Fungsi Valve Lifter: 4 Peran, Bagian, Dan Cara Kerja

Apa fungsi valve lifter? Valve lifter adalah salah satu komponen penting pada mesin mobil yang berfungsi untuk mengangkat klep pada saat mesin berputar. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih mendalam mengenai fungsi valve lifter, bagian, bagaimana valve lifter bekerja, dan mengapa valve lifter penting bagi kinerja mesin mobil.
fungsi valve lifter

Fungsi Valve Lifter

Valve lifter adalah sebuah komponen mesin mobil yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kinerja mesin mobil. Fungsi utama valve lifter adalah untuk mengangkat klep pada saat mesin berputar. Valve lifter berfungsi sebagai penghubung antara camshaft dan rocker arm, dan memastikan bahwa klep dapat terbuka dan ditutup secara tepat waktu dan dengan cara yang benar.

Secara lebih rinci, valve lifter memiliki beberapa fungsi penting di antaranya:

1. Mengangkat klep

Fungsi utama valve lifter adalah untuk mengangkat klep. Ketika camshaft berputar, lengan lifter akan menekan valve stem, dan dengan demikian, membuka klep agar bahan bakar dan udara dapat masuk ke ruang bakar mesin. Setelah bahan bakar terbakar, klep akan ditutup kembali oleh valve lifter.

2. Menjaga jarak antara klep dan camshaft

Valve lifter juga berfungsi untuk menjaga jarak antara klep dan camshaft. Jika jarak antara klep dan camshaft tidak tepat, maka klep tidak akan membuka dan menutup pada waktu yang tepat, sehingga menyebabkan kinerja mesin mobil menjadi kurang optimal.

3. Menstabilkan gerakan klep

Valve lifter juga membantu menjaga gerakan klep agar tetap stabil dan terkontrol. Dalam beberapa mesin mobil, valve lifter dilengkapi dengan sistem hidrolik yang membantu memperbaiki jarak antara klep dan camshaft secara otomatis. Hal ini membantu meminimalkan keausan pada komponen dan meningkatkan kinerja mesin.

4. Membantu penghematan bahan bakar

Dengan mengangkat klep pada waktu yang tepat dan dengan cara yang benar, valve lifter membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Dengan kata lain, mesin mobil yang dilengkapi dengan valve lifter dapat lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Bagian Valve Lifter

Valve lifter terdiri dari beberapa bagian yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi nya. Berikut adalah beberapa bagian valve lifter:

1. Body

Body adalah bagian valve lifter yang berbentuk silinder dan memiliki fungsi sebagai tempat kerja bagi komponen valve lifter lainnya. Bagian ini terbuat dari bahan yang tahan lama dan tahan aus, seperti baja atau paduan aluminium.

2. Pushrod Seat

Pushrod Seat adalah bagian valve lifter yang terletak di bagian atas body dan berfungsi sebagai tempat dudukan pushrod. Pushrod adalah bagian mesin yang berfungsi untuk menghubungkan lifter dengan rocker arm dan membantu memindahkan gerakan klep.

3. Check Valve

Check valve adalah komponen kecil yang terletak di bagian atas body dan berfungsi untuk mengatur tekanan minyak di dalam lifter. Ketika mesin mobil dinyalakan, minyak akan mengalir ke dalam lifter untuk membantu mengangkat klep. Check valve membantu memastikan bahwa tekanan minyak dalam lifter tetap stabil dan sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Plunger

Plunger adalah komponen berbentuk silinder yang terletak di bagian bawah body dan berfungsi sebagai pengangkat klep. Ketika camshaft berputar, plunger akan terangkat dan menekan valve stem, sehingga membuka klep. Setelah klep terbuka, plunger akan kembali ke posisi semula dan menutup klep.

5. Hydraulic Chamber

Hydraulic chamber adalah bagian valve lifter yang berfungsi untuk menampung minyak dan membantu menjaga jarak antara plunger dan pushrod seat. Ketika plunger menekan valve stem dan mengangkat klep, minyak akan mengalir ke dalam hydraulic chamber dan membantu menjaga keseimbangan tekanan antara plunger dan pushrod seat.

6. Retainer

Retainer adalah komponen yang terletak di bagian atas plunger dan berfungsi untuk menahan plunger agar tidak terlepas dari body valve lifter. Bagian ini terbuat dari bahan yang tahan lama dan tahan aus, seperti baja atau paduan aluminium.

Cara Kerja Valve Lifter

Valve lifter adalah salah satu komponen dalam mesin mobil yang memiliki fungsi untuk membantu mengangkat klep pada saat mesin mobil berputar. Cara kerja valve lifter sendiri tergantung pada tipe valve lifter yang digunakan. Berikut adalah beberapa tipe valve lifter dan cara kerjanya:

1. Solid Valve Lifter

Solid valve lifter adalah tipe valve lifter yang paling sederhana. Komponen ini terbuat dari bahan logam solid dan tidak memiliki bagian yang bisa bergerak. Solid valve lifter bekerja dengan cara meneruskan gerakan yang diterima dari camshaft langsung ke rocker arm dan klep. Keuntungan dari tipe ini adalah tahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus.

2. Hydraulic Valve Lifter

Hydraulic valve lifter menggunakan minyak sebagai media untuk membantu mengangkat klep. Cara kerja hydraulic valve lifter adalah ketika camshaft berputar, bagian plunger pada valve lifter akan terangkat oleh lobe camshaft. Tekanan minyak kemudian akan mengisi chamber pada valve lifter dan membantu mengangkat klep secara maksimal. Keuntungan dari tipe ini adalah penggunaannya yang lebih halus dan tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit.

3. Roller Valve Lifter

Roller valve lifter adalah tipe valve lifter yang menggunakan bagian roller untuk membantu mengangkat klep. Roller valve lifter bekerja dengan cara mengurangi gesekan antara camshaft dan bagian plunger pada valve lifter. Roller pada valve lifter ini akan menekan bagian klep secara lebih halus dan tidak merusak bagian klep itu sendiri. Keuntungan dari tipe ini adalah penggunaannya yang lebih efisien dan tahan lama.

4. Mushroom Valve Lifter

Mushroom valve lifter adalah tipe valve lifter yang paling rumit dalam cara kerjanya. Komponen ini memiliki bentuk yang seperti jamur dan bagian bawahnya akan mengangkat klep. Mushroom valve lifter bekerja dengan cara menggunakan bagian piston yang terhubung dengan oil gallery. Saat camshaft berputar, bagian piston pada valve lifter akan terangkat dan menyedot minyak dari oil gallery. Tekanan minyak yang dihasilkan kemudian akan membantu mengangkat klep secara maksimal. Keuntungan dari tipe ini adalah penggunaannya yang lebih halus dan bisa menghasilkan kinerja mesin yang lebih baik.

Secara keseluruhan, valve lifter adalah salah satu komponen penting dalam mesin mobil yang membantu menjaga kinerja mesin secara optimal. Jika valve lifter rusak atau aus, maka kinerja mesin dapat terganggu, dan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada mesin mobil. Oleh karena itu, penting untuk memahami terkait fungsi valve lifter, bagian, jenis, dan cara kerjanya.

Posting Komentar untuk "Fungsi Valve Lifter: 4 Peran, Bagian, Dan Cara Kerja"