Screw Pitch Gauge atau Pengukur Jarak Ulir (Fungsi, dan Cara Menggunakan)

Screw pitch gauge adalah salah satu alat ukur yang digunakan dalam keteknikan termasuk teknik otomotif. Screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir termasuk dalam alat ukur mekanik. Alat ukur screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak ulir suatu baut atau mur.

Alat ukur screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir hampir sama dengan pengukur ketebalan atau feeler gauge. Screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir terdiri dari bilah-bilah baja bergerigi. Jarak antar gerigi berbeda-beda setiap bilah disesuaikan dengan ukuran standar baut atau mur. 

Dalam penggunaan screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir sebenarnya mudah sekali. Tinggal tempelkan gerigi pada bilah-bilah alat ukur screw pitch gauge ke ulir baut atau mur. Apabila posisi gerigi dengan ulir baut atau mur pas maka tinggal membaca ukuran jarak ulir yang tertulis pada bilah tersebut. 

Mengingat screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir sering digunakan pada berbagai bidang otomotif, maka perlu dipelajari lebih lanjut. Hal ini dikarenakan pada kendaraan terdiri dari berbagai sambungan-sambungan baut dan mur. Apa fungsi screw pitch gauge? Bagaimana cara menggunakan screw pitch gauge? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Screw Pitch Gauge

Fungsi screw pitch gauge adalah untuk mengukur jarak ulir pada suatu baut atau mur. Jarak ulir merupakan jarak ujung pucuk pada ulir sampai pucuk pada ulir berikutnya atau jarak lembar ulir ke lembah ulir berikutnya. Hal ini berfungsi untuk mengetahui ukuran baut apabila tidak tertulis kode baut atau mur. Dengan mengetahui jarak ulir maka dapat diketahui ukuran baut atau mur sesuai dengan standar yang ada.
screw pitch gauge

Cara Menggunakan Screw Pitch Gauge

Sebenarnya cara menggunakan screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir sudah dibahas pada pendahuluan diatas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan screw pitch gauge atau pengukuran jarak ulir baut mur dengan screw pitch gauge. Untuk lebih jelasnya berikut cara menggunakan screw pitch gauge.
cara menggunakan screw pitch gauge
  1. Bersihkan terlebih dahulu baut dan alat ukur dari adanya kotoran baik debu dan lapisan oli. Hal ini akan berpengaruh pada hasil pengukuran.
  2. Pastikan posisi screw pitch gauge dalam proses pengukuran jarak ulir tegak lurus, sehingga hasil benar-benar sesuai dengan ukuran ulir baut.
  3. Meletakkan screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir ke ulir baut yang akan diukur. Cobalah satu bilah, apabila tidak sesuai maka gantilah bilah lain sampai ditemukan jarak ulir yang pas atau cocok. Pitch atau ulir pada alat ukur screw pitch gauge sama dengan pitch atau ulir pada baut.
  4. Jika sudah sesuai maka bacalah pitch atau jarak ulir sesuai dengan yang tertulis pada bilah alat ukur screw pitch gauge.
Diatas merupakan pembahasan mengenai screw pitch gauge atau pengukur jarak ulir. Pembahasan mengenai fungsi screw pitch gauge, dan cara menggunakan screw pitch gauge

Tidak ada komentar untuk "Screw Pitch Gauge atau Pengukur Jarak Ulir (Fungsi, dan Cara Menggunakan)"