Mengenal Berbagai Jenis Aktuator EFI (Electronic Fuel Injection)

Aktuator EFI merupakan komponen penting pada sistem kontrol elektronik EFI atau electronic fuel injection. Aktuator efi merupakan bagian dari sistem EFI yang berfungsi sebagai keluaran untuk melaksanakan kerja yang dibutuhkan oleh kendaraan. Dengan kata lain, actuator EFI merupakan suatu perangkat yang dikontrol secara elektronik untuk melaksanakan berbagai kerja (Output) berdasarkan sensor-sensor (kebutuhan) kendaraan.

Kita ketahui bahwasanya pada sistem EFI terdapat tiga bagian penting yaitu sensor, kontrol, dan aktuator. Sensor sebagai input, kontrol sebagai pengolah, dan aktuator sebagai pelaksana. Oleh karena itu aktuator EFI merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan. Tanpa adanya aktuator kendaraan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Aktuator EFI dalam sebuah kendaraan terdiri dari berbagai jenis. Terdapat lebih dari satu jenis aktuator EFI untuk melaksanakan kerja dari kendaraan. Sebagai contoh, untuk mengontrol mesin idle dibutuhkan idle speed control. Masih banyak aktuator EFI lainnya seperti pompa bensin, injektor, ESA, kontrol sistem ac, kontrol kipas pendingin, EGR, check lamp, main relay, dan lain sebagainya.

Mengingat pentingnya peran aktuator EFI maka perlu dipelajari berbagai hal mengenai sistem EFI. Apa fungsi aktuator EFI? Apa saja jenis atau macam aktuator EFI yang terdapat pada kendaraan? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Aktuator EFI

Aktuator EFI adalah suatu perangkat yang dikontrol secara elektronik menggunakan ECU yang memiliki tugas untuk melaksanakan kerja mesin sesuai dengan masukan atau data dari sensor-sensor kendaraan. Dengan kata lain aktuator EFI merupakan output dari sistem EFI. Tanpa adanya output tentunya sistem EFI tidak dapat bekerja. 

Jenis Aktuator EFI

Pada sistem EFI terdiri dari berbagai jenis aktuator EFI. Berbagai macam aktuator EFI ini berfungsi untuk menjalankan berbagai kerja kendaraan. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan aktuator-aktuator EFI yang ada pada kendaraan.

1. Kontrol Fuel Pump atau Pompa Bahan Bakar

Kontrol fuel pump atau pompa bahan bakar merupakan salah satu jenis aktuator EFI. Kontrol fuel pump ini berfungsi untuk mengatur kinerja dari pompa bahan bakar yaitu menghisap dan menekan bahan bakar agar dapat bersirkulasi dalam sistem. Kontrol ini akan mematikan pompa bahan bakar ketika tidak digunakan.
actuator EFI

2. Kontrol Electric Fan

Kontrol electric fan merupakan salah satu jenis aktuator EFI. Kontrol electric fan ini memiliki fungsi untuk menyalakan dan mematikan kipas pendingin sesuai dengan kebutuhan mesin. Kipas pendingin atau electric fan akan bekerja saat temperatur mesin sudah mencapai temperatur kerja, adanya kerusakan pada sistem pendingin (thermostat atau wts), saat sistem AC dinyalakan. Kontrol electric fan akan mendapatkan kontrol output dari ECU untuk menyalakan atau mematikan kipas pendingin.
actuator EFI

3. Kontrol Cut AC

Kontrol cut AC merupakan salah satu jenis aktuator EFI. Kontrol cut AC berfungsi untuk mematikan sistem AC apabila terjadi kondisi mesin overheating, atau kecepatan kendaraan yang tinggi. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan mesin terutama pada sistem AC.
actuator EFI

4. Oil Control Valve (VVTI)

Oil control valve merupakan salah satu jenis aktuator EFI. Oil control valve ini berfungsi untuk mengatur pembukaan katup tergantung pada tekanan oli. Oil control valve dikontrol secara langsung oleh ECU untuk mengatur kinerja dari variable valve timing ignition atau yang dikenal VVTi.
actuator EFI

5. Injector atau Injektor

Injektor merupakan salah satu aktuator sistem EFI yang berfungsi untuk menginjeksikan atau mengabutkan bahan bakar. Jumlah dan lamanya proses penginjeksian tergantung kontrol dari ECU sesuai dengan inputan dari sensor-sensor EFI. Semakin lama kontrol ECU maka semakin lama juga injektor bekerja. Sebaliknya apabila semakin pendek kontrol ECU maka proses penginjeksian semakin pendek. Semua hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan mesin.
actuator EFI

6. Electronic Spark Advance (ESA)

Electronic spark advance merupakan salah satu jenis aktuator pada sistem EFI. ESA memiliki fungsi sebagai pengontrol waktu atau saat pengapian. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran terjadi secara maksimal. Saat pengapian diatur berdasarkan sensor-sensor yang terdapat pada kendaraan kemudian diolah dan dijadikan output untuk mengontrol ESA.
actuator EFI

7. Idle Speed Control (ISC)

Idle speed control merupakan salah satu jenis aktuator pada sistem EFI. ISC memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan idle atau stationer. Pengaturan kecepatan idle yaitu dengan mengatur banyaknya udara yang masuk ke ruang bakar saat throtle tidak dibuka atau dalam kondisi tertutup. Hal ini bertujuan agar kendaraan tidak mati sendiri ketika mesin dalam kondisi belum mencapai suhu kerja.
actuator EFI

8. Exhaust Gas Recirculating (EGR)

Exhaust gas recirculating merupakan salah satu jenis aktuator pada sistem EFI. EGR berfungsi untuk mengembalikan gas buang ke dalam intake manifold agar dilakukan pembakaran lebih lanjut. Hal ini dikarenakan kandungan NOx yang banyak. Dengan begitu perlu dilakukan proses pembakaran untuk mengurai gas NOx ini sehingga emisi gas buang menjadi lebih sedikit.
actuator EFI

9. Malfunction Indikator Lamp (MIL)

Malfuction indikator lamp merupakan salah satu jenis aktuator pada sistem EFI. MIL berfungsi sebagai indikator ketika adanya trouble atau kerusakan pada sistem EFI. Dengan begitu pengendara akan lebih cepat dilakukan respon agar tidak terjadi kerusakan yang lebih lanjut.
actuator EFI

10. Data Link Connector (DLC)

Data link connector merupakan salah satu jenis aktuator pada sistem EFI. DLC berfungsi sebagai socket untuk mendeteksi kerusakan atau kondisi pada sistem EFI. Socket ini biasanya dihubungkan pada scanner sehingga bisa dilakukan proses scanning mengenai keadaan sistem EFI.
actuator EFI
sumber=DLC

Diatas merupakan pembahasan mengenai aktuator EFI. Terdapat beberapa jenis aktuator EFI pada kendaraan dengan fungsi dan tugas yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Berbagai Jenis Aktuator EFI (Electronic Fuel Injection)"