Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Cara Ceper Mobil Avanza Agar Tetap Empuk dan Nyaman

Cara Ceper Mobil Avanza - Seiring banyaknya pengguna mobil avanza, maka banyak modifikasi termasuk ceper. Cara ceper mobil avanza sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat mobil avanza menjadi ceper. Hal ini bertujuan agar suspensi mobil tetap empuk dan nyaman.

Ada beberapa faktor yang harus dilakukan ketika memodifikasi mobil avanza menjadi ceper. Membuat ceper mobil avanza tentunya perlu perhitungan agar suspensi masih dapat bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu harus memperhitungkan faktor lingkungan. Apabila jalan ekstrim tentunya perlu dipikirkan terlebih dahulu karena membuat mobil avanza ceper mempengaruhi ground clearance kendaraan.

Selain itu faktor biaya juga harus diperhitungkan. Proses modifikasi mobil avanza menjadi ceper tentunya membutuhkan biaya yang lumayan tergantung cara memodifikasi mobil avanza menjadi ceper. Faktor biaya ini diperhitungkan sesuai kemampuan pengguna.

Cara ceper mobil avanza sebenarnya ada beberapa macam. Setiap cara yang digunakan untuk membuat mobil avanza ceper tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk lebih jelasnnya mengenai cara ceper mobil avanza  agar tetap nyaman dan empuk akan dibahas pada artikel berikut ini.

cara ceper mobil avanza

Cara Ceper Mobil Avanza

Terdapat beberapa cara untuk ceper mobil avanza. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai cara ceper mobil avanza.

1. Memotong Per atau Spring

Memotong per atau spring merupakan salah satu cara ceper mobil avanza. Cara ini dilakukan karena harganya yang lebih terjangkau. Cara ini dilakukan dengan memotong ulir pernya. Harga untuk biaya pemotongan dan bongkar pasang per hanya sekitar 200-300 ribu rupiah saja.

Namun ada beberapa kelemahan ketika ceper mobil avanza dengan cara memotong per. Salah satunya yaitu ceper mobil avanza tidak dapat dilakukan dengan terlalu ekstrim. Untuk menghasilkan kinerja suspensi yang nyaman dan empuk maka jarak pemotongan harus disisakan 3 jari untuk bagian depan dan 4 jari pada per suspensi belakang. Untuk menambah empuk dan nyaman maka dapat dilakukan pemotongan dumper atau karet stoper agar kerja suspensi lebih luas.

Apabila pemotongan berlebihan maka mengakibatkan ayunan pada suspensi terlalu keras. Selain itu pemotongan per juga mengakibatkan per atau spring tidak mengembang. Hal ini menyebabkan per longgar dari dudukannya. Untuk mengatasinya dapat ditali menggunakan kawa pada bagian bawah dan atas per ke masing-masing dudukannya. Selain itu dapat dilakukan penggantian shockbreaker atau shockabsorber dengan custom atau merk lain.
cara ceper mobil avanza

2. Mengganti Per Dengan Custom atau Merk Lain

Mengganti per dengan merk lain merupakan salah satu cara ceper mobil avanza. Per yang digunakan dapat menggunakan custom atau per mobil merk lain. Modifikasi ceper mobil avanza dengan custom tentunya lebih mudah karena ukuran per sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Namun harganya tentunya lebih mahal.

Selain mengganti dengan per custom yaitu dengan mengganti per mobil merk lain. Beberapa rekomendasi untuk ceper mobil avanza agar tetap nyaman dan empuk yaitu per toyota vios atau per belakang toyota great corolla. Setiap jenis per tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Per custom atau mobil merk lain kemudian dipotong sesuai keinginan berapa jarak ground clearance yang diinginkan. Untuk memperingan biaya dapat mencari shock-shock bekas yang tentunya harganya lebih murah.

Apabila per memiliki dudukan yang berbeda tentunya harus dilakukan penyesuaian. Penyesuaian ini dapat dilakukan dengan cara menaikkan dudukan per, baut, dan stabiliser 5-6 cm atau sesuai kebutuhan. Hal ini berguna agar suspensi tetap bekerja sebagaimana mestinya. 

Untuk biaya yang dikeluarkan untuk ceper mobil avanza dengan cara ini yaitu 700 ribuan untuk per custom atau 400-500 untuk per bekas mobil merk lain. Hal ini tentunya ditambah biaya bongkar dan custom dudukan per agar per dapat mengikat sempurna.
cara ceper mobil avanza

3. Custom FWA dan Roda

Untuk membuat mobil avanza ceper maka dapat melakukan custom front wheel alighment atau FWA dan roda. Caranya yaitu mengganti ukuran velg standar avanza menjadi lebih kecil atau jenis ban yang lebih tipis. Ukuran standar velg avanza yaitu 14 inch, namun agar menjadi lebih ceper dapat mengganti ukuran ring 13. Selain itu jenis ban yang digunakan dapat diganti dengan ban tapak lebar yang biasanya memiliki ketebalan lebih kecil.

Untuk menambah ceper mobil avanza maka dapat dilakukan dengan penyetelan FWA roda. menyetel chamber negatif dengan angka yang ekstrim dapat mengecilkan ground clearance mobil avanza. Namun tentunya tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Perhitungkan ketika kendaraan berbelok dan saat melewati tanjakan atau permukaan jalan yang tidak rata.
cara ceper mobil avanza

Syarat Ceper Mobil Avanza Agar Nyaman dan Empuk

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan apabila ingin memodifikasi mobil avanza menjadi ceper. Syarat ceper mobil avanza agar tetap nyaman dan empuk yaitu:

1. Ceper Sewajarnya

Apabila menginginkan mobil avanza yang ceper namun tetap nyaman dan empuk maka ceper atau proses pengurangan ground clearance tidak boleh berlebihan. Modifikasi ceper mobil avanza dilakukan dengan secukupnya saja. Namun lain lagi apabila modifikasi ceper mobil avanza hanya untuk contest semata. Modifikasi ceper mobil avanza dapat dilakukan dengan ekstrim.

2. Perhitungkan Dengan Matang

Proses modifikasi perlu diperhitungkan dengan matang agar suspensi dapat bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu proses modifikasi dipastikan tidak mengganggu kinerja dari sistem lain pada kendaraan. Pastikan roda masih dapat membelok dengan maksimal atau tidak bertabrakan dengan fender mobil. Selain itu proses kerja per juga harus tetap maksimal. Artinya per dapat beroksilasi dengan sempurna. Oleh karena itu seberapa jauh modifikasi ceper juga harus diperhitungkan. Perhitungan mulai dari pemotongan per, ukuran shockabsorber yang digunakan, serta dudukan per.

3. Penggunaan Komponen Berkualitas

Untuk menghasilkan modifikasi ceper mobil avanza yang nyaman tentunya diperlukan berbagai komponen yang berkualitas. Terdapat berbagai jenis per dan shockabsorber custom yang dijual dipasaran. Namun tentunya kualitas dari shockbreaker tersebut juga tidak sama dengan komponen asli kendaraan. Oleh karena itu ketika melakukan proses modifikasi juga perlu memperhatikan komponen modifikasi yang digunakan. Pastikan penjual atau pabrikan terpercaya yang memang khusus membuat komponen modifikasi atau dengan garis bawah jangan tergiur dengan harga murah tetapi barang palsu.

Diatas merupakan pembahasan mengenai cara ceper mobil avanza agar empuk dan nyaman. Untuk modifikasi ceper mobil avanza ada beberapa syarat ceper mobil avanza agar mobil tetap nyaman dan empuk ketika digunakan.

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Cara Ceper Mobil Avanza Agar Tetap Empuk dan Nyaman"