Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pengertian dan 14 Komponen Komponen Motor Starter Pada Kendaraan

Pengertian dan Komponen Komponen Motor Starter - Motor starter adalah salah satu bagian pada sistem starter kendaraan yang berguna untuk memutar flywheel pertama kali saat mesin dinyalakan. Pengertian motor starter adalah komponen sistem starter yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutarkan mesin pertama kali saat mesin dinyalakan.

Agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka motor starter terdiri dari beberapa komponen. Komponen komponen motor starter ini memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Komponen komponen motor starter terdiri dari armature, solenoid, brush, field coil, dan berbagai komponen lainnya.

Motor starter memang tak asing lagi kita dengar dalam dunia otomotif. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang sudah menggunakan elektrik starter. Motor starter ini disusun dari berbagai macam komponen, baik komponen mekanikal maupun komponen elektrik. Walaupun beberap kendaraan roda dua beberapa masih menggunakan kick starter.

Setiap komponen komponen motor starter akan bekerja sebagaimana fungsinya untuk membangkitkan tenaga putar melalui energi listrik yang didapatkan dari accu atau baterai. Semua komponen motor starter tersebut akan membangkitkan elektromagnet yang digunakan untuk memutar flywheel pertama kali saat mesin dinyalakan.

Oleh karena itu motor starter memiliki peranan yang sangat penting. Lalu apa sebenarnya pengertian motor starter? Apa saja komponen komponen motor starter? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Motor Starter

Pengertian motor starter adalah salah satu komponen pada sistem starter yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar flywheel pertama kali saat mesin dinyalakan. Motor starter memanfaatkan prinsip elektromagnet untuk mengubah energi listrik dari accu atau baterai menjadi energi gerak.

Untuk dapat bekerja sebagaimana fungsinya maka motor starter terdiri dari berbagai komponen mekanikal dan elektrikal. Komponen komponen motor starter ini akan bekerja sebagaimana fungsinya sehingga motor starter dapat menghasilkan tenaga untuk menggerakkan flywheel pertama kali saat mesin dinyalakan.
komponen komponen motor starter

Komponen - Komponen Motor Starter

Terdapat beberapa komponen pada motor starter. Komponen komponen motor starter tersebut terdiri dari: 

1. Yoke Dan Pole Core

Yoke Dan Pole Core adalah satu kesatuan dan menjadi salah satu komponen motor starter. Yoke merupakan tempat untuk mengikat pole core. Yoke ini biasanya terbuat dari logam yang dibentuk silindris atau tabung. Selain untuk mengikat pole core yoke juga mempunyai fungsi untuk rumah dari armature. Pole Core merupakan salah satu bagian dari motor starter yang berfungsi untuk menopang field coil dan memperkuat medan magnet yang dihasilkan oleh field coil. Pada umumnya field coil terdiri dari empat buah yang terikat paa yoke menggunakan sebuah sekrup. 
komponen komponen motor starter

2. Field Coil

Field Coil adalah komponen motor starter yang berfungsi untuk menghasilkan medan magnet. Pada motor starter yang berukuran besar seperti mobil tidak menggunakan magnet permanen melainkan menggunakan magnet remanen. Field coil ini terbuat dari lilitan kawat tembaga. Lilitan dihubungkan ke armature secara seri agar arus listrik dapat mengalir ke massa melalui armature. Akibat aliran listrik ini maka magnet remanen dari field coil dibangkitkan. 
komponen komponen motor starter

3. Armature

Armature adalah komponen motor starter yang berfungsi sebagai poros yang dapat berputar apabila terdapat medan magnet pada field coil. Pada armature sebenarnya masih terdapat beberapa komponen lain seperti armature core, armature coil, armature shaft, dan komutator. Selain itu pada setiap ujung armature terdapat bearing yang berfungsi untuk menopang armature agar dapat berputar pada porosnya dan stabil diantara pole core. Lilitan pada armature coil terhubung langsung pada komutator sehingga ketika ada arus yang melewati, armature dapat berputar yang selanjutnya diteruskan untuk memutarkan flywheel. 
komponen komponen motor starter

4. Sikat (Brush)

Sikat (Brush) adalah komponen motor starter yang berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke massa melalui armature. Pada umumnya sikat atau brush terdiri dari dua jenis yaitu sikat positif yang berjumlah dua dan sikat negatif dengan jumlah yang sama. Mengapa harus diberikan sikat? Hal ini dikarenakan armature yang berputar terus menerus sehingga dalam proses pengaliran arus listrik diperlukan komponen untuk menghubungkan field coil yang statis atau diam dengan armature yang dinamic atau berputar. Oleh karena itu ditambahkan sikat atau brush yang terbuat dari bahan yang sedikit lunak namun bersifat konduktor yang baik. Sikat-sikat ini selalu berhubungan dengan komutator karena ditekan oleh pegas. Karena terbuat dari bahan yang sedikit lunak maka lama kelamaan akan habis dan dapat menyebabkan motor starter tidak berputar. 
komponen komponen motor starter

5. Kopling Starter atau Starter Clutch

Kopling Starter atau Starter Clutch adalah komponen motor starter yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari armature ke flywheel dan mencegah terjadinya putaran balik dari flywheel saat mesin sudah menyala.
komponen komponen motor starter

6. Drive Lever

Drive Lever adalah komponen motor starter yang berfungsi untuk mendorong pinion gear akan dapat berkaitan dengan flywheel. Selain itu drive lever juga berfungsi untuk melepas pinion gear dari flywheel saat mesin sudah menyala. Proses mendorong dan melepas ini dibantu dengan magnetic switch.
komponen komponen motor starter

7. Armature Brake

Armature Brake adalah komponen motor starter yang berfungsi untuk mengerem ketika pinion gear melepaskan diri dari flywheel. Pengereman ini diperlukan agar proses melepaskan pinion gear dapat berjalan dengan halus tanpa adanya bunyi sentakan. Selain itu hal ini diperlukan agar tidak terjadi kerusakan pada pinion gear dan komponen motor starter lainnya dikarenakan ketika mesin di starter dan tidak menyala maka diperlukan proses starter kembali. Hal ini menyebabkan flywheel sudah sedikit berputar sehingga apabila pinion gear dalam keadaan berputar cepat terhubung ke flywheel maka dapat terjadi sentakan yang menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu diperlukan pengereman agar pinion tidak menabrak flywheel. 
komponen komponen motor starter

8. Magnetic Switch

Magnetic Switch atau sering dikenal dengan saklar magnet adalah komponen motor starter yang berfungsi untuk mendorong dan menarik drive lever agar pinion gear dapat berhubungan dengan flywheel. Magnetic switch sendiri terdiri dari kontak plate yang berhubungan dengan plunger. Plunger ini terdapat dua lilitan yang diberi nama hold in coil dan pull in coil. Kumparan hold in coil terhubung langsung dengan massa sedangkan pull in coil dihubungkan ke massa melalui fiel coil. Ketika kedua kumparan ini diberi arus dengan aliran searah maka keduanya akan menjadi magnet dan plunger akan menarik drive lever sehingga pinion terhubung dengan flywheel, namun sebaliknya ketika kedua kumparan diberi arus yang tidak searah maka yang bekerja hanyalah hold in coil sehingga pegas mampu mengalahkan plunger dan drive lever kembali ke posisi semula. 
komponen komponen motor starter

9. Pinion Gear

Pinion Gear adalah komponen motor starter yang berfungsi untuk meneruskan daya putaran dari armature ke flywheel. Pinion gear akan terkait dengan flywheel  dan kemudian untuk memutar mesin.
komponen komponen motor starter

10. Komutator

Komutator adalah salah satu komponen motor starter yang memiliki fungsi untuk menghubungkan arus listrik ke armature coil. Komutator terletak didepan armatur dan menjadi satu poros dengan armature coil. Selain itu adanya komutator berfungsi untuk mencegah terjadinya konsleting listrik saat arus positif dan arus negatif terhubung dengan armatur coil.
komponen komponen motor starter

11. Plunger

Plunger adalah salah satu komponen motor starter yang memiliki fungsi untuk sebagai batang penghubung yang menghubungkan gerakan pull in coil ke drive lever. Plunger terbuat dari bahan yang kuat sehingga dapat menahan driver lever ketika mengungkit pinion gear akan terhubung dengan flywheel.
komponen komponen motor starter

12. Solenoid Starter 

Solenoid starter adalah salah satu komponen motor starter yang memiliki fungsi sebagai penggerak pinion gear serta meneruskan arus listrik dari kunci kontak ke kumparan field coil. Solenoid starter terdiri dari kumparan atau gulungan yang akan berubah menjadi magnet ketika bekerja. Pada solenoid starter terdapat dua kumparan yaitu:
  • Pull in coil adalah kumparan yang berfungsi untuk mendorong plunger agar menggerakkan pinion.
  • Hold in coil adalah kumparan yang berfungsi untuk menahan pergerakan plunger agar arus dari sumber baterai terhubung ke kumparan field coil.
    komponen komponen motor starter

13. Solenoid Cup

Solenoid cup adalah salah satu komponen motor starter yang memiliki fungsi sebagai rangkaian penutup solenoid starter. Pada solenoid cup terdapat beberapa terminal motor starter yang memiliki fungsi dan kerja masing masing. Terminal tersebut terdiri dari:
  • Terminal C adalah terminal motor starter yang berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari bagian solenoid ke komponen field coil motor starter agar dapat berputar. Terminal C akan menghubungkan terminal 30 dan terminal 50.
  • Terminal 30 adalah terminal motor starter yang berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari sumber listrik utama atau baterai.
  • Terminal 50 adalah terminal motor starter yang berfungsi untuk meneruskan arus listrk dari kunci kontak untuk mengaktifkan kerja dari solenoid starter.

14. Motor Housing 

Motor housing adalah salah satu komponen motor starter yang memiliki fungsi sebagai wadah yang akan melindungi berbagai komponen motor starter dari kerusakan yang diakibatkan oleh gangguan luar. Selain itu motor housing sebagai tempat untuk meletakkan berbagai komponen motor starter.
komponen komponen motor starter
Diatas merupakan pembahasan mengenai pengertian motor starter. Selain itu dibahas juga mengenai komponen komponen motor starter.

Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian dan 14 Komponen Komponen Motor Starter Pada Kendaraan"