Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Skema Lampu Kabin Mobil (Rangkaian dan Cara Kerja)

Skema Lampu Kabin Mobil - Lampu kabin atau dome light adalah salah satu jenis penerangan yang ada pada mobil. Lampu kabin berfungsi untuk memberikan penerangan pada ruang kabin mobil. Dengan begitu kita tetap dapat melihat dengan jelas atau mencari sesuatu ketika malam hari.

Lampu kabin mobil biasanya terletak pada bagian atap atau plafon ruang kabin mobil. Walaupun beberapa diseri dengan lampu pada bagian pintu mobil. Lampu kabin mobil biasanya berwarna putih atau kuning sesuai dengan jenis kendaraan yang menggunakan.

Skema lampu kabin mobil sebenarnya sangat sederhana. Lampu kabin mobil memiliki beberapa posisi saklar tergantung kebutuhan. Saklar tersebut terdiri dari off, auto, dan on. Pada saat posisi off maka lampu kabin mobil tidak akan menyala. Posisi on maka lampu akan otomatis menyala secara terus menerus. Posisi auto menyebabkan lampu kabin mobil akan menyala saat pintu di buka.

Namun terkadang lampu kabin jarang digunakan karena terlalu silau. Walaupun begitu, lampu kabin mobil tetap menjadi salah satu bagian penting pada sistem penerangan. Selain itu namanya rangkaian kelistrikan maka dapat terjadi beberapa kerusakan pada skema lampu kabin mobil. Oleh karena itu untuk mengatasi berbagai kerusakan pada lampu kabin mobil perlu diketahui skema lampu kabin mobil yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Lampu Kabin Mobil (Dome Light)

Fungsi lampu kabin adalah untuk menerangi ruang kabin mobil atau kendaraan ketika kondisi gelap atau malam hari. Lampu kabin mempermudah ketika mencari barang yang jatuh atau barang bawaan agar tidak ketinggalan. Apabila tanpa adanya lampu kabin mobil tentunya akan menyulitkan ketika mencarii berbagai barang tersebut ketika keadaan minim cahaya.

Komponen Lampu Kabin Mobil (Dome Light)

Komponen pada skema lampu kabin mobil sebenarnya sangat sederhana. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan pembahasan mengenai komponen lampu kabin mobil.

1. Sumber atau Baterai

Sumber atau baterai merupakan salah satu komponen penting pada rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk mesuplai arus listrik ke lampu kabin mobil agar dapat menyala. Sumber atau baterai lampu kabin didapatkan dari aki atau accu mobil. 

2. Fuse

Fuse atau sekering merupakan salah satu komponen penting pada skema lampu kabin mobil yang berfungsi untuk pengaman rangkaian lampu kabin mobil dari adanya konsleting listrik atau aliran arus yang berlebihan yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan. Fuse pada skema lampu kabin mobil biasanya menjadi satu dengan fuse head unit atau sistem audio mobil

3. Kabel

Kabel merupakan salah satu komponen penting pada skema lampu kabin mobil yang berfungsi sebagai penghubung antar komponen pada skema lampu kabin mobil. Pada skema lampu kabin mobil memiliki tiga buah kabel utama yaitu + atau positif baterai, ground, dan ground yang mengikuti pintu.

4. Saklar

Saklar merupakan salah satu komponen pada skema lampu kabin mobil yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus arus listrik yang mengalir ke lampu kabin mobil agar penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Saklar lampu kabin mobil terdiri dari tiga posisi yaitu off yang berfungsi untuk mematikan lampu kabin mobil, on yang berfungsi untuk menyalakan lampu kabin secara terus menerus, dan auto yang berfungsi untuk menyalakan lampu kabin secara otomatis ketika pintu dibuka.

5. Lampu

Lampu yang digunakan pada lampu kabin mobil biasanya menggunakan jenis LED atau lampu berdaya rendah lainnya. Lampu ini yang akan menghasilkan cahaya untuk menerangi kabin mobil.

Skema Lampu Kabin Mobil

Skema lampu kabin mobil sebenarnya sangat sederhana. Untuk lebih jelas berikut merupakan pembahasan mengenai skema lampu kabin mobil.

1. Skema Lampu Kabin Mobil Tanpa Delay

Pada lampu kabin standar biasanya tidak ada delay ketika lampu kabin dimatikan. Untuk skema lampu kabin mobil tanpa delay.
Cara kerja dari skema lampu kabin mobil tanpa delay adalah sebagai berikut
skema lampu kabin mobil
  • Posisi Off, saat posisi off maka tidak ada arus yang mengalir ke dalam skema lampu kabin mobil. Akibatnya lampu kabin tidak menyala sama sekali.
  • Posisi On, saat posisi on maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu. Akibat dari saklar yang diposisikan on maka lampu akan terhubung dengan ground yang akan menyebabkan lampu menyala. Ketika saklar kembali ke posisi off, maka lampu akan kembali mati karena tidak mendapatkan ground.
  • Posisi Auto, saat posisi auto maka ground lampu kabin dihubungkan melalui switch pintu. Saat switch pintu dibuka maka lampu kabin akan terhubung dengan ground. Akibatnya lampu akan menyala. Namun saat pintu ditutup maka lampu kabin mobil tidak terhubung dengan ground yang menyebabkan lampu kabin mobil kembali mati.

2. Skema Lampu Kabin Mobil Dengan Delay

Namun beberapa kendaraan juga terdapat lampu kabin yang dilengkapi dengan delay. Artinya ketika lampu kabin dimatikan lampu akan tetap menyala dalam jangka waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya berikut skema lampu kabin mobil dengan delay.
skema lampu kabin mobil
Cara kerja dari skema lampu kabin mobil dengan delay diatas adalah sebagai berikut:
  • Posisi OFF, saat posisi off maka tidak ada arus yang mengalir ke dalam skema lampu kabin mobil. Akibatnya lampu kabin tidak menyala sama sekali.
  • Posisi ON, saat posisi On maka arus akan mengalir menuju ke terminal 85 dan 86 relay serta elco atau capasitor. Akibatnya capasitor akan terisi arus tergantung kapasitas elco tersebut. Selain itu terminal 30 dan 87 relay akan terhubung sehingga lampu terhubung dengan ground sehingga lampu menyala. Saat lampu mati, arus dari kapasitor akan mengalir ke kumparan relay yang menyebabkan terminal 30 dan 87 relay tetap terhubung sehingga lampu kabin akan tetap menyala selama kapasitor masih terdapat arus listrik.
  • Posisi auto, saat posisi auto maka arus listrik akan mengalir ke kumparan koil menuju ke transistor pnp. Ketika pintu dibuka maka transistor akan mendapat triger sehingga arus listrik akan mendapatkan massa. Akibatnya relay aktif dan lampu kabin mendapatkan ground dan menjadi menyala. Saat pintu ditutup maka relay akan tetap aktif dalam jangka waktu tertentu karena masih ada arus yang mengalir dari kapasitor.
Diatas merupakan pembahasan mengenai lampu kabin mobil. Pembahasan mulai dari skema lampu kabin mobil serta cara kerjanya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Skema Lampu Kabin Mobil (Rangkaian dan Cara Kerja)"