Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Lampu Kolong Bawah Mobil

Konten [Tampil]
Cara Pasang Lampu Kolong Bawah Mobil - Banyak sekali variasi atau modifikasi kendaraan yang dilakukan untuk memperindah atau menambah daya tarik. Salah satunya yaitu pemasangan lampu kolong mobil. Lampu kolong mobil selain menambah estetika atau keindahan juga menambah fungsi sebagai penerangan bagian bawah kendaraan atau kolong mobil. Namun bagaimana cara pasang lampu kolong bawah mobil.

Lampu kolong biasanya dipasang pada bagian kolong atau lantai mobil ataupun dibawah mobil. Terdapat berbagai jenis lampu yang dipasang pada kolong mobil. Namun pada umumnya, untuk menghemat daya menggunakan LED. Untuk warna lampu mengikuti selera pengguna yaitu dapat menggunakan LED warna tunggal ataupun LED RGB multiwarna yang dapat berganti-ganti warna.
Selain jenis lampu, harus dipikirkan juga rangkaian kelistrikan lampu kolong mobil agar aman. Namanya berhubungan dengan listrik maka akan rawan terjadi konsleting apabila tidak mengetahui teknis intalasinya. Dengan begitu maka pemasangan lampu kolong mobil akan aman dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Untuk pemasangan lampu kolong bawah mobil tergantung selera dan kebutuhan pengguna. Ada yang dipasang dibawah jok atau seat, bawah dashboard, dan kolong bawah mobil. Tempat pemasangan disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara pasang lampu kolong bawah mobil akan dibahas pada artikel berikut ini.
cara pasang lampu kolong bawah mobil

Rangkaian Kelistrikan Lampu Kolong Bawah Mobil

Ada beberapa opsi atau pilihan untuk merangkai rangkaian kelistrikan lampu kolong bawah mobil. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai rangkaian kelistrikan lampu kolong bawah mobil.

1. Rangkaian Lampu Kolong Bawah Mobil Dengan Module

Apabila pengguna membeli lampu kolong bawah mobil biasanya terdapat satu set rangkaian dengan modul dan remote. Oleh karena itu dalam merangkai lampu kolong bawah mobil dengan module tentunya akan lebih mudah. Namun tentu harganya cukup mahal karena memang sudah diset sebagai lampu kolong bawah mobil. Untuk lebih jelasnya berikut rangkaian lampu kolong bawah mobil dengan module.
rangkaian lampu kolong bawah mobil

2. Rangkaian Lampu Kolong Bawah Mobil Sederhana

Apabila kalian hanya membeli lampu strip atau lampu LED dan kabel, maka kalian harus mencari saklar sendiri agar lampu kolong bawah mobil dapat bekerja. Salah satunya yaitu dengan menggabungkan secara seri lampu kabin dengan lampu kolong bawah mobil. Hal ini menyebabkan lampu kolong akan menyala secara bersamaan sesuai dengan posisi saklar lampu kabin. Untuk lebih jelasnya berikut rangkaian lampu kolong bawah mobil dengan lampu kabin.
rangkaian lampu kolong bawah mobil

Cara Pasang Lampu Kolong Bawah Mobil

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar instalasi atau cara pasang lampu kolong bawah mobil dapat aman dan bekerja sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai cara pasang lampu kolong bawah mobil.

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Untuk memasang lampu kolong bawah mobil tentunya membutuhkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan. Untuk peralatan pemasangan atau instalasi tentunya yaitu multitester atau testlamp, tang kabel atau gunting biasa, kabel ties atau double tip. Berbagai peralatan tersebut akan kita gunakan pada proses pemasangan lampu kolong bawah mobil.

Sementara itu untuk bahan yang diperlukan tentunya yaitu lampu kolong bawah mobil. Untuk jenis lampu yang digunakan tergantung pada selera pengguna. Ada lampu biasa atau lampu bohlam, lampu LED satu warna, atau lampu LED RGB multiwarna. Namun untuk estetika yang lebih baik dapat menggunakan lampu LED atau lampu strip yang banyak dijual di toko online maupun offline. 

Selain itu untuk mempermudah perakitan dapat membeli satu set lampu kolong bawah mobil. Lampu kolong bawah mobil set terdiri dari lampu LED, kabel perpanjangan, module, remote. Dengan set lampu kolong bawah mobil ini dapat diganti warna LED nya menggunakan remote berdasarkan keinginan.

