Fungsi dan Komponen Kampas Kopling (Clutch Disc)

Kampas kopling atau clutch disc merupakan salah satu komponen penting pada sistem kopling. Kampas kopling (clutch disc) memiliki fungsi sebagai bidang gesek yang digunakan untuk menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Oleh karena itu plat kopling merupakan salah satu komponen yang memerlukan perawatan.

Kampas kopling (clutch disc) terletak diantara plat penekan dan flywheel. Kampas kopling (clutch disc) secara kedudukan terhubung langsung dengan input shaft transmisi. Namun tidak terhubung langsung dengan flywheel yang membawa putaran atau tenaga dari mesin. Saat kampas kopling tertekan, maka beban putaran dari flywheel akan diteruskan ke kampas kopling. Beban putaran yang diterima diteruskan dan disalurkan ke input shaft transmisi.

Karena harus mampu menerima beban putaran yang cukup tinggi, kamplas kopling terbuat dari bahan yang kuat, tahan aus, tidak mudah bengkok, dan mempunyai daya gesek yang tinggi. Selain itu untuk meneruskan putaran dari mesin secara halus, maka kampas kopling (clutch disc) mempunyai berbagai komponen lain untuk menambah keamanan dan kenyamanan.

Komponen kampas kopling (clutch disc) mempunyai berbagai peran dan tugas yang berbeda-beda. Namun walaupun berbeda-beda fungsi dan tugas, setiap komponen kampas kopling (clutch disc) membentuk satu kesatuan yang memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Oleh karena itu perlu dipelajari mengenai berbagai komponen kampas kopling (clutch disc). Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Kampas Kopling (Clutch Disc)

Fungsi kampas kopling (clutch disc) adalah sebagai bidang gesek yang menghubungkan antara flywheel dengan poros input transmisi. Dengan begitu maka putaran dari mesin dapat diteruskan dari flywheel ke poros input transmisi. 

Selain itu, kampas kopling juga berfungsi untuk menambah kenyaman dan efisiensi dari kinerja sistem kopling. Kenyamanan dapat diperoleh dari proses penyerapan kejutan atau getaran yang dihasilkan ketika sistem kopling bekerja. Selain itu efisiensi dapat dicapai dengan gaya gesek kampas kopling yang tinggi sehingga putaran mesin dapat diteruskan secara maksimal ke input transmisi.

Komponen Kampas Kopling (Clutch Disc) dan Fungsinya

Kampas kopling (clutch disc) terdiri dari berbagai komponen. Komponen kampas kopling ini membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan fungsi kampas kopling. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan komponen kampas kopling (clutch disc).
komponen kampas kopling (clutch disc)

Clutch Hub

Clutch hub merupakan salah satu komponen kampas kopling (clutch disc) yang memiliki fungsi sebagai sebagai penghubung antara poros input shaft transmisi dengan unit kampas kopling (clutch disc assembly). Clutch hub ini digunakan sebagai tempat perkaitan antara kampas kopling (clutch disc) dengan transmisi. 

Desain clutch hub memungkinkan kampas kopling dapat bergeser kedepan dan kebelakang. Hal ini berguna ketika sistem kopling kendaraan bekerja. Pada bagian clutch hub ini terdapat alur-alur bergerigi yang menyesuaikan dengan bentuk poros input shaft transmisi.

Disc Plate

Disc plate merupakan salah satu komponen kampas kopling (clutch disc) yang memiliki fungsi sebagai rangka utama yang menahan beban putaran dari flywheel. Selain sebagai rangka, disc plate juga berfungsi sebagai penerima perubahan torsi akibat tekanan dari torsion dumper dan cushion plate. Selain itu juga sebagai rumah torsion dumper dan cushion plate.

Torsion Dumper

Torsion dumper merupakan salah satu komponen kampas kopling (clutch disc) yang memiliki fungsi sebagai peredam hentakan atau puntiran yang dihasilkan saat kampas kopling (clutch disc) menghubungkan atau meneruskan putaran dari mesin ke transmisi. Selain itu, torsion dumper juga bekerja menyerap getaran saat akselerasi maupun deselerasi. Hal ini berguna untuk menambah kenyamanan dalam kinerja sistem kopling kendaraan. 

Torsion dumper terbuat dari bahan karet. Namun beberapa torsion dumper yang terbuat dari coil spring. Mengapa berbeda bahan? Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Kendaraan yang membutuhkan penahan atau peredam kejutan yang besar membutuhkan bahan yang lebih kuat yaitu pegas coil. Sementara itu, untuk kendaraan-kendaraan kecil hanya membutuhkan peredam kejutan yang tidak terlalu kuat sehingga dapat menggunakan bahan karet yang kuat.

Facing (Kampas Kopling)

Facing atau kampas merupakan salah satu komponen kampas kopling (clutch disc) yang memiliki fungsi untuk memperbesar gaya gesekan yang timbul dengan flyweel. Hal ini berguna agar penerusan atau penghubungan putaran dari mesin melalui flywheel ke poros input transmisi dapat berjalan dengan maksimal. Artinya, facing berfungsi juga untuk menjaga efisiensi mesin.

Facing terbuat dari bahan asbes, kevlar, keramik, atau campuran beberapa logam lunak yang memiliki gaya gesek tinggi. Tentunya setiap bahan memiliki harga yang berbeda-beda tergantung kualitas. Facing dipasang pada cushion plate pada sisi kanan dan kirinya. Pemasangan biasanya menggunakan paku keling atau rivet.  

Cushion Plate

Cushion plate merupakan salah satu komponen kampas kopling (clutch disc) yang memiliki fungsi sebagai dudukan kampas atau facing serta memperhalus kerja kopling. Cushion plate pada bagian dalam biasanya berhubungan langsung dengan torsion dumper. Sementara itu pada bagian luar memiliki bentuk atau berfungsi seperti spring atau pegas. Pegas ini sering disebut dengan nama marcell spring. Marcell spring terletak diantara kedua kampas atau facing yang berfungsi juga untuk menghaluskan kerja kopling.

Rivet (Paku Keling)

Rivet atau paku keling merupakan salah satu komponen kampas kopling (clutch disc) yang memiliki dua fungsi utama pada kopling. Fungsi yang pertama yaitu menyatukan kampas atau facing dengan cushion plate. Sementara itu fungsi kedua yaitu untuk menyatukan cushion plate dengan disc plate. Hal ini berguna agar komponen kampas kopling (clutch disc) menjadi satu kesatuan sehingga kerja dari sistem kopling dapat berjalan maksimal.

Diatas merupakan pembahasan mengenai kampas kopling atau clutch disc. Pembahasan mulai dari fungsi kampas kopling (clutch disc) dan komponen kampas kopling (clutch disc).

0 Response to "Fungsi dan Komponen Kampas Kopling (Clutch Disc)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel