu akan terjadi perubahan warna menjadi abu-abu metalik atau keputihan.

Apabila kualitas dan kuantitas oli turun tentunya daya atau perfoma pelumasan komponen gardan akan berkurang. Akibatnya apabila keadaan tersebut terus digunakan akan menyebabkan kerusakan pada komponen gardan. Oleh karena itu apabila dilihat kondisi oli sudah jelek walaupun belum saatnya penggantian maka lakukan penggantian. 

Perubahan warna pada oli gardan bisa karena adanya kebocoran seal yang menyebabkan air masuk kedalam dan bercampur dengan oli gardan. Biasanya warna oli gardan akan berubah menjadi keputihan. Namun apabila hanya terkontaminasi gram-gram bekas gesekan komponen gardan biasanya akan berubah menjadi abu-abu metalik.

3. Suara Saat Kendaraan Berbelok

Suara yang berasal dari bagian belakang kendaraan ketika berbelok adalah salah satu ciri ciri oli gardan mobil harus diganti. Ketika kendaraan berbelok, gardan akan bekerja lebih keras yang menyebabkan perkaitan antar gigi gardan lebih kompleks. Apabila tidak ada pelumasan atau kondisi pelumasan gardan tidak maksimal maka akan menyebabkan bunyi bunyian pada komponen gardan yang bergesekan. 

4. Kendaraan Bergetar Saat Berjalan

Kendaraan bergetar saat berjalan adalah salah satu ciri ciri oli gardan mobil harus diganti. Getaran pada kendaraan sebenarnya berasal dari berbagai komponen kendaraan. Khususnya untuk gardan, getaran akan terjadi apabila kendaraan berjalan di turunan. Hal ini dikarenakan gardan akan ikut menopang beban mobil. Akibatnya perkaitan roda gigi akan lebih kencang dan kuat yang apabila kualitas pelumas jelek akan menimbulkan getaran pada kendaraan.

5. Suara Limbung Saat Mobil Berjalan

Suara limbung saat mobil berjalan adalah salah satu ciri ciri oli gardan mobil harus diganti. Suara limbung akan terjadi apabila kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi. Ketika kendaraan melaju kecepatan tinggi maka perkaitan gigi gardan akan semakin kuat. Akibatnya apabila kualitas pelumas pada gardan akan timbul suara limbung.

Diatas merupakan pembahasan mengenai ciri ciri oli gardan mobil harus diganti. Gejala yang muncul diatas dapat timbul saat oli gardan tidak mampu lagi melaksanakan fungsinya sehingga timbul berbagai gejala atau ciri ciri diatas.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti"