Ukuran Celah Klep Vixion: Spesifikasi Dan Penyetelan

Berapa ukuran celah klep Vixion? Menyetel ukuran celah pada setelan klep motor terlihat mudah pada pandangan pertama. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena dapat mempengaruhi kinerja motor terutama pada celah klep.

Dalam menyetel celah klep motor Yamaha Vixion, selain memerlukan kecermatan, akurasi juga penting agar kinerja motor tetap terjaga. Jika sebelumnya banyak teknisi yang menyetel klep berdasarkan naluri atau pengalaman, sekarang sudah ada alat yang dapat digunakan, yaitu fuller atau puler. Menyetel kerapatan celah klep motor bukan hanya tentang ketat atau kendur, tetapi juga melibatkan ukuran tertentu.

Cara penyetelan klep motor pada dasarnya sama, tetapi ukuran celahnya berbeda-beda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ukuran celah klep Vixion dan cara penyetelannya, akan dijelaskan lebih detail dalam artikel ini.

ukuran celah klep vixion

Ukuran Celah Klep Vixion

Tidak dapat dipungkiri bahwa menyetel klep motor membutuhkan tingkat kecermatan yang tinggi dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika kurang hati-hati, hal ini dapat berdampak buruk pada kinerja motor atau kepuasan pelanggan bengkel.

Yamaha Vixion merupakan motor nakedbike yang sangat populer saat ini. Perawatannya mudah dilakukan dan suku cadangnya mudah didapatkan.

Bunyi kasar atau berdecit yang terdengar dari kepala silinder umumnya disebabkan oleh celah klep yang terlalu longgar atau batang klep yang tidak rata karena aus. Tanda-tanda ini biasanya muncul setelah motor digunakan dalam waktu lebih dari tiga tahun dalam penggunaan normal.

Motor Yamaha Vixion adalah motor dengan mesin empat langkah yang memiliki mekanisme kerja katup.

Berikut ini adalah ukuran standar celah klep pada sepeda motor Yamaha Vixion:

1. Ukuran standar celah klep katup Yamaha Vixion Lama

  • Ukuran celah katup masuk (intake valve): 0,15 mm
  • Celah katup buang (exhaust valve): 0,18 mm

2. Ukuran Spesifikasi Standar celah klep katup Yamaha New Vixion

  • Ukuran celah katup masuk (intake valve): 0,15 mm
  • Celah katup buang (exhaust valve): 0,18 mm

Cara Menyetel Klep Yamaha Vixion

Setelah mengetahui ukuran celah klep Vixion, penting juga untuk mengetahui cara menyetelnya. Katup pada Yamaha Vixion yang tidak termasuk tipe VVT-i perlu disetel secara berkala. Katup ini menggunakan rocker arm untuk menekan katup, sehingga celah antara ujung rocker arm dan katup harus disetel sesuai dengan ukuran celah standar untuk masing-masing tipe sepeda motor.

Untuk menyetel klep, pastikan mesin sudah dalam keadaan panas yang baik. Jangan menyetel celah klep pada mesin yang masih dingin karena ekspansi saat mesin panas berbeda dengan saat mesin dalam keadaan dingin. Berikut adalah cara menyetel klep pada motor Yamaha Vixion:

  1. Buka tutup samping kiri dan kanan, lepaskan radiator, bak, dan jok motor.
  2. Lepaskan busi dan selang vakum sistem air induksi.
  3. Lepaskan bagian katup cut-off valve, katup reed, pelat katup reed, penutup kepala silinder.
  4. Lepaskan baut penutup timing dan baut penutup cranksaft untuk melihat tanda timing.
  5. Putar crankshaft ke kiri untuk mencari tanda TMA pada rotor generator magnit dan pastikan tanda TMA sesuai dengan penutup magnit.
  6. Ukur celah klep menggunakan penggaris kelereng.
  7. Kendurkan mur pengunci penyetel katup (temlar).
  8. Masukkan penggaris kelereng antara ujung batang klep dan baut penyetel pada klep.
  9. Putar baut penyetel hingga mendapatkan celah klep yang sesuai.
  10. Celah klep yang disarankan: 0,10 mm untuk klep masuk (IN) dan 0,20 mm untuk klep buang (EX).
  11. Perketat mur pengunci dan pastikan baut pengencang tetap pada posisi yang sama.
  12. Periksa kembali celah klep.
  13. Pasang kembali baut penutup crankshaft dan baut penutup timing.
  14. Pasang gasket penutup kepala silinder, pelat katup reed, katup reed, katup cut-off valve, selang sistem induksi udara, tutup busi, radiator, bak, dan jok.

Itulah penjelasan mengenai ukuran celah klep Vixion dan cara menyetelnya. Semoga artikel ini dapat meningkatkan pengetahuan Anda.

Posting Komentar untuk "Ukuran Celah Klep Vixion: Spesifikasi Dan Penyetelan"