Terminal Yang Dimiliki Oleh Relay: 4 Pin Dan Fungsinya

Terminal yang dimiliki oleh relay yaitu apa saja? Dalam dunia kelistrikan, relay adalah komponen yang memiliki peran sentral dalam mengendalikan sirkuit dan memfasilitasi aliran listrik. Untuk menjalankan fungsi ini, relay dilengkapi dengan berbagai terminal yang memainkan peran penting dalam pengaturan dan transfer energi.

Artikel ini yaitu akan menjelajahi berbagai terminal yang dimiliki oleh relay, mendalaminya, dan menyoroti peran krusial mereka dalam menjaga kelancaran operasi sistem kelistrikan modern.

terminal yang dimiliki oleh relay yaitu

Terminal Yang Dimiliki Oleh Relay

Relay, sebagai komponen kelistrikan yang sangat penting, terdiri dari beberapa terminal yang masing-masing memiliki peran unik dalam mengontrol aliran listrik. Berikut adalah deskripsi lengkap terkait setiap terminal yang dimiliki oleh relay yaitu:

1. Terminal 30

Terminal 30 adalah terminal daya utama pada relay. Terminal ini terhubung langsung ke sumber daya positif kendaraan dan bertanggung jawab atas pasokan daya ke relay. Terminal 30 menyediakan daya yang diperlukan untuk mengaktifkan relay, memulai atau menghentikan aliran listrik melalui relay sesuai dengan sinyal kontrol yang diterimanya.

2. Terminal 85

Terminal 85 adalah bagian dari terminal kontrol pada relay. Sinyal dari saklar atau sistem kendali kendaraan memasuki terminal ini untuk memberikan instruksi pada relay. Terminal 85 merespons sinyal kontrol dengan mengaktifkan gulungan relay, menciptakan medan elektromagnetik yang memungkinkan relay beralih antara posisi terbuka dan tertutup.

3. Terminal 86

Terminal 86 adalah terminal kontrol tambahan pada relay. Ini bekerja bersama dengan terminal 85 untuk menerima sinyal kontrol dan mengarahkannya ke gulungan relay. Terminal 86 membantu menyusun sinyal kontrol dari saklar atau sistem kendali, berkontribusi pada proses mengaktifkan atau menonaktifkan relay.

4. Terminal 87

Terminal 87 adalah terminal kontak relay yang terhubung ke beban listrik atau perangkat yang ingin dikontrol. Ada dua jenis terminal 87, yakni Normally Open (NO) dan Normally Closed (NC).

  • Terminal 87 Normally Open (NO): Terbuka saat relay tidak diaktifkan dan menutup ketika relay diaktifkan, mengalirkan daya ke beban saat relay aktif.
  • Terminal 87 Normally Closed (NC): Tertutup saat relay tidak diaktifkan dan membuka ketika relay diaktifkan, memutus aliran daya ke beban saat relay aktif.

Kesimpulan

Terminal terminal yang dimiliki oleh relay yaitu memainkan peran integral dalam operasi sistem kelistrikan. Dari terminal kontrol yang menerima sinyal hingga terminal daya yang memberikan energi, setiap komponen ini bekerja bersama untuk memberikan kontrol yang andal dalam aliran listrik. Artikel ini akan merinci peran masing-masing terminal, memberikan wawasan yang mendalam tentang cara relay berkontribusi pada kelancaran dan keandalan sistem kelistrikan modern.

Posting Komentar untuk "Terminal Yang Dimiliki Oleh Relay: 4 Pin Dan Fungsinya"