Widget HTML Atas

Mengenal Busi atau Spark Plug (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)

Busi atau spark plug merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengapian. Fungsi busi adalah untuk memercikan bunga api pada ruang bakar diakhir langkah kompresi. Percikan bunga api ini berguna untuk proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara sehingga mesin dapat menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

Busi terdiri dari beberapa komponen. Komponen busi ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Komponen busi terdiri dari insulator ceramic, elektroda tengah, elektroda samping, spark gap, dan lain sebagainya. Semua komponen busi tersebut dibutuhkan agar busi dapat bekerja sebagaimana mestinya.
Busi atau spark plug terdapat diurutan terakhir sistem pengapian. Busi terletak di kepala silinder dengan ujung elektroda busi menghadap ke ruang bakar. Sementara kepala busi terhubung dengan kabel busi atau koil pengapian. 

Cara kerja busi atau spark plug memanfaatkan beda tegangan antara eletroda tengah dengan elektroda samping. Listrik tegangan tinggi yang berasal dari koil dialirkan ke busi untuk menghasilkan beda tegangan. Akibatnya loncatan atau percikan bunga api yang terdapat pada celah busi akan menghasilkan suhu yang tinggi yang berguna untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. 

Untuk lebih jelasnya mengenai busi atau spark plug akan diulas lebih lanjut pada artikel ini. Pembahasan mulai dari apa fungsi busi? Apa saja komponen busi? Bagaimana cara kerja busi atau spark plug?

Fungsi Busi atau Spark Plug

Fungsi busi atau spark plug adalah untuk mengubah listrik tegangan tinggi yang dihasilkan oleh koil pengapian menjadi percikan bunga api yang digunakan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.

Busi menghasilkan percikan bunga api akibat beda potensial antara elektroda samping dengan elektroda tengah. Percikan ini digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang terkompresi di ruang bakar. Percikan api ini merupakan percikan elektrik yang cara kerjanya hampir sama seperti petir atau halilintar namun dalam bentuk yang kecil.

Komponen Busi atau Spark Plug

Bagian-bagian busi atau konstruksi busi terdiri dari beberapa komponen. Komponen busi ini memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lain. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai komponen busi dan fungsinya.
Fungsi dan komponen Busi

1. Terminal

Terminal merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai penghubung atau menyalurkan arus listrik dari koil atau kabel tegangan tinggi. Komponen ini terbuat dari baja dan dibentuk menyerupai nut agar dapat digunakan untuk mayoritas kabel busi atau koil pengapian.

2. Insulator

Insulator merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai isolator batang terminal dan elektroda tengah dari cangkang busi. Dengan begitu maka arus listrik tegangan tinggi tidak mengalir keluar dari dari elektroda tengah. Selain itu fungsi insulator juga memindahkan panas dari busi ke kepala silinder. Pada umumnya insulator terbuat dari ceramic atau porselen.

3. Ribs/Corrugations

Ribs atau corrugations adalah salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai pencegah terjadinya arus listrik yang mengalir dari elektroda busi ke bodi besi. Proses mengalirnya arus listrik dari inti ke bodi busi ini sering disebut dengan flash over. Rib atau corrugations memiliki jarak antara inti dengan bodi yang ada disekitar besi.

4. Seal atau gasket

Seal atau gasket merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai pembatas agar tidak terjadi kebocoran kompresi pada ruang bakar yang diakibatkan oleh adanya busi.

5. Metal Case

Metal case atau body merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai pengunci busi ke silinder head. Selain itu metalcase dapat berfungsi sebagai konduktor untuk meneruskan panas dari busi ke kepala silinder. 

6. Thread

Thread merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai ulir untuk mengunci busi ke bagian kepala silinder. Thread terdiri dari ulir yang memiliki ukuran tertentu agar busi tetap berada ditempatnya meskipun mendapat tekanan yang tinggi dari ruang bakar. 

7. Insulator Tips

Insulator tips merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai penahan panas dari ruang bakar dan beban listrik yang tinggi hingga 60000 volt. Oleh karena itu insulator tips terbuat dari bahan yang tahan panas.

8. Elektroda Tengah

Elektroda tengah merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai inti penyaluran listrik bertegangan tinggi pada busi. Inti elektroda tengah tersebut terhubung dengan kepala busi melalui batang terminal yang dilapisi dengan ceramic pada bagian luar.

9. Elektroda Samping atau Ground

Elektroda samping merupakan salah satu komponen busi yang memiliki fungsi sebagai massa atau terminal negatif dari busi. Elektroda samping merupakan bagian dari busi yang terhubung dengan bodi mesin. Selain itu, bagian ini juga terhubung dengan ruang bakar sehingga harus memiliki kemampuan menghantarkan listrik yang baik dan tahan terhadap temperatur tinggi.

Cara Kerja Busi atau Spark Plug

Cara kerja busi sebenarnya sama seperti petir yang menghandalkan perbedaan potensial tegangan antara elektroda tengah dengan elektroda samping. Hal ini yang menyebabkan terjadi percikan bunga api yang digunakan untuk pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang ada diruang bakar.

Ignition menghasilkan tegangan listrik hingga 20000 volt atau lebih dari induksi elektromagnet. Energi listrik bertegangan tinggi ini kemudian dialirkan ke busi melalui kabel tegangan tinggi. Saat arus listrik belum mengalir ke elektroda tengah busi maka gas campuran bahan bakar dan udara yang berada di celah busi akan bersifat isolator.
Namun saat energi listrik tegangan tinggi mengali maka akan menyebabkan terjadinya perbedaan potensial listrik antara elektroda tengah dengan elektroda samping. Hal ini menyebabkan struktur gas diantara keduanya akan berubah. Saat perbedaan tegangan sudah melebihi kekuatan dielektrik gas, maka struktur gas akan berubah menjadi konduktor.  

Hal ini yang menyebabkan arus listrik tegangan tinggi mengalir dari elektroda tengah ke elektroda samping dan menimbulkan seperti loncatan bunga api atau ledakan kecil. Ledakan kecil ini diakibatkan oleh gas yang sudah terkompresi serta temperatur di celah busi meningkat hingga 60000 kelvin. Hal inilah yang memicu terjadinya proses pembakaran pada ruang bakar.

Diatas merupakan pembahasan mengenai busi atau spark plug. Pembahasan mulai dari fungsi busi, komponen busi, serta cara kerja busi.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Busi atau Spark Plug (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)"