Motor Kapasitas Tangki Besar: 4 Rekomendasi Dan Ulasan

Apa saja berbagai jenis atau merk motor yang memiliki kapasitas tangki besar? Ketika kita berbicara tentang pengalaman berkendara dengan sepeda motor, ada banyak faktor yang berperan dalam kenyamanan dan kebebasan pengendara. Salah satu faktor utama yang sering diabaikan, tetapi sangat krusial, adalah kapasitas tangki bahan bakar. Kapasitas tangki memengaruhi sejauh mana pengendara dapat menjelajahi perjalanan tanpa harus berhenti untuk mengisi ulang.

Motor dengan kapasitas tangki besar membawa keuntungan yang signifikan, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun petualangan jarak jauh. Dalam artikel ini, kita akan membahas betapa pentingnya kapasitas tangki bahan bakar yang besar dalam pengalaman berkendara, dan bagaimana motor dengan kapasitas tangki besar dapat memberikan kebebasan yang luar biasa kepada para pengendara. 

motor kapasitas tangki besar

Motor Kapasitas Tangki Besar

Ada banyak produsen motor terkenal yang menawarkan sepeda motor dengan kapasitas tangki besar. Berikut adalah beberapa merek motor terkemuka yang dikenal memiliki beragam model dengan kapasitas tangki besar:

1. Bajaj Pulsar 180

Pada tahun 2006, produsen motor asal India, Bajaj, memasuki pasar Indonesia melalui PT Bajaj Auto Indonesia. Salah satu motor andalannya adalah Bajaj Pulsar 180.

Bajaj Pulsar 180 menjadi favorit di kalangan bikers Indonesia. Keunggulannya terletak pada desain sporty yang gagah, dengan spidometer kombinasi analog dan digital yang menarik perhatian. Motor ini juga dilengkapi dengan stoplamp berlampu LED yang canggih untuk masanya, serta fitur sein otomatis yang mati setelah berbelok.

Selain itu, mesinnya memiliki kapasitas besar, yaitu 180 cc, dengan teknologi DTS-i yang menggunakan dua busi untuk mengoptimalkan pembakaran bahan bakar. Untuk mendukung kapasitas mesin yang besar tersebut, Bajaj Pulsar 180 dilengkapi dengan tangki berkapasitas 15 liter.

Harga motor bekas ini saat ini mulai dari Rp 5 jutaan, menjadikannya pilihan yang menarik bagi pengusaha bensin eceran.

2. Bajaj Pulsar 220F

Pada tahun 2011, Bajaj mencoba mengisi segmen motor half fairing di Indonesia dengan Bajaj Pulsar 220F. Meskipun basisnya mirip dengan Bajaj Pulsar 180 DTS-i, motor ini memiliki fascia depan dengan fairing lancip dan headlamp model proyektor.

Bajaj Pulsar 220F menggunakan mesin berkapasitas 220 cc 2-silinder dengan pendinginan udara. Teknologi dua busi DTS-i tetap ada, dan dalam versi ini, kick starter telah dihilangkan. Sistem pengereman juga ditingkatkan dengan cakram di kedua roda.

Yang menarik adalah bahwa bodi, sokbreker belakang ganda, dan kapasitas tangki bahan bakar yang besar sekitar 15 liter tetap dipertahankan. Kapasitas tangki yang besar ini mengalahkan pesaingnya seperti Honda Tiger Revo dengan kapasitas 13,2 liter dan Yamaha Scorpio dengan kapasitas 14 liter.

Harga motor bekas Bajaj Pulsar 220F bervariasi, mulai dari Rp 5 jutaan hingga ada yang menawarkan hingga Rp 25 juta dengan modifikasi menjadi motor turing. Harga ini tentu saja di atas harga baru, yang saat itu sekitar Rp 18 jutaan.

3. TVS Apache 160

Dari produsen India lainnya, PT TVS Motor Company Indonesia, hadir TVS Apache 160. Motor ini memiliki kapasitas tangki terbesar di kelasnya.

TVS Apache 160 memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 16 liter, termasuk cadangan sebesar 2,5 liter. Mesinnya adalah 4-tak berkapasitas 159,7 cc dengan tenaga sekitar 15,2 PS pada 8.500 rpm dan torsi mencapai 13,1 Nm pada 6.000 rpm.

Harga motor bekas TVS Apache 160 yang terjangkau, mulai dari Rp 4 jutaan, menjadikannya pilihan yang cocok bagi pengusaha bensin eceran.

4. Suzuki Thunder 125

Suzuki Thunder 125 adalah motor yang umumnya menjadi pilihan bagi penjual bensin eceran untuk menjalankan usahanya. Motor ini memiliki tangki berkapasitas 15 liter yang cukup besar.

Selain kapasitas tangki yang besar, Suzuki Thunder 125 juga terkenal karena keawetan dan efisiensi bahan bakarnya. Mesinnya memiliki kapasitas 125 cc SOHC dengan pendinginan udara. Tenaga yang dihasilkan mencapai 11,8 PS pada 9.000 rpm dengan torsi sekitar 9,4 Nm pada 7.500 rpm.

Harga motor bekas Suzuki Thunder 125 juga sangat terjangkau, dimulai dari Rp 3 jutaan. Hal ini membuat motor ini menjadi pilihan utama bagi penjual bensin eceran.

Motor dengan kapasitas tangki besar adalah investasi yang penting bagi pengendara yang menginginkan kebebasan untuk menjelajahi lebih jauh tanpa khawatir tentang bahan bakar. Dengan kapasitas tangki yang besar dan efisiensi bahan bakar yang baik, motor seperti ini memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa dan memungkinkan pengendara merasakan kebebasan sejati di atas roda.

Posting Komentar untuk "Motor Kapasitas Tangki Besar: 4 Rekomendasi Dan Ulasan"