Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Odometer Motor

Bagaimana cara membaca odometer pada motor? Setiap kendaraan, terutama motor, dilengkapi dengan odometer. Namun, terkadang pengendara masih bingung tentang bagaimana cara membaca odometer pada motor.

Bagi yang tidak familiar, odometer terletak di dekat speedometer, tachometer, dan informasi terkait tangki bensin. Untuk dipahami, odometer berperan sebagai petunjuk jumlah total jarak yang telah ditempuh oleh motor.

Odometer penting sebagai acuan apakah motor perlu diservis atau belum. Hal ini karena bengkel resmi sering mengacu pada jarak tempuh atau waktu penggunaan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami odometer pada motor. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membaca odometer motor, akan diulas secara lebih detail dalam artikel berikut ini.

cara membaca odometer motor

Cara Membaca Odometer Motor

Odometer berperan sebagai indikator penggunaan kendaraan bermotor dan dapat menjadi faktor pertimbangan. Komponen ini akan menunjukkan jarak yang telah ditempuh oleh motor tersebut dan biasanya dapat digunakan untuk menentukan harga. Sayangnya, banyak orang yang tidak dapat membaca odometer pada motor. Hal ini tentu mempengaruhi kinerja motor karena jadwal servis motor menjadi tidak teratur.

Odometer memiliki dua tampilan, yaitu mekanik (analog) dan elektronik. Odometer mekanik menggunakan perputaran mekanis. Umumnya tipe ini lebih banyak digunakan pada mobil keluaran lama. Sedangkan pada mobil keluaran baru, beberapa angka odometer ditampilkan secara digital.

Membaca odometer motor sebenarnya sangat sederhana. Terdapat beberapa angka yang berputar pada odometer.

  1. Untuk 5 angka di depan, hal ini menunjukkan jarak yang telah ditempuh dalam satuan kilometer (km).
  2. Sementara untuk angka keenam, dalam odometer analog, biasanya berwarna hitam dan menghitung jarak secara real-time.
  3. Odometer menggunakan satuan kilometer (km). Sebagai contoh, jika kendaraan menunjukkan angka 20560, itu berarti kendaraan tersebut telah menempuh jarak 20.560 km.
  4. Selain itu, odometer memiliki angka terakhir. Angka terakhir ini merupakan bagian yang dapat berputar dengan cepat seiring dengan kecepatan pergerakan motor. Angka terakhir ini biasanya akan berputar per 100 meter.
  5. Misalnya, jika angka tersebut menunjukkan angka 5, itu berarti 500 meter. Putaran angka pada odometer ini dapat ditentukan oleh putaran ban yang berasal dari pembacaan oleh gigi nanas. Umumnya, odometer motor memiliki batas maksimal 99.999 km.

Itulah ulasan mengenai cara membaca odometer motor. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Membaca Odometer Motor"