2. Posisi Penempatan Lampu Kolong

Posisi penempatan lampu kolong bawah mobil tergantung selera dan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa contoh penempatan lampu kolong bawah mobil.
  • Bawah Dashboard, merupakan salah satu contoh penempatan lampu kolong yaitu ditempel pada bagian bawah dashboard mobil.
  • Bawah Jok atau Seat, merupakan salah satu contoh penempatan lampu kolong yang diletakkan pada bagian bawah jok mobil penumpang atau pengemudi.
  • Bawah Mobil Dekat Ban Serep, merupakan salah satu contoh penempatan lampu kolong yang diletakkan pada bagian bawah mobil bagian belakang dekat dengan ban serep atau ban pengganti.
  • Bawah Mobil Samping Kiri kanan atau Bawah Sidekirt, merupakan salah satu contoh penempatan lampu kolong yaitu dibawah sidekirt.
  • Bawah Mobil Bagian Depan atau Bawah Bumper, merupakan salah satu contoh penempatan lampu kolong yaitu dibawah mobil bagian depan tepatnya dibawah bumper. 
Setelah ditentukan posisi yang diinginkan maka tempelkan LED pada bodi atau bagian yang rata menggunakan doubletip. Setelah itu amankan LED dengan resleting atau kabel tis untuk mencegah lampu LED jatuh apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Memperluas Rangkaian Kabel

Pada bagian bawah mobil biasanya terdapat jalur kabel khusus yang digunakan untuk sistem penerangan belakang mobil. Untuk mempermudah perangkaian maka memperpanjang instalasi kabel LED melalui jalur kabel yang aman sampai di dalam dashboard mobil. Hal ini berguna untuk mempermudah instalasi serta berkaitan dengan keamanan rangkaian.

Untuk lampu kolong bawah mobil set yang terdapat modul maka dapat dilakukan dengan kabel ekstensi atau perpanjangan sampai tempat modul diletakkan. Modul akan diletakkan dibawah dashboard dekat dengan baterai mobil.

4.  Merangkai Kabel Instalasi Sesuai Dengan Rangkaian Lampu Kolong Bawah Mobil

Setelah melakukan perpanjangan kabel LED maka tinggal merangkai agar lampu kolong bawah mobil dapat bekerja sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan cara pasang lampu kolong bawah mobil berikut ini.

a. Cara Pasang Lampu Kolong Bawah Mobil Dengan Module

  • Menyambungan semua kabel yang dari LED menuju kabel masuk module lampu kolong.
  • Menghubungkan kabel hitam dengan ground atau negatif baterai
  • Menghubungkan kabel merah dengan positif baterai. Untuk menambah keamanan dapat dilakukan dengan menambah fuse atau sekering sebesar 10 A.
  • Apabila terdapat kabel opsional maka periksa fungsi kabel tersebut, apabila tidak terlalu penting maka cukup diisolasi saja.
  • Memposisikan module lampu kolong ditempat yang aman serta bebas dari adanya air atau cairan.
  • Mengecek dengan menyalakan lampu kolong bawah mobil dengan remote yang tersedia. Pastikan semua dapat bekerja dengan baik.
Untuk cara pasang lampu kolong bawah mobil dengan modul memang tidak terlalu sulit karena saat membeli sudah satu set dan tinggal merangkai sesuai dengan jalur yang sudah ada.

b. Cara Pasang Lampu Kolong Bawah Mobil Sederhana

Apabila ingin menghemat biaya tentunya tinggal membeli lampu strip atau lampu LED dan kabel saja untuk merangkai lampu kolong bawah mobil. Namun tentunya cara ini lebih sedikit rumit dibanding dengan membeli set lampu kolong bawah mobil. Untuk lebih jelasnya perhatikan cara pasang lampu kolong bawah mobil berikut ini.
  • Mencari jalur rangkaian lampu kabin atau dome light. Pada dasarnya ada tiga kabel yang mengatur rangkaian lampu kabin yaitu positif yang biasanya dihubungkan dengan sekering atau fuse, negatif yang langsung menuju ke ground bodi, negatif yang menuju ke saklar pintu atau otomatis. Untuk merangkai lampu kolong bawah mobil yang mengikuti saklar lampu kabin maka kita harus mencari jalur positif yang masuka ke lampu kabin.
  • Setelah ditemukan jalur positifnya (biasanya kabel hijau namun setiap kendaraan tentu berbeda), potong kabel positif yang menuju ke lampu. Untuk keamanan lepas sekering lampu kabin terlebih dahulu.
  • Merangkai lampu LED secara seri seperti gambar rangkaian diatas. Jangan sampai salah, apabila dirangkai secara paralel maka lampu led tidak akan menyala sesuai dengan kerja lampu kabin.
  • Mengamankan setiap rangkaian kabel dengan isolati agar tidak terjadi konsleting listrik.
  • Mencoba dengan menyalakan lampu kabin sesuai dengan saklar lampu kabin. Apabila posisi off maka lampu kabin dan lampu kolong tidak menyala, posisi on maka lampu kabin dan lampu kolong menyala, auto maka lampu kabin dan lampu kolong akan menyala saat membuka pintu.
Diatas merupakan pembahasan mengenai cara pasang lampu kolong bawah mobil. Terdapat beberapa cara pasang lampu kolong bawah mobil atau pilihan, tinggal memakai yang mana tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. 

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Lampu Kolong Bawah Mobil